Problematics of Religious Character Building and Discipline in Students of SMA Kartika 1-2 Medan

Yunita Yunita

Abstract


Abstract: Problematics of Religious Character Building and Discipline in Students of SMA Kartika 1-2 Medan. This research is motivated by the many behaviors of students in class XI of SMA Kartika 1-2 Medan that do not reflect a religious and disciplined character. This research aims to find out what the problems in the formation of religious and disciplinary character and what are the inhibiting factors in the formation of the religious and disciplinary character of class XI students of SMA Kartika 1-2 Medan, This type of research uses qualitative methods with a descriptive approach, using interview techniques, observation, and documentation. The results showed that: Problematics of Religious Character Building and Discipline of class XI SMA Kartika 1-2 Medan, namely: students do not obey the rules, lack of cooperation between teachers and parents, the methods used by teachers are not optimal, and the factors that become obstacles in the formation of religious character and discipline of class XI students are: internal factors that come from within the students themselves, namely: lack of willingness from within students, and students who are difficult to manage and external factors, namely: Lack of attention from parents, environment and association of students who are less supportive and the negative impact of the internet and online games.

Abstrak: Problematika Pembentukan Karakter Religius dan Disiplin pada Siswa SMA Kartika 1-2 Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perilaku siswa kelas XI SMA Kartika 1-2 Medan yang tidak mencerminkan karakter religius dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan dalam pembentukan karakter religius dan disiplin dan apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam pembentukan karakter religius dan disiplin siswa kelas XI SMA Kartika 1-2 Medan, Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Problematika Pembentukan Karakter Religius dan Disiplin siswa kelas XI SMA Kartika 1-2 Medan, yaitu: siswa tidak mentaati peraturan, kurangnya kerja sama antara guru dengan orang tua, metode yang digunakan guru kurang maksimal, dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembentukan karakter religius dan disiplin siswa kelas XI yaitu: faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu: kurangnya kemauan dari dalam diri siswa, dan siswa yang sulit diatur dan faktor eksternal yaitu: Kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan dan pergaulan siswa yang kurang mendukung serta dampak negatif dari internet dan game online.


Keywords


Problematics; Character Building; Religion and Discipline

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter (Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afifudin, A., & Beni, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Asnami, J. M. (2013). Pendidikan karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva

Emzir, E. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasym, A. (2015). Pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Media Akademi.

Hafizallah, Y. (2023). Thomas Lickona's Concept of Character Education and its Implications for Islamic Education in Schools. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(1), 12-23. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/60

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.

Irmayanti, R., Annisa., D. F., & Riswanto, D. (2023). The Problems of Religious and Disciplinary Character Building in Senior High School Students: A Case Study at SMA Merdeka Soreang. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(1), 24-33. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/49

Islami, F. (2017). Problematika Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Islamiyah Ciputat (Bachelor's thesis).

Kartika, A. (2019). Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Kasmantoni, K., & Apriyani, A. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Islam Ali Bin Abi Thalib dan Relevansinya di Era Kontemporer. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(1), 34-47. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/48

Khasanah, U., & Lestari, I. (2023). Strengthening Character Education: Strategies for Elementary School Teachers in Instilling National Spirit and Love for the Motherland in Students. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(1), 59-68. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/64

Kurniawati, A. (2021). Problematika penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik dalam pembelajaran Jarak Jauh: studi Kasus Di Mtsn 1 Sidoarjo.

Kusuma, D, (2013). Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lailiyah, N., & Badi’ah, R. (2019). Problematika Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di MTs Islamiyah Bulurejo Damarwulan Kepung Kediri. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 1-21.

Lestari, S. (2015). Psikologi Penanaman Nilai Karakter. Jakarta: Kencan

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. (2017). Nilai Karakter (Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3 Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229-243.

Suhadi, O. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Erlangga.

Pradinafika, R., Prayogi, F., Zubaidah, Z., & Bulantika, S. Z. (2023). Islamic Guidance: The Influence of Religious Awareness as a Mediator in Shaping Students' Religious Behavior. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(2), 80-89. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijgcr/article/view/87

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Sahlan, A., & Prastyo, A. T. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Saleh, A. M. (2012). Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Erlangga.

Samani, M.. & Hariyanto, H. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D. Bandung:Alfabeta Cv.

Sujanto, A. (2017) .Psikologi Umum, Jakarta: Aksara Baru.

Syafri, U. A. (2012). Pendidkan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tamam, T. (2023). The Implementation of Discipline Character Education Policy in Madrasah Tsanawiyah Riyadhus Sholihin Megang Sakti Musi Rawas. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(1), 48-58. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/63

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijanarti, W., Degeng, I. N. S., & Untari, S. (2019). Problematika pengintegrasian penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 393-398.

Utomo, P. (2022). The Effect of Personal Guidance on the Formation of Child Spiritual Intelligence. Al Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(2), 86-94. https://doi.org/10.38073/almusyrif.v5i2.886

Utomo, P., & Alawiyah, I. (2022). Family-Based Character Education: The Role of Parenting as the Basic of Character Education for Elementary Children. Journal of Primary Education (JPE), 2(1), 1-9. http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i1.6976

Utomo, P., & Pahlevi, R. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, 1(1), 1-8. http://jurnal.yoii.ac.id/index.php/inspiratif/article/view/35

Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35-50. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11170

Yunus, M. (2015). Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Agung.

Zubaidah, Z., & Dari, P. W. (2023). The Implementation of Character Education and National Culture in Schools through Civic Education Subjects. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(1), 1-11. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/61

Zubaedi, Z. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zubaedi, Z., & Utomo, P. (2021). Nilai Kerja dalam Pendekatan Tasawuf dan Pengaruhnya Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Masyarakat Modern. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 1(2), 99-112. https://doi.org/10.32939/altifani.v1i2.912




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id