Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Keluarga Muallaf di Desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas
Abstract
Abstract: Implementation of Islamic Education For Muallaf Family In Jangkang Village, Pasak Talawang District, Kapuas Regency
This study to describe theimplementation of Islamic religious education for families of converts to Islam in the village of Jangkang, Pasak Talawang district Kapuas Regency and to determine the inhibiting and supporting factors for the implementation of Islamic religious education for converts to Islam in the village of Jangkang, Pasak Talawang District, Kapuas Regency. This research uses descriptive qualitative research. Data collection uses oobservation, interviews and documentation, while data validation uses source triangulation. While the data analysis used is data reduction, data display, verification. The results of this study describe: 1) The implementasion of Islamic education, for converts to Islam in the villageof Jangkang, Pasak Talawang District, Kapuas Regency, is realized trough the purpose of implementing Islami religious education, trough Islamic education methods, trough Islamic religous education materials. 2) The inhibiting and supporting factor for the implimentation fo Islamic religious education for converts to Islam in the village of Jangkang, Pasak Talawang District, Kapuas Regency include supporting factor for the faith attached to convert’s parent, strong motivation/ willinges andability tomanagetime to teach their children the existence of a family that guides and teaches about Islam, educational institut lons such as TPA While theinhibiting factors are weak faith, lack of motivation/ willingness to learn Islam and Islamic families do not guide.
Abstrak: Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Keluarga Muallaf Di Desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama Islam keluarga muallaf di desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan agama Islam keluarga muallaf di desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara pada pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, verification. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang: 1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam keluarga muallaf di desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas di wujudkan melalui tujuan pelaksanaan pendidikan agama Islam, melalui metode pendidikan agama Islam, melalui materi pendidikan agama Islam. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan agama Islam keluarga muallaf di desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas meliputi faktor pendukung terhadap keimanan yang melekat pada diri orang tua muallaf, motivasi/ kemauan yang kuat dan kemampuan memanagemen waktu untuk mengajarkan anaknya adanya keluarga yang membimbing dan mengajarkan tentang agama Islam, lembaga pendidikan seperti TPA. Sedangkan faktor penghambat yaitu keimanan yang lemah, tidak adanya motivasi/ kemauan untuk belajar agama Islam serta keluarga Islam tidak membimbing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bafadhol, I (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Edukasi Islam (Jurnal Pendidikan Islam) Vol. 06 No 12
Fuadi, dkk. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Keluarga. Journal Of Islam and Muslim Society. Vol 2 No1
Gazali, S. (2018). Pendidikan anak dalam keluarga perspektif islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan,
Hakiki, T., & Cahyono, R. (2015). Komitmen beragama pada muallaf (studi kasus pada muallaf usia dewasa): (Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental) Vol. 4 No 1
Hasballah, J 2015 Pendidikan Aqidah di Rumah Tangga. Jurnal ar-raniry.ac.id
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2).
Rifa’i, Ahmad. (2019). Pendidikan Akhlak Dalam Keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 2
Sugiyono. (2016.) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, CV Alfabeta, Bandung
Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109-136.
Prasetya, S. (2016). Pengaruh disiplin tata tertib terhadap pembentukan akhlak siswa. Jurnal Eksekutif, 13(2).
Fanggidae, E., Pratama, F. H., Wardhani, R. R. W. A., & Rachman, T. (2021). Strategi Keluarga dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Kepribadian Anak Melalui Keteladanan. JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 199-208.
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan akhlak dalam perspektif islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 19-19.
Widodo, A. (2019). Urgensi bimbingan keagamaan islam terhadap pembentukan keimanan mualaf. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(01), 66-90.
Fitriyani, A. (2019). Pendampingan Dan Pembinaan Komunitas Muallaf Melalui Pembibitan Perangkat Syara’Di Desa Wamana Baru Kec. Fena Leisela Kab. Buru, Maluku. Dialektika, 12(1), 11-25.
Mahmud, M., Fikri, M., Hasbiyallah, H., & Nuraeni, A. (2019). Pembinaan Keluarga Mualaf Upaya Membentuk Pribadi Muslim. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 125-138.
Soetari, E. (2017). Pendidikan karakter dengan pendidikan anak untuk membina akhlak islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116-147.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i2.4712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: