Analisis Pemahaman Guru terhadap Komponen Proses Pembelajaran pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) ditingkat SD
Abstract
Abstract: Analysis of Teacher Understanding of the Components of the Learning Process in the Educational Unit Accreditation Instrument (IASP) at the SD level
Teachers' understanding of the learning process and existing conditions in education standards is very crucial to be understood and realized in order to produce quality education. So on that basis, this study tries to determine the extent to which the teacher realizes the learning process according to the IASP instrument in order to achieve the success of an education. This study aims to interpret or describe the data accompanied by the achievement of the teacher's understanding of the components of the learning process and the existing conditions listed on the educational unit accreditation instrument (IASP) for Islamic Education Teachers and Non-Islamic Education Teachers. The method used in this research is descriptive quantitative. Instruments in collecting data using questionnaires and interviews. Based on the results of the data analysis on the understanding of Islamic Education Teachers and Non Islamic Education Teachers, the level of teacher understanding of the components of the learning process on average has a higher value than the existing conditions of the learning process.
Abstrak: Analisis Pemahaman Guru Terhadap Komponen Proses Pembelajaran Pada Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) ditingkat SD
Pendidikan merupakan suatu usaha yang sadar dan terencana. Tujuannya untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, dan bakat yang dibutuhkan oleh dirinya, masyarakat, dan negara, maka pemahaman guru terhadap proses pembelajaran serta kondisi eksistingnya mendududki posisi yang krusial untuk direalisasikan oleh setiap guru atau pendidik guna menghasilkan pendidikan yang menghantarkan pada tujuan pendidikan. Maka atas dasar itu penelitian ini mecoba untuk mengetahui sejauh mana guru memahami dan merealisasikan proses pembelajaran sesuai dengan Instrumen IASP guna mencapai keberhasilan dari suatu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penafsiran atau menggambarkan data disertai dengan ketercapaian pemahaman guru terhadap komponen proses pembelajaran dan kondisi eksisting yang tertera pada instrument akreditasi satuan pendidikan (IASP) terhadap Guru PAI dan Guru Non PAI. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data pemahaman Guru PAI dan Guru Non PAI bahwa tingakat pemahaman guru terhadap komponen proses pembelajaran rata-rata memiliki nilai lebih tinggi daripada kondisi eksisting proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade Putra, E. (2015). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 4(September), 71–76. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. Retrieved from https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Anggraeni, N., Rohman, B., & Sholichah, A. S. (2020). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Full Day School : Studi Kasus di SMAN 1 Citeureup. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 59–78. Retrieved from https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.54
Asyari, A. (2020). Implementasi Teori operant conditioning dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran di PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta. Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 183–198. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.135
Aziz, J. A. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru dan Minat Belajar Siswa. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 149–165. Retrieved from https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.30
Danim, S. (2011). Pengembangan profesi guru: dari pra-jabatan, induksi ke profesional madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Harsono. (2015). Pemahaman guru propinsi jawa tengah terhadap kemampuan melihat kemampuan melihat dan bertanya tentang realitas dalam rangka penerapan metode pembelajaran ilmiah.
Hasanudin, S. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA DDI Ponre Kabupaten Bone Sultan Hasanuddin. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 146–161. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.826
Hasyim, M. (2007). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran, (36), 265–276.
Hidayat, N. (2019). Deskripsi Kompetensi Guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Ja-Alhaq Kota Bengkulu Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen A . Pendahuluan Pada era globalisasi dan keterbukaan saat ini , pendidikan merupakan hal yang penting bagi. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 299–316. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.2737
Irawan, P. (2001). Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 3(2), 19–25. Retrieved from http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86
Karlina, E., Astuti, D., Rochman, C., Farida, I., & Hasanah, A. (2020). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan ( PTK ) Di. Tawazaun Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 103–112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.
Kuntarto, E. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Konsep Pembelajaran Aritmatika-Bahasa di Sekolah Dasar. Gantang, (2), 97–108. Retrieved from https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.629
Kurniawan, F. (2019). Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla ( Religius Konservatif , Religius Rasional , Pragmatis Instrumental ) Religius Rasional , Pragmatis Instrumental, 18(1), 223–242.
Latipah, N., Ulum, B., & Niam, F. (2020). Analisis Integrasi Nilai Pendidikan Islam Pada Kurikulum Tadris IPA IAIN Bengkulu, 19(1), 132–144. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i1.3843
Mashari, A. (2015). PROFILE OF HIGH TOUCH IN THE APPLICATION. Guidena, 5(2), 66–76.
Muslikhin. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Islam Berbasis Multikultural, 18(2), 411–423.
Nasrul. (2014). Profesi dan Etika Keguruan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nasution, A. (2019). Pelaksanaan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Terhadap Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taba Penanjung. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 317–326. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.2667
Sholichah, A. S., Alwi, W., & Fajri, A. (2020). Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Akhlak pada Mata Pelajaran PAI : Studi Kasus di SMP Islam An-Nasiriin Jakarta Barat. Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 163–182. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.130
Suherman, Sunarto, & Alpajar, A. (2020). Penggunaan Media Film Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA-Muhammadiyah 1 Plus Malang A . Pendahuluan Teknologi yang berkembang semakin pesat memberikan imbas yang sangat besar kepada kelangsungan kehidupan manusia . Salah satu imbas d, 19(2), 384–400. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i1.3841
Sunhaji. (n.d.). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Kependidikan, II(2), 30–46.
Ulwiyah, N., & Indarti, S. S. (2018). Hubungan Model Pembelajaran dengan Tingkat Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 137–156. Retrieved from https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/download/1975/1037
Umami, I. (2016). Hakekat Manusia dan Pengembangannya Dalam Pendidikan Islam. Ri’ayah, 01, 124.
WINA, S. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. JAKARTA: Prenadamdia.
Yanuarti, E., Purnama, D., & Hs, S. (2020). Analisis Perbandingan Pendidikan Multikultural (Indonesia, Amerika, Kanada, Inggris), 19(1), 46–65.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i2.4711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: