Respon Masyarakat Millenial Tentang Urgensi Menjadi Guru Berkarakter Ikhlas Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Mawardi Lubis

Abstract


Abstract: Millennial Society's Response to the Urgency of Becoming a Teacher with a Sincere Character in the Perspective of Educational Resource Management
This study aims to describe the millennial community's response to the urgency of teachers with sincere characters from the perspective of educational resource management. The study was conducted in October - November 2022 at Fatmawati Sukarno Bengkulu State Islamic University with a quantitative research type using a survey method. The population of this study were all campus lecturers, employees and students who were born in the year before the 1980s, besides that they were also members of the WhatsApp Group, totaling 383 people with 27.42% of the population (105 people) as respondents. The analysis technique of this research is to use descriptive quantitative analysis techniques with the help of the percentage formula (P = f/N x 100). The results showed that 81.90% of the public agreed with the statement that "teachers are unsung heroes". This means that the millennial community still thinks that being a teacher with a sincere character in his service is very urgent from the perspective of educational resource management.

Abstrak: Respon Masyarakat Millenial Tentang Urgensi Menjadi Guru Berkarakter Ikhlas Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon masyarakat millenial tentang urgensi guru berkarakter ikhlas dalam perspektif manajemen sumber daya pendidikan. Studi dilakukan pada bulan Oktober - November 2022 di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa kampus yang lahir pada tahun menjelang 1980an, selain itu juga tergabung dalam WhatsApp Group berjumlah 383 orang dengan responden 27,42 % dari populasi (105 orang). Teknik analisis penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan bantuan rumus persentase (P = f/N x 100). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81,90 % masyarakat setuju terhadap pernyataan bahwa “guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”. Artinya, masyarakat millenial masih menganggap bahwa menjadi guru berkarakter ikhlas dalam pengabdiannya adalah sangat urgen dalam perspektif manajemen sumber daya pendidikan.


Keywords


Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Alkornia, S. (2016). Studi deskriptif kompetensi pedagogigik dan profesionalisme guru paud dharma wanita binaan skb situbondo. Journal Of Educational Administrasion And Policy.

Arifin, M. B. U. B., & Fitria, K. L. (2017). The Implemantation of Islamic Character Through Developing Material of Indonesian Language in 3rd Grade of Islamic Elementary School. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 23. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1212

Arumsari, L. T., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. (2016). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEORI TUMBUKAN Lusia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(July), 140–151. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/12125

Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 17(01), 61–71.

Bahri, H., & Fitriani, F. (2019). Edutaiment Dalam Perkembangan Nilai Nilai Moral Dan Agama Anak. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 179. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1951

Darmadi, H. (2015). TUGAS, PERAN, KOMPETENSI, DAN TANGGUNG JAWAB MENJADI GURU PROFESIONAL. Jurnal Edukasia.

Emosional, K., Matematik, P., & Delphi, F. (2020). Pembangunan Kerangka Modul Pengajaran Matematik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Sosial Dan Emosional (PSE) (The Development of Mathematics Teaching Module Framework Using Social and Emotional Learning (SEL) Approach). Jurnal Pendidikan Malaysia, 45(02), 24–35. https://doi.org/10.17576/jpen-2020-45.02-03

Eriza Nur Hidayanti, D. (2016). Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom Dalam Bentuk Moving Class Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 11–26. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2039

Febrialismanto, F. (2017). ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PG PAUD KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700

Fuadi, R. (2019). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS SOLUSI UNTUKMENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 243. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1667

Handayani, L., Madjdi, A. H., & Suad, S. (2021). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 317–334.

Harun, C. Z. (2010). Manajemen Sumber Daya Pendidikan,. Pena Persada.

Hilal, U. Z. (2019). PERAN SOSIAL GURU PAI DALAM MASYARAKAT Studi Pada Guru PAI SMP di Kecamatan Tempel. Jurnal Al Qalam.

Jamila, J. (2020). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan …, 1(1), 26–36. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3922%0Ahttp://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/viewFile/3922/3471

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Maslow, A. H. (1970). Motivation and personality. New York: Harp and Row.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.699

Pujiastuti, E., Raharjo, T. J., & Widodo, A. T. (2012). Kompetensi profesional, pedagogik guru IPA, persepsi siswa tentang proses pembelajaran, dan kontribusinya terhadap hasil belajar IPA di SMP/MTs Kota Banjarbaru. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1).

Putra, L. V., Hawa, A. M., & Safitri, H. B. (2020). Supervisi Akademik Berbasis Monitoring Dan Evaluasi Bagi Pembinaan Pedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 43–49.

Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Rohman, F., & Lusiyana, A. (2017). Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Sosial. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 47–56. http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/115

Sapri, J., Agustriana, N., & Kusumah, R. G. T. (2019). The Application of Dick and Carey Learning Design toward Student’s Independence and Learning Outcome. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 218–222. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.53

Saripudin, A. (2019). KOMPETENSI GURU PENDAMPING PAUD DALAM MEMENUHI STANDAR LAYANAN PAUD NON FORMAL DI KABUPATEN TASIKMALAYA. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.4848

Shofiyah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Fluida. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 19. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.836

Sukarno, S., & Salamah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1867

Sumantri, B. A. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA MENGHADAPI TUNTUTAN KOMPETENSI ABAD 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614

Supriyono, A. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12.

Sutarmanto, S. (2012). KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.42

Syaputra, E. (2019). PANDANGAN GURU TERHADAP INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI DESKRIPTIF DI BEBERAPA SMA DI BENGKULU SELATAN DAN KAUR. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 1–10. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/1-10

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2018). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10325

Zulfiani, Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 25–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i2.4705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id