Media Kontrol Ibadah Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Attaqwa Kota Bekasi Via Daring Dengan Buku Mutaba’ah
Abstract
Abstract: Media Control of Worship of Attaqwa Integrated Islamic Elementary School Students in Bekasi City Via Online with Mutaba'ah Books
Online learning during Covid-19 has its own challenges, especially parents who are teachers at home. Therefore, control is needed for students. One of them is the Mutaba'ah book as a guidebook for monitoring student worship during online learning. This study aims to determine the media used by Elementery School Islamic Integrated Attaqwa to monitor students' worship activities during online learning by using Mutaba’ah books. The approach used is a case study with a qualitative method. They collected data by interviews with six parents of students from grades 4, 5, and 6. As for the technique, the data analysis is as follows, data collection, data reduction, data presentation, and concluding.The results showed a decrease in the worship activities of Elementery School Islamic Integrated Attaqwa students during online learning during the COVID-19 pandemic. The solution is Elementery School Islamic Integrated Attaqwa used Mutaba’ah books that were used by teachers and parents to supervise students' worship activities. This study contributes to proving the benefits of the Mutaba’ah book to monitor students' worship activities during online learning.
Abstract: Media Kontrol Ibadah Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Attaqwa Kota Bekasi Via Daring Dengan Buku Mutaba’ah
Pembelajaran daring selama Covid-19 memiliki tantangan tersendiri, khususnya orang tua yang menjadi guru pendamping di rumah. Oleh karena itu, diperlukan kntrol kepada siswa. Salah satunya dengan buku Mutaba’ah sebagai buku pedoman untuk memantau ibadah siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media yang digunakan SDIT Attaqwa untuk memantau kegiatan ibadah siswa selama pembelajaran daring dengan menggunakan buku Mutaba’ah . Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dengan metode kualitatif. Pengumpukan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap enam orang tua siswa kelas 4, 5, dan 6. Adapun teknik analisis datanya adalah sebagai berikut, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan aktivitas ibadah siswa SDIT Attaqwa selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Solusinya adalah SDIT Attaqwa menggunakan kitab Mutaba’ah yang digunakan guru dan orang tua untuk mengawasi kegiatan ibadah siswa. Kajian ini berkontribusi untuk membuktikan manfaat kitab Mutaba’ah untuk memantau aktivitas ibadah siswa selama pembelajaran daring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Zainudin (no date) ‘Penanaman nilai nilai religius dalam membentuk akhlak karimah bagi peserta didik di MI Ar Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember’, pp. 19–38.
Amaliah, F. (2021) Penanaman Karakter Religius Pada Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Pada Masa Pandemi DI MI Ma’arif NU Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Amir ac, Y. et al. (2016) ‘Religiusitas Dan Spiritualitas: Konsep Yang Sama Atau Berbeda?’, Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 2(2), pp. 67–73.
Annisa, M. N., Wiliah, A. and Rahmawati, N. (2020) ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital’, Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), pp. 35–48.
Baginda, M. (2018) ‘Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), pp. 1–12. doi: 10.30984/jii.v10i2.593.
Belawati, T. (2019) Pembelajaran on-line.
Creswell, J. W. (2016) Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. diterj. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 1st edn. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Hasanah, U. and Cholil, M. (2020) ‘Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa: Sebuah Upaya Menanamkan Pendidikan Karakter di SDN 1 Sidamulya Cirebon’, … : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 03(2), pp. 237–254.
Hayati, N. (2020) ‘Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi di Pondok Pesantren Darunajah 2 Bogor’, RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), pp. 151–159. doi: 10.29303/resiprokal.v2i2.42.
Hermawan, R. (2018) ‘Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw’, INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), pp. 282–291. doi: 10.24090/insania.v23i2.2301.
Mamluah, S. K. and Maulidi, A. (2021) ‘Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 869–877. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.800.
Manurung, R. D. F. M. B. and Tafonao, T. (2021) ‘Problem Pembelajaran Online di Masa Pandemi Terhadap Psikologi Anak Usia 10-12 Tahun’, 1(1), pp. 11–19.
Munawwir, A. W. (1997) al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nafrin, I. A. and Hudaidah, H. (2021) ‘Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), pp. 456–462. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.324.
Norman K. Denzin, Y. S. L. (eds. . (1997) Handbook of Qualitative Research. I. Delhi: Sage Publication.
Novitasari Putri Rusady (2017) Pembiasaan sholat dhuha dalam pembentukan karakter mandiri beribadah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhamamdiyah. Muhammadiyah Surakarta.
Nurbaiti, R., Alwy, S. and Taulabi, I. (2020) ‘Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan’, eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), pp. 55–66. doi: 10.33367/jiee.v2i1.995.
Prestiadi, D. (2020) ‘Efektivitas Penggunaan Media Belajar Dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19’, in Prosiding Web-Seminar Nasional. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Negeri Malang.
Purnamasari, D. (2019) Problematika Pembelajaran Membaca Al Quran. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Sabrina, U., Ardianti, S. and Ermawati, D. (2021) ‘Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 3079–3089.
Saifulloh, A. M. and Darwis, M. (2020) ‘MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19’, Bidayatuna, 03(02).
Sapuro, J. T. (2016) ‘Pembentukan Karakter Gemar Membaca Al Quran’, Euphytica, 18(2), p. 22280.
Saputra, F. and Himiati, H. (2020) ‘Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di MI Raudlatusshibyan Nw Belencong’, El-Midad: Jurnal PGMI, 12(1), pp. 70–87.
Selviani, R. H. dan F. (2021) ‘PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19’, AoEJ: Academic of Education Journal, 12(2), pp. 254–261.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran (Mix Method). 10th edn. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.
Torjesen, I. (2021) ‘Covid-19: Omicron may be more transmissible than other variants and partly resistant to existing vaccines, scientists fear’, BMJ (Clinical research ed.), 375(4), p. n2943. doi: 10.1136/bmj.n2943.
Yusuf, M. dkk. (2018) ‘Strategi Orang Tua Dalam Menumbuhkan motivasi anak Untuk Menghafal Al-Qur’an)’, Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam P-ISSN: 2654-5829 E-ISSN: 2654-3753, pp. 54–55.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v22i1.4514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: