Pola Pengembangan Karakter Religius Aspek Ibadah dan Akhlak pada Siswa di SMPIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong

Tri Lestari, Sutarto Sutarto, Syahrial Dedi, Syahrial Dedi

Abstract


Abstract: Pattern of Religious Character Development Aspects of Worship in Students at SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong.
This study aims to explore patterns of religious character development in aspects of worship and morals in SMP IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong students. This research is qualitative research with a phenomenological approach. Technique data obtained from interviews and observations. The data obtained were analyzed by four steps, namely data, data reduction, data presentation, leveraging, or pulling. The results showed that the development of religious character in the aspect of worship is carried out through obligatory prayers and sunnah (dhuha, rawatib) and tahfidz Qur'an. Development of religious character in the moral aspects including morals for teachers, morals towards others, and morals towards oneself. The development of religious character is carried out through a pattern of habituation, giving advice, guidance, control, and supervision, guidance, reward, and punishment, which includes knowledge, feelings, and actions.


Keywords


Development Patterns; Religious Character; Worship; Morals

Full Text:

PDF

References


Afifah, N. (2017). Problematika Pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41–47.

Akbal, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 485–493.

Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 2(2), 1–11.

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233–247.

Awaludin, A. R. (2019). Pembentukan karakter religius melalui kegiatan mentoring di SMPIT Robbani Kendal [PhD Thesis]. UIN Walisongo Semarang.

Azizah, A., Muslihudin, M., & Suteja, S. (2017). Orientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Kurikulum 2013 Perspektif Thomas Lickona. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25.

Bungi, B. (2013). Analisa Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis Kearah Penguasaan Modal Aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 1(02), 230–240.

Darisman, D. (2016). Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Online Thesis, 9(2).

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T. (2016). Potensi Keluarga dalam Pendidikan Holistik Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini. Edukasi, 1(1).

Fajar, M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Berbasis Android [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Fauziah, D. (2019). Pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap terbentuknya karakter religius siswa di MAN Kendal tahun pelajaran 2018/2019 [PhD Thesis]. UIN Walisongo.

Fermadi, B. (2020). Humanisme Sebagai Dasar Pembentukan Etika Religius; Dalam Perspektif Ibnu Athā’illah Al-Sakandarī. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 72–89.

Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia Secara Online Di: Http://Lib. Untidar. Ac. Id/Wp-Content/Uploads [Diakses Di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].

Hastariningsih, Y. (2017). Sinergi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Guru PAI di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta [PhD Thesis]. Universitas Islam Indonesia.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29.

Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223–236.

Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. FENOMENA, 10(1), 55–76.

Huberman, A. M, M., M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep Rohendi. UI Press.

Ikranagara, P. (2015). Pemberian Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Kejobong Purbalingga. BASIC EDUCATION, 4(2).

Indrawati, R. (2013). Peningkatan perilaku disiplin siswa melaluipemberian reward dan punishment dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2).

Jamila, I. N., Nur Amalia, S. S., & Teach, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Mentoring pada Siswa Kelas V SDIT MTA Gemolong [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khasanah, U. (2016). Pembentukan Karakter Religius di MI Nurul Iman Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Komariah, K. (2019). Pengembangan Karakter Religius Masyarakat Desa Rukam melalui Aktivitas Keagamaan. AL-QUWWAH: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 128–141.

Magfiroh, L. (2017). Pembinaan Karakter Religius Islami Berbasis Asrama di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Mojokerto. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1).

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 2(1), 49–65.

Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter religius dan karakter kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mustika, M., & Wirdanengsih, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Program Mentoring Studi Kasus: SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Kota Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 109–119.

Nasution, s. (2016). Metode Research. Bumi Aksara.

Nurdyansyah, N., & Lestari, R. P. (2018). Pembiasaan Karakter Islam Dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jawa Piwulang 5 Pengalamanku Kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 35–49.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini.

Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290.

Putri, H. M. (2019). Nasehat bagi Kaum Muda untuk menghadapi tantangan di zaman moderen melalui Kitab Pengkotbah.

Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi Orang Tua dan Guru melalui Kubungortu dalam Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i1.3100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id