Analisis Elemen-Elemen Kebijakan Pengembangan Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Jember

Wahyu Aprilia, Siti Fatonah, Sholahuddin Afif Fanani

Abstract


Abstract: Analysis of Policy Elements for Early Madrasah Development in Jember Islamic Boarding Schools.
This research aims to expose the development policy elements of Madrasah Diniyah in Pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember. This type of research is a qualitative descriptive. The daa collection techniques used interviewes, oservations, and documentation. Then, to get the validity of the data could be done by source triangulation. Data analysis techniques through data collection, reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The result of the study include, 1) perpetrators of development policy of madrasah Diniyah in Darul Hikam Boarding house Kaliwates Jember.in the form oi individual figure who are the caregiver of Darul Hiikam Boarding House: Prof. Dr. K. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. Mrs. Nyai Robiatul Adawiyah, S.H.I., Ustad Baidhowi, M.H.I., Ustad Suwardi, M.H.I., Ustad Halim, Ustad Suparman. 2) policy for the development of madrasah diniyah at the Darul Hikam Kaliwates Islam Boarding School, Jember, includes a) curriculum policy that focuses on the atudy of nahwu and figh books so that students can recite the yellow book and gain insight regarding various fatwa of islamic Ulama’ law, b) teacher recruitment, carried out by recruiting teachers from within the islamic boarding school, namely alumni of the Darul Hikam Islamic Boarding School Kaliwates Jember and also from outside the islamic boarding school, namely coming from for example alumni of the ma’had Ali Salafi Syafi’iyah Islamic boarding School Sukorejo Situbondo and also from IAIN Jember, c) Profesional Development of educators is carried out by sending teaching staff to Lirboyo Islamic Boarding School, Sidogiri Islamic Boarding School or to other places that are used as aplace for the professional development of teaching staff and to carry out internal evaluations, d) development of advice and infrastructure learning, 3) policy environment, there are factors that influence policy in curriculum development, namely the social structure and demographics that exist in the Darul Hikam Kaliwates Jember Boarding School, which is located not far from the IAIN Jember, and is one of the one Islmaic Boardig School that cooperates with IAIN Jember as a Boarding School that accomodates IAIN Jember students in implementing the mandatory dormitory program on the IAIN Jember. The Darul Hikam Kaliwates Jember Islamic Boarding School was established to provide a more adequate place for students to recite “Kitab Kuning” and Islamic religious knowledge.

Abstrak: Analisis Elemen-Elemen Kebijakan Pengembangan Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan unsur-unsur kebijakan pengembangan Madrasah Diniyah di Pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mendapatkan keabsahan data dapat dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: 1) pelaku kebijakan pengembangan madrsah diniyah di Pondok Pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember, di antaranya Prof. Dr. K. M. Noor Hasirudin, M.Fil.I., Ibu Nyai Robiatul Adawiyah, S.H.I., Ustadz Halim, dan Ustadz Suparman. 2) kebijakan pengembangan madrasah diniyah di Pondok Pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember, meliputi a) kebijakan kurikulum yang berfokus pada kajian kitab nahwu dan fiqh agar para santri dapat mengaji kitab kuning dan bertambah wawasannya terkait dengan berbagai fatwa hukum Islam Ulama’, b) rekruitmen guru, dilakukan dengan merekrut guru dari dalam pondok pesantren yakni alumni pondok pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember dn juga dari luar pondok pesantren yakni berasal dari misalnya alumni-alumni Pondok Pesantren Ma’had Ali Salafi Syafi’iyah Sukorejo Situbondo dan juga dari IAIN Jember, c) pengembangan profesional pendidik dilakukan dengan mengirim tenaga pendidik untuk belajar di luar Pondok Pesantren Darul Hikam ataupun mengirim di Pondok Pesantren Lirboyo, Pondok Pesantren Sidogiri atau di tempat lain yang memang digunakan sebagai tempat pengembangan profesionalitas tenaga pendidik serta dilakukan evaluasi internal, d) pengembangan saran dan prasarana pembelajaran, 3) Kebijakan lingkungan, ada faktor yang mempengaruhi kebijakan dalam pengembangan kurikulum yaitu struktur sosial dan demografi yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember merupakan pondok yang terletak tidak jauh dari kampus IAIN Jember, dan merupakan salah satu Pondok Pesantren yang bekerja sama dengan IAIN Jember sebagai Pondok Pesantren yang menampung mahasiswa IAIN Jember dalam pelaksanaan program wajib asrama yang ada di kampus IAIN Jember. Pondok Pesantren Darul Hikam Kaliwates Jember ini didirikan untuk menyediakan tempat yang lebih memadai bagi mahasiwa untuk mengaji kitab kuning dan ilmu agama Islam.


Keywords


educational element; education policy; policy actors; Educational Development.

Full Text:

PDF

References


Agustian, S. (2022). Kebijakan Pendidikan Dasar Perspektif Karakteristik Peserta Didik. Shanun: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1).

Agustino, L. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.

Anderson, J. E. (1979). Pembuatan Kebijakan Publik. Houghton Mifflin.

Anwar, H. M. E. (2014). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 3.

Arwildayanto, & dkk. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan, Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif. Cendekia Press.

Aziz, A. (2018). Partisipasi dalam Pengabilan Keputusan Pendidikan di Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandagan Sumenep. Jurnal Reflektika, 13(1).

Badrudin, Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1).

D., H. (2020). Kebijakan Pendidikan dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1).

Dunn, W. N. (2003). Analisis Kebijakan Publik. Pers Universitas Gadjah Mada.

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(1).

Fattah, N. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Haq RD., A., Subiyantoro, & Putra, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Sebagai Suatu Kebijakan Publik: Suatu Analisis Terhadap Kekhususan Kebijakan Pendidikan Di Aceh. Jurnal Bidayah, 12(1).

Hasbullah, H. M. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Rajawali Pers.

Hastuti, T. P., & Soehartono. (2018). Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik. Jurnal Jurisprudence, 8(1).

Imad, M. (2020). Kebijakan Pimpinan Dalam Pengembangan Kelembagaan Pesantren. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(2).

Imron, A. (2012). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara.

Latifah, A. (2018). Kebijakan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam Mengembangkan Sistem Pendidikan Klasikal. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(6).

Madjid, A. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. Samudra Biru.

Muhammadiyah. (2020). Implementasi Kebijakan Kepemimpinan dalam Pengembangan Pendidikan Non-Formal di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussa’adiyah Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Al-Aulia, 6(2).

Nugraha, M. T., Pandi, A., Supiana, & Zakiah, Q. Y. (2021). Formulasi Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1).

Nur Ihsan, R. A., Jannah, A. M., Sofia, M. N., Budiyanti, N., & Gunawan. (2021). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1).

Rohmah, L. N., & Subiyantoro. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Pesantren Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 59–67.

Subayil. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2).

Suhelayanti. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan. Lentera Indonesia Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 11–26.

Suyanta, Dwiningrum, S. I. A., Hajroh, M., & Respati, D. (2020). Studi Kebijakan Pendidikan: Analisis Standar Pendidik di Kabupaten Temanggung. Bhumiphala: Jurnal Pengembangan Daerah, 1(1).

Taufiqurakhman. (2014). Kebijakan Publik : Pendelegasian Tanggung Jawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama Pers.

Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i2.2836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id