Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu
Abstract
Abstract: The Effect Of Interactive Learning Media On Learning Outcomes In Class X SMKS 9 Muhammadiyah Bengkulu City
This study aims to determine the effect of interactive media on students' ability to remember the vocabulary of class X Arabic subjects at SMKS 9 Muhammadiyah Bengkulu City before and after using interactive media. This type of research is a quantitative experiment with a quasi-experimental method. The population is all students of class X TKJ. The sample consisted of 40 people consisting of 2 classes namely class X TKJ & X TKR. Data collection techniques using observation, documentation and pre-test post-test scores. The data analysis technique used is the normality test, homogeneity and t test. Based on the results of the analysis, the experimental class with an average number of 86.4, the control class with an average of 70.6. Apart from being seen from the achievement of the average percentage score, the homogeneity test also explains that the Fcount value is 0.330, the df value = 1 Ftable 38 and the significance value of the t test is 0.000 <0.05, as the basis for making decisions in the independent sample t test test it can be concluded that H0 is rejected, thus it can be concluded that there is an effect of using interactive media with media images in Arabic lessons in class X SMKS 9 Muhammadiyah Bengkulu City..
Abstrak: Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif terhadap kemampuan siswa dalam mengingat kosakata mata pelajaran bahasa Arab kelas X SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas X TKJ. Sampel terdiri 40 orang yang terdiri 2 kelas yaitu kelas X TKJ & X TKR. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan nilai pre-tes post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis, kelas eksperimen dengan jumlah rata-rata 86,4 kelas kontrol dengan rata-rata 70,6. Selain dilihat dari pencapaian rata-rata persentase skor nilai, di dalam uji homogenitas juga menjelaskan bahwa nilai Fhitung 0,330, nilai df = 1 Ftabel 38 dan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana pengambilan dasar keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan media interaktif dengan media gambar pada pelajaran Bahasa Arab di kelas X SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alannasir, W. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANNURUKI. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 151–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1418
Anggraini, W. N., Purwanto, A., & Nugroho, A. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.29300/IJISEDU.V2I1.2864
Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.
Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014
Fathurrahman, F. (2018). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH. JURNAL REFORMA. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i1.38
Harto, K., & Tastin, T. (2019). Pengembangan pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 89–110.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI TAHUNAN YOGYAKARTA. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.
Kartini, K. (2016). Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Pada Min Uteun Gathom. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi.
Khoiruddin, M. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Melalui Nyanyian Pada Anak Usia Prasekolah di TK Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jawa Timur. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.1
Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N. I., & Kasem, N. (2018). Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube. International Journal of Management Education, 16(1), 37–42. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.001
Mumtahanah, M. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i01.1378
Prayitno, P., & Mardianto, M. F. F. (2020). PENINGKATAN HASIL EVALUASI PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri , SMPN 1 Mojo , Kediri , Indonesia Departemen Matematika , Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas Airlangga. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181.
Purwanto, W., W, E. T. D. R. W., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan., 1(9), 1700. http://journal.um.ac.id
Rosari, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1966
Safura, O. B., & Purnomo, A. (2019). Peran Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Dalam Mewujudkan Anak Jalanan Yang Berkarakter Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 229–238. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.2097
Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.2587
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2).
Styawati, P. S., & Rizal, S. (2017). Teaching Reading Comprehension Through Snowball Throwing Teaching Technique. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 13(2), 275–300. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/558
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfa Beta.
Suryanto, A. (2019). Pengembangan Tes Hasil Belajar. In Evaluasi Pembelajaran di SD (1st ed., pp. 2.1-2.74). Universitas Terbuka.
Unsiah, F., Danayanti Degeng, P. D., & Kusumawardani, I. N. (2016). A Video For Teaching English Tenses. JELE (Journal of English Language and Education), 2(2), 96. https://doi.org/10.26486/jele.v2i2.224
Wahyudi, S., Joyoatmojo, S., & Sawiji, H. (2017). Learning Model of Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Supported by Video Tutorial to Improve the Students’ Learning Motivation in Vocational High School. International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017).
Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
Zulfiani, Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 25–36.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: