Implementasi Penguatan Pendidikan-Karakter (PPK) Kitab Al-Akhlak-Lil-Banin Di PP Hidayatul Insan Palangka Raya
Abstract
Abstract: Implementation of Strengthening Character Education (PPK) from Kitab al-Akhlak lil Banin at PP Hidayatul Insan Palangka Raya.
Education is a strategic indicator of the progress of a nation. Various cases occurred in Palangka Raya city and others still indicate strongly that the Character Education Strengthening Program requires synergy from various parties, not only the government. This research aims to analyze 1) the main content of PPK of Al-Akhlaq li al-Banin and 2) the implementation of the Character Education Strengthening Program for students based on the book of Al-Akhlak Lil Banin. The findings not only become the importance of this research but also the dissemination to the society (particularly the students) of Central Kalimantan in supporting the character education strengthening programs. In addition, it is expected to spark creativity from both state and private schools to succeed in the program. This research takes a qualitative approach with critical and descriptive analysis methods. Some of the findings from this study are as follows. First: The study of the book Al-Akhlaq li al-Banin has long been carried out in the Islamic boarding school, and now it is included in the intracurricular activities. For this reason, the evaluation of this book is carried out in two ways: cognitive and implementation. The second finding, KDP teaching is carried out by planting and qudwah by all stakeholders. The third finding is the impact of implementing PPK such as being more disciplined and religious, being able to appreciate solidarity and mutual cooperation in maintaining conduciveness of security, cleanliness and tranquility. The evaluation of the implementation of PPK is the character that has been trying to be built can be lost even when the students return home, while the home environment does not apply positive character. For this reason, the power of qudwah must be consciously implemented by students and spread again within the family and community.
Abstrak: Implementasi Penguatan Pendidikan-Karakter (PPK) dari-Kitab-al-Akhlak-lil-Banin pada PP Hidayatul Insan Palangka Raya.
Sektor pendidikan menjadi indikator startegis kemajuan suatu bangsa. Pelbagai kasus yang terjadi di Palangka Raya maupun di kota lain masih mengindikasikan dengan kuat bahwa Program Penguatan Pendidikan Karakter memerlukan sinergi berbagai pihak, tidak hanya pemerintah. Penelitian-ini-bertujuan-untuk-mengetahui: 1) analisa muatan utama PPK dari Al-Akhlaq li al-Banin; 2) Bentuk implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter dari para santri berdasarkan kitab Al-Akhlak Lil Banin. Hasil penggalian tidak hanya untuk kepentingan riset, namun disebarluaskan ke masayarakat, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah dan pada santri agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana penunjang program penguatan pendidikan karakter, juga memantik kreatifitas para sekolah negeri maupun swasta dalam upaya meramaikan program penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis kritis dan deskriptif. Beberapa hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama: Pengkajian kitab Al-Akhlaq li al-Banin telah lama dilakukan di dalam pondok, dan kini masuk dalam intrakulikuler. Untuk itu, evaluasi dari kitab ini dilakukan dengan dua cara: kognitif dan uji implementasi. Temuan kedua, pengajaran PPK ini dilakukan dengan penanaman dan qudwah oleh segenap pemangku kebijakan. Temuan ketiga yaitu dampak pelaksanaan PPK seperti lebih disiplin dan religius, dapat menghargai waktu solidaritas dan gotong royong dalam menjaga kondusifitas keamanan, kebersihan, dan ketenangan. Evaluasi dari implementasi PPK ini adalah karakter yang telah berusaha dibangun bisa hilang bahkan bilamana saat santri kembali ke rumah, sedangkan lingkungan rumah tidak menerapkan karakter positif. Untuk itu kekuatan qudwah ini harus secara sadar diimplementasikan santri dan ditebarkan kembali di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. J., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. PENDAIS, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-
Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. . . Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26.
Anam, S. (2021). Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Menanamkan Akhlak Karimah Bagi Santri Di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Anggraeni, R. A., & Soedjono. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Mangkang Wetan 02 Kota Semarang. Gema Publica, 3(1), 36–45.
An-Nahlawi, A. (2007). Ushul at Tarbiyyah al Islamiyyah (XXV). Dar Al Fikr.
Badawi. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Di Sekolah. SEMNASFIP UMJ, 207–218.
Billah, M. F. M., Wisudaningsih, E. T., & Diharjo, R. F. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Kemandirian Dan Kepedulian Sosial Santri Di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 91–97.
Cahya, F. S., Bahri, S., & Hayaturrohman. (2016). Nilai-Nilai Karakter dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Karya Syekh Umar Baradja. Jurnal Studi Al-Qur’an, 12(1), 77–96.
Camelia, F. (2020). Implementasi Kebijakan Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya PenguatanPendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20(1), 1–10.
Darwis Hude, M., Muid, A., & Faizin. (2020). Fondasi Psikologi Positif Qur’ani: Character Strengths dan Virtue dalam Tinjauan Psikologi Positif dan Al-Qur’an. Al-Qalb, 11(2), 67–83.
Fahham, A. M. (2013). Pendidikan Karakter di Pesantren. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 29–45.
Fauzi, A. (2020). Pembinaan Karakter Siswi Melalui Kitab Al-Akhlaq Lil Banat Jilid 1: Studi Pembelajaran di MI Darussalamah Putri Kediri. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 48–57.
Firdaus. (2014). Urgensi Psikologi Agama Dalam Pendidikan (Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat) . Al-AdYaN, IX(2), 19–42.
Hadi, S. (2017). Pola Pengasuhan Islami Dalam Pendidikan Keluarga (Penguatan Peran Keluarga Jamaah Masjid Baitul Abror Teja Timur). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 117–133.
Hunainah, H., Zannah, F., Permadi, A. S., & Solikhin, A. (2022). Pembinaan Nilai-Nilai Keislaman Bagi Masyarakat Muslim Minoritas di Desa Handiwung Kabupaten Katingan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4365
Ilyas, M. (2019). Implementasi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam pembentukan akhlak santri di PP al-Hidayah Jambi. UIN Jambi.
Kurniawan, A. (2015). Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Dalam Menjawab Krisis Sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 4(2).
Kurniawan, D. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Madrasah Diniyah Wusta Hidayatul Mukhlisin PP Al Ikhlas Babadan. IAIN Ponorogo.
Kurniawati, R., Rizqia Amalia, A., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. ASICEDU, 6(5), 8304–8313.
Lestari, W., Hasibuan, V. U., & Amir, S. (2022). Peran Guru Dalam Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al-Hidayah. . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9295–9302.
Mujtabarrizza, M., Siminto, & Muslimah. (2023). Manajemen Penguatan Karakter Santri. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 142–156.
Nihayah, U., Ade Putri, S., Hidayat, R., & Walisongo Semarang, U. (2021). Konsep Memaafkan dalam Psikologi Positif. IJoCaD (Indonesian Journal of Counseling and Development), 3(2), 108–119. https://doi.org/10.32939/ijcd.v3i1.1031
Nofiaturrahmah, F. (2014). Metode Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 201–216.
Nurhayati, Y., & Muda, W. A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tangerang Selatan. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 5(2), 165–180.
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. Waskita, 1(1), 113–127.
Salsabillah, A., & Zainuddin. (2022). Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Santri Di Lingkungan Pondok Pesantren Tahfidz Di Era Digital. Journal of Social Outreach, 1(2), 10–15.
Shofwan, A. M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sekardangan Blitar. ABDIMAS GALUH, 4(1), 85–92.
Silfiyah, K. (2021). Transformasi Pendidikan Islam Anak Di Sekolah Dalam Perspektif Psikologi Di Era Revolusi Industri 4.0. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 120–128.
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic. Perspective. Journal of Islamic Education, 21(1), 41–58.
Wiratnaya, I. M., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 139–148.
Yetri, & Firdaos, R. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).
Zakaria. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DI ERA INDUSTRI 4.0. Dirasah, 4(1), 1–13
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: