Penerapan Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama

Thufailah Nuzuliah

Abstract


Abstract: The application of the honesty canteen as an effort in building the character of students in junior high school
This study aims to examine the effectiveness of implementing an honesty canteen as an effort to build student character in junior high schools. This study used a descriptive method with research subjects in charge of the canteen and students at SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Data was collected through observation, interviews and documentation. The results of the study show that the application of an honesty canteen has effectiveness in shaping the character of students at Junior High School. The results showed that honesty, responsibility, and discipline were the characters that increased the most after the implementation of the honesty canteen. In addition, this study also shows that students feel more confident and appreciate hard work after implementing the honesty canteen. This research provides important implications for the formation of student character in schools. As a recommendation, it is necessary to widely implement honesty canteens in schools to shape the character of students who have integrity and have an honest attitude.

Abstract: Penerapan Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan kebijakan kantin kejujuran di Smp Muhammadiyah 1 Sidoarjo, (2) efektifitas penerapan kantin kejujuran sebagai upaya pembentukan karakter siswa di Smp Muhammadiyah 1 Sidaorjo, (3) Kendala-Kendala yang menghambat pelaksanaan penerapan kantin kejujuran di Smp Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitiannya penanggung jawab kantin serta siswa di Smp Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kantin kejujuran efektif dalam membentuk karakter siswa di Smp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin yaitu karakter yang paling meningkat setelah diterapkanya kantin kejujuran. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih percaya diri dan menghargai kerja keras setelah diterapkanya kantin kejujuran. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pembentukan karakter siswa di sekolah. Sebagai rekomendasi, diperlukan penerapan kantin kejujuran secara luas di sekolah untuk membentuk karakter siswa yang berintegritas dan memiliki sikap yang jujur.


Keywords


Honesty Canteen; Honest Nature; Character Education

Full Text:

PDF

References


Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130

AndayaniI, A., Hermani, B., Novita, D., Handayani, M., & Aisyah, S. (2019). Designing Kantin Kejujuran Corner At Smp Negeri 1 Kemang, Bogor Regency. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v1i1.500

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Anshori, I. (2019). Analisis Kritis Terhadap Anatomi Teori Strukturalisme Claude Levi-Strauss (Larangan Incest dalam Sistem Pernikahan dan Kekerabatan, serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam). Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2127

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Dewi, T. R., Rohmah, M., & Kurniawan, R. (2020). Kantin Kejujuran Sebagai Sarana Penanaman Sifat Jujur Pada Peserta Didik Di Sekolah Tingkat Dasar. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 44–52. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1839

Ihyauddin Jazimi, & Munirah. (2020). Perkembangan Mental Anak dan Lingkungannya. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.22

Ii, B. A. B. (2022). Suci Wahyu Ningsih, 2022 Pembentukan Nilai Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Melalui Kantin Kejujuran (Literatur Review) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Imron Haris, M., Istikomah, I., Fahyuni, E. F., Prasetiya, B., & Hanafi, . (2022). Students’ Character Building in Islamic Full-day Elementary School. KnE Social Sciences, 2022, 243–251. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11226

Indonesia, U. P. (2020). Kantin Kejujuran Sebagai Penguji Spiritual. 1(2), 91–96.

Iv, B. A. B. (n.d.). Suci Wahyu Ningsih, 2022 Pembentukan Nilai Karakter Melalui Kantin kejujuran Literature Review Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Iv, B. A. B., Kantin, P., Mts, K., Kudus, N., Kudus, M. I. N., Kudus, S., Kudus, S., & Ma, S. M. K. (2018). hasil penelitian A. September, 35–60.

Kasanah, N., & Nganjuk, K. (2019). Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019. 20–30.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Maryadi, M. (2019). Langkah-Langkah Mengajarkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah. Manajemen Pendidikan, 14(1), 8–17. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8646

Masruchin, M., Fahyuni, E. F., & Prasojo, B. H. (2020). Pengembangan Kantin Wirausaha Siswa SMPN 2 Porong. Jurnal Surya Masyarakat, 3(1), 15. https://doi.org/10.26714/jsm.3.1.2020.15-21

Mediatati, N. (2020). Civics Education and Social Sciense Journal(Cessj). Analisis Nilai Karakter Kejujuran Melalui Kantin Kejujuran Bagi Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2019-2020, 2(1), 170–172. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/cessj/article/viewFile/757/579

Nashihin, H., & Asih, T. (2019). Pemanfaatan Kantin Kejujuran Sebagai Model Evaluasi Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Zuhriyah Yogyakarta. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 54–81. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.10

Nilai, P., Jujur, K., Sekolah, S., Melalui, D., & Kejujuran, K. (2022). Suci Wahyu Ningsih, 2022 Pembentukan nilai karakter jujur siswa sekolah dasar melalui kantin kejujuran (Literatur Review) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Rekomendasi, I. D. A. N. (2022). Suci Wahyu Ningsih, 2022 Pembentukan Nilai Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Melalui kantin Kejujuran (Literatur Review) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–4.

Rozi, F. (2017). Penumbuhan Sikap Jujur Pada Siswa Smp Negeri 5 Probolingho Melaui Kantin Kejujuran Fathur Rozi SMP Negeri 5 Probolinggo , Jalan Cokroaminoto No . 26 Probolinggo-Jawa Timur E _ mai. Jurnal Ilmiah Pro Guru , Volume 3 Nomor 4 , Oktober 2017 ISSN : 2442 – 2525, 3(2), 432–443.

Sd, S., Ngargorejo, M. I., Khotimah, R. P., Putro, D. S., Utomo, G. W., Fera, A., Astrianti, N. E., Sari, Y. R., Alfanani, T. R., & Tri, H. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti. 2(1), 24–27. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.11167

Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Universitas, P., Negeri, I., Haji, K., & Siddiq, A. (2022). Peran guru kelas.

Sukatin, Nurkhalipah, Kurnia, A., Ramadani, D., & Fatimah. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.

Suprayogi, Isdaryanto, N., & Lestari, E. Y. (2017). Pendidikan Karakter berbasis Nilai-Nilai Konservasi Sosial melalui Pembelajaran Mata Kuliah bersama di Fakultas Ilmu Sosial. Forum Ilmu Sosial, 44(2), 132–140.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v22i1.2740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id