USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara)

Tiswarni Tiswarni

Abstract


Abstract: School Principals' Efforts to Improve Teacher Discipline (Qualitative Descriptive Study in Argamakmur 1st State Junior High School in North Bengkulu Regency). The purpose of this study was to describe the principal's efforts to improve teacher work discipline in Argamakmur 1st State Junior High School, especially concerning: the presence of teachers in the classroom, making learning tools, implementing the teaching and learning process, preparing and using instructional media, carrying out assessments, and following up on assessment results . The research method used in this study is qualitative descriptive. The subjects are principals, teachers, and administrative staff. Data collection techniques used are interviews and observations. Data analysis techniques using inductive techniques Miles and Haberman models include data collection, data reduction, data display and conclusion drawing/verification. The results of this study indicate that the principal's efforts to improve teacher work discipline in Argamakmur 1st State Junior High School have gone well.

Abstrak: Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru (Studi Deskriptif Kualitatif Di SMP Negeri 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usaha kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Argamakmur, terutama menyangkut: kehadiran guru di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, pelaksanaan proses belajar mengajar, menyiapkan dan menggunakan media pembelajaran, melaksanakan penilaian, serta menindaklanjuti hasil penilaian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah kepala sekolah, guru-guru dan staf administrasi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan teknik induktif model Miles dan Haberman yang meliputi: pengumpulan data, data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Argamakmur sudah berjalan dengan baik.


Keywords


Usaha Kepala Sekolah; Disiplin Kerja Guru

References


Agustriana, N. (2019). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Al-Fitrah, 1(2), 216–228. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1517

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek., Prajudi. 1976. Jakarta: Rineka Cipta

Avin Fadilah Helmi. Disiplin Kerja. Http://Avin.Staff.Ugm.Ac.Id./Data/Jurnal.(Diunduh 1 Oktober 2011)

Colvin. Geoff. (2008). 7 Langkah Untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. Pt.Mancanan Jaya Cemerlang.

Danim. Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profgesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung:Cv Pustaka Setia.

Danim. Sudarwan. Dan Suparno. (2008). Manajemen Dan Kepemimpinan Transpormasional Kekepalasekolahan: Visi Dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisisdan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1996). Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan Disekolah Dasar. Jakarta:Depdikbud

Depdikbud. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Karina.

Depdiknas. (2009). Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru Dan Pengawas Pmptk. Jakarta Direktur Jendral.

Djamarah. S.B, & Zain. A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Freire. P. (1999). Politik Pendidikan. (Terjemahan Agung Prihantoro & Fuad Arif Fudiyartono). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Dan Read.

Gambiro, Bambang. (2005). Pengaruh Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Persepsi Guru, Motivasi Berprestasi, Dan Kompetensi Terhadap Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tesis Mmp Uny.

Gibson. J.W. (1996). Organisasi Dan Manajemen, Perilaku Struktur Dan Proses. ( Terjemahan Agung Prihantoro). Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1762

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living ‎Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Kompensasi Kerja. Bpk Penabur. Http://Www.Bpkpenabur.Or.Id/Files (Diunduh Sabtu 1 Oktober 2011)

Liang, The Gie. (2001). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2006). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-2. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, I.J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Bm & Hubermen, Am. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Ui Press.

Mulyasa. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi Dan Implementasi). Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Nitisemito, Alex. (1982). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta: Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah , Jakarta: Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan , Jakarta: Depdiknas

Robbins, Sp. (1992). Essentoels Of Organizational Behavior. New York: Prentice Hall International, Inc.

Rusman, H.T. & Rahman, Abd. (2010). Panduan Pengembangan Profesi Guru Dan Ptk. Depok : Karima.

Sagala Syaiful. (2007). Managemen Stategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sapri, J., Agustriana, N., & Kusumah, R. G. T. (2019). The Application of Dick and Carey Learning Design toward Student’s Independence and Learning Outcome. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 218–222). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.53

Sedarmayanti, Hidayat, Syarifudin. (2002). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Suparlan. (2006). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hidayat.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Staf Dosen Balai Pembinaan Administrasi Ugm. (1982). Ensiklopedi Administrasi Pt. Gunung Agung Jakarta

Sasongko, Rambat Nur Dkk. (2011). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Bengkulu: Prodi Mamp Pps Fkip Universitas Bengkulu.

Tesis Sunardi. Http://Guru Falah.20 M.Com/ Tesis Sunardi (Sabtu 1 Oktober 2011)

Unaradjan. Dolet. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Ri No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Ri No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Universitas Bengkulu. (2011). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Makalah, Laporan Referensi, Dan Tes Pendidikanis). Bengkulu: Program Studi Magister Manajemen.

Yunus, A. (2010). Usaha Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin Mengajar Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Fkip Universitas Bengkulu. 3 Maret 2011 9-14

Yunus, A. (2010). Usaha Kepala Sekolah Dalam Membina Disiplin Mengajar Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Fkip Universitas Bengkulu. 1 Maret 2011 39-52




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam



 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id