PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA MENGHADAPI TUNTUTAN KOMPETENSI ABAD 21

Budi Agus Sumantri

Abstract


Abstract: Curriculum Development in Indonesia Facing 21st Century Demands. This study aims to describe curriculum development in Indonesia in facing the challenges of 21st century competence. This research method uses library research to be analyzed and witnessed. Research data is obtained from the results of records from books and journals. The steps to procuring data include: (1) a global perspective in curriculum development, (2) teacher roles and challenges, (3) curriculum development in Indonesia. The results of this study contain global perspectives in curriculum development: (1) 21st century learning activities, (2) characteristics of 21st century learning. Related to teacher roles and challenges include: (1) teacher's role in the 21st century, (2) 21st century teacher competency And curriculum development in Indonesia, as follows: (1) Curriculum development in Indonesia faces the challenges of 21st century competencies, (2) 21st century learning models. The conclusion of this study is that the curriculum that has a global perspective is not only national or local. This curriculum must be able to bring students to global thinking in the sense that students are able to disclose information and maybe this can be used as a display that helps them become productive citizens. The skills needed in the 21st century include: 1) innovation innovation skills, 2) information skills, median and technology, 3) life and career skills.

Abstract: Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kurikulum di Indonesia dalam mengahadapi tuntutan kompetensi abad 21. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kepustakaan yang akan dianalisis dan disimpulkan. Data penelitian diperoleh dari hasil pencatatan dari buku dan jurnal. Langkah-langkah pengadaan data meliputi: (1) perspektif gelobal dalam pengembangan kurikulum, (2) peran dan tantangan guru, (3) pengembangan kurikulum di indenesia. Hasil penelitian ini berupa perspektif gelobal  dalam pengembangan kurikulum: (1) aktivitas pembelajaran abad 21, (2) karakteristik pembelajaran abad 21. Adapun untuk peran dan tantangan guru meliputi: (1) peran guru pada abad 21, (2) kompetensi guru abad 21. Dan pengembangan kurikulum di Indonesia, sebagai berikut: (1) pengembangan Kurikulum di Indonesia mengahadapi tuntutan kompetensi abad 21, (2) model pembelajaran abad 21. Kesimpulan dari penelitian ini, kurikulum yang bercorak perspektfi global adalah kurikulum yang juga memuat wawasan global, bukan hanya nasional ataupun lokal. Kurikulum tersebut harus mampu membawa siswa untuk berpikir global dalam arti siswa  mampu mengungkapkan informasi sebanyak mungkin dan informasi tersebut dapat digunakan sebagai pajangan yang mengarahkan mereka menjadi warga negara yang produktif. Adapun keterampilam yang dibutuhkan pada abad 21meliputi: 1) learning  innovation skill, 2) information, median and technology skill, 3) life and carrer skill.


Keywords


Pengembangan; Kurikulum; Kompetensi Abad 21

References


Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1). Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1418

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Aktive Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Madrasah, vol. 01 No. 01 Januari-Juni. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 37. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/viewFile/14/14

Drake, S. M. (2013). Drake, Susan. M. (2013). Menciptakan Kurikulum Yang Terintegrasi Yang Berbasis Standar, Jakarta: PT Indeks. PT Indeks: Jakarta.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Galia Indonesia.

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1762

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living ‎Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan; Pengembangan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Suryanto. (2006). Persoalan Imlementasi Kurikulum, Jakarta: Kompas. Jakarta: Kompas.

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Wijaya, E. Y., & Dkk. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntuan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Universitas Kanjuruhan Malang, 263 (vol.1). http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278%20TRANSFORMASI%20PENDIDIKAN%20ABAD%2021%20SEBAGAI%20TUNTUTAN%20PENGEMBANGAN%20SUMBER%20DAYA%20MANUSIA%20DI%20ERA%20GLOBAL.pdf

Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum (Konsep Implementasi Evaluasi Dan Inovasi). Yogyakarta: TERAS.

Zubaidah, S. (2018, November 30). keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/318013627_keterampilan_abad_ke-21_keterampilan_yang_diajarkan_melalui_pembelajaran. 30 November 2018 Pukul 10:01.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam



 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id