Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa DI SDN 124 Bengkulu Utara

Haryono Haryono

Abstract


Abstract: Cultivating Attitudes of Religious Moderation in Students at SDN 124 Bengkulu Utara
The purpose of this study was to determine the efforts made by teachers in instilling religious moderation in students. This research uses qualitative research, namely this type of research explores and understands the meaning of individuals or groups derived from social problems in this research case studies. The results of this study reveal that the teacher in strengthening religious moderation for students at SDN 124 Bengkulu Utara is by conducting a plan that is prepared for the achievement of a religious moderation goal for students through direct learning and social interaction outside of school hours. Factors of PAI teachers in strengthening religious moderation for students at SDN 124 Bengkulu Utara there are 2 factors: (a) supporting factors by getting support from the principal and parents; (b) inhibiting factors lack of facilities from schools for non-Muslims.

Abstrak: Penanaman Sikap Moderasi Beragama PADA Siswa DI SDN 124 Bengkulu Utara
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian ini mengeksplorasi dan memahami makna individu ataupun kelompok yang berasal dari masalah sosial dalam penelitian ini studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru dalam penguatan moderasi beragama bagi peserta didik di SDN 124 Bengkulu Utara adalah dengan cara melakukan suatu perencanan yang disusun untuk pencapaian suatu tujuan moderasi beragama bagi peserta didik melalui pembelajaran langsung dan interaksi sosial di luar jam sekolah. Faktor guru PAI dalam penguatan moderasi beragama bagi peserta didik di SDN 124 Bengkulu Utara terdapat 2 faktor: (a) faktor pendukung dengan mendapat dukungan dari kepala sekolah dan orangtua; (b) faktor penghambat kurangnya fasilitas dari sekolah bagi non Islam.

Keywords


Sikap; Moderasi Beragama; Siswa

References


Agus dkk, Hermanto. (2018). Moderasi Beragama Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Mubadalah. Malang : Literasi Nusantara

Ahkmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia religius moderation in indonesia's diversity. Surabaya: balai diklat keagamaan. Jurnal Diklat Keagamaan Vol. 13 No. 2

Akhmad, S. (2022). Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi

Ali, M. (2020). Moderasi Beragama Konsep, Nilai, dan Strategi Pengembangannya di Pesantren. Jakarta : Yayasan Talibuana Nusantara

Aly, H. N. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Logos

Ana, R., S. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Widya Karya

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Atot, S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia Di Sekolah Dasar. Sumbang : CV Amerta Media

Dapertemen Agama RI. Al Qur’an dan Terjemahan Juz 1-30. Jakarta : PT Kumudasmoro Grafindo Semarang, 1994.

Habibur, R. (nd). Upaya Membentuk Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa Di UPT Ma’had Al Jami’ah Raden Intan Lampung.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,

Hosaini. H. (2019). Etika dan Profesi Keguruan. Malang : Literasi Nusantara

Ismail, N. (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia

Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Penanaman Keagamaan Keragaman Siswa.”Jurnal Pendidikan Islam Vol.6 No.1

Jamil, S. (2013). Guru Profesional. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA

Junihat M, S. (2022). Manajemen Pengembangan Keprofesion Guru Berbasis Produk Karya Tulis Ilmiah. Yogjakarta : Cahaya Harapan, 2022.

Khasan dkk, (2019). Ubaidullah.Membangun Karakter Moderat. Surakarta : PKPPN IAIN Surakarta

Khoerul, A. (2018). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Membangun Kesalehan Sosial Siswa SMAN 3 Yogyakarta.UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Lukman Hakim, Saifudin. Moderasi Beragama. Jakarta : Badan Lintang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Mardani, M. (2017). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Depok : Kencana,

Marzuki dkk. 92015). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Megawi, M. (2010). Perkembangan Program Pendidikan. Jakarta : IHF

Mhd, Abror. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi Kajian Islam dan Keberagamaan.Jurnal Pemikiran Islam Vol. 1 No. 2

Mohammad, F. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia.” Jurnal Raden fatah Vol. 25 No 2

Moloeng, L. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Muchith, M. S. Guru PAI Yang Profesioanl.”Jurnal Quality Vol.4 No. 2

Muhammad N, Rofik. ( 2021). Implementasi Program Moderasi Beragama Yang Dicanangkan Oleh Kementrian Agama Kabupaten Banyumas Di Lingkungan Sekolah.”Jurnal Pendidikan Vol 12.No 2

Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media

Najamiah dkk, (2020). Amir.Moderasi Beragama Antara Fakta dan Cita. Prepare : KPM Iain Prepare

Ni’matuzahroh, S. P. (2018). Obsevasi Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi. Malang : UMM Press

Prayitno, M. A. (2021). Gerakan Siswa Mengajar (GSM) Implementasi Metode Tutor Sebaya di SMPN 1 Mejayan Kabupaten Madiun.”Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 339-360.

Prayitno, M. A. (2022). Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (PTK Di MA YPIP Panjeng Ponorogo). IAIN Ponorogo

Purbajati, H. I (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah.” Jurnal Falasifa Vol. 11 No.2

Regina, A. D. (2020). Belajar dan Pembelajaran.Guepedia, 2020.

Rita, F. N. (2022). Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Di SMP N 29 Sijunjung. Jurnal Innovative Vol. 2 No. 1

Rohman, D.A (2021). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Keislaman Indonesia. Bandung : Lekkas

Sahputra, D. N. (2020). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi : Haura Studio

Sandu, Siyoto. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru PAI Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 11 No.2

Siti, R (2020). Strategi Guru PAI Dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK ALFalah Salatiga. Salatiga : LP2M Salatiga

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: mitra wacana media

Subadi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : UMS, 2016.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, N. S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, t.t.

Suvriadi, dkk, (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis,

Wahyuddin, A (2004). Pendidikan Agama Islam. Grasindo

Wukir, R. (2008). Kajian Terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru.” Jurnalisa Vol.5 No.3

Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang : UIN Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i2.5754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Haryono Haryono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id