Analisis Buku Pendidikan Agama Islam Pelajaran Akidah Dan Akhlak I Madrasah Tsanawiyah Kelas VII
Abstract
Abstract: Analysis of Islamic Religious Education Books Subjects of Faith and Morals I 8th Grade Madrasah Tsanawiyah.
This research is a content analysis that aims to describe: (1) the order of the material; (2) linguistic aspects; (3) the relevance of the proposition; (4) deficiencies or weaknesses in textbooks; and (5) recommendations. This research was conducted using a qualitative approach using content analysis techniques, with the main data source in the form of Islamic Religious Education Textbooks (Aqidah and Morals 1) for class VII Madrasah Tsanawiyah curriculum 2013, published by PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Based on the results of the analysis of the textbooks, it can be concluded that: in general, Islamic Religious Education Textbooks (Aqidah and Morals 1) for Madrasah Tsanawiyah Class VII Curriculum 2013 are appropriate books to be used as reading material and references in learning Islamic Religious Education, especially material on moral creed. The discussion material is in accordance with the curriculum, core competencies, and basic competencies.
Abstrak: Analisis Buku Pendidikan Agama Islam Pelajaran Akidah Dan Akhlak I Madrasah Tsanawiyah Kelas VII
Penelitian ini adalah analisis konten yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) urutan materi; (2) aspek kebahasaan; (3) relevansi dalil; (4) kekurangan/kelemahan pada buku ajar; dan (5) rekomendasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik analisis isi dengan sumber data utama berupa Buku teks Pendidikan Agama Islam (Akidah dan Akhlak 1) untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah kurikulum 2013 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Berdasarkan hasil analisis dari buku ajar, dapat disimpulkan bahwa: Secara umum, buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Akidah dan Akhlak 1) untuk Madrasah Tsanawiyah kelas VII Kurikulum 2013 merupakan buku yang layak untuk dijadikan bahan bacaan dan rujukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam khusunya materi akidah ahlak. Materi pembahasannya sudah sesuai dengan kurikulum, kompetensi inti dan kompetensi dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1), 26–40.
Anggraeni, A., Lubis, M. S. A., & Yulia, F. (2022). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah akhlak. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–13.
Firmansyah, F., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Studi Analisis Pemanfaatan Whatsapp dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak pada Siswa Madrasah Aliyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2886–2897.
Hidayat, M. M. (2018). Analisis Bahan Ajar Akidah Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kritis atas Buku Membina Akidah Akhlak Karya Wiyadi). Edukasia Islamika, 66–86.
Inayah, S. N. F., & Dewi, S. M. (2021). Analisis Pesan Dakwah Akidah, Akhlak dan Syari’ah dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 8(2), 235–254.
Irfan, M. I., & Rohmadi, Y. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Akidah Akhlak di MI Muhammadiyah Kartasura. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 205–228.
Kurniawati, F. E., & Miftah, M. (2015). Pengembangan bahan ajar aqidah ahklak di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367–388.
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. NUSANTARA, 2(2), 180–187.
Majid, A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya.
Nuralam, R., & Ridlo, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–75.
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366–377.
Nurochim, N., & Ngaisah, S. (2021). Analisis Isi Sikap Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 37–52.
Oktariani, S., & Kosasih, A. (2022). Analisis terhadap Capaian Hasil Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Akhlak Siswa Sehari-hari. AS-SABIQUN, 4(4), 897–911.
Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 43–48.
Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103.
Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76.
Zuhdiyah, Z. (2018). Pengembangan Bahan Ajar PAI SMP NU Palembang Berbasis Kemampuan Otak. Intizar, 24(2), 253–264.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.4707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: