Manajemen Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dalam Proses Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Islami

Yuserizal Bustami

Abstract


Abstract: Interpersonal Communication Management between Teachers and Students in the Process of Implementing Islamic-Based Character Education
This study aims to describe the management of interpersonal communication between teachers and students at Mutiara Al Madani Sungai Full Islamic Elementary School in the process of implementing character education. In addition, this research is to find out the factors that support achievement, constraints and solutions faced by schools. The descriptive qualitative research methodology was used in this study. This data is the result of interviews and observations of research objects. The number of cases of theft, violence and violence perpetrated by children is an illustration of the reality of the declining quality of character in children. This will make anyone who knows this news, sad. Therefore, character education is very important to be applied to children from an early age, because through character education from an early age, children are more directed to positive things through habituation of character values. Mutiara Al Madani Sungai Full Islamic Elementary School is one of the concerns of children's character school education. This school does its part to optimize the golden age of children. So that the application of this method in schools has succeeded in giving birth to the next generation of people who are characterized, moral, intelligent, active, creative, brave, accomplished, confident and responsible.

Abstrak : Manajemen Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dalam Proses Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Islami
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa di SD Islam Mutiara Al Madani Sungai Penuh dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor pendukung capaian, kendala dan solusi yang dihadapi sekolah. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini. Data ini merupakan hasil wawancara dan observasi terhadap objek penelitian.. Banyaknya kasus pencurian, kekerasan hingga kekerasan yang dilakukan oleh anak, merupakan gambaran dari realitas menurunnya kualitas karakter pada anak. Ini akan membuat siapa pun yang mengetahui berita ini, sedih. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat penting diterapkan pada anak sejak dini, karena melalui pendidikan karakter sejak dini, anak lebih diarahkan pada hal-hal yang positif melalui pembiasaan nilai-nilai karakter. SD Islam Mutiara Al Madani Sungai Penuh merupakan salah satu perhatian pendidikan sekolah karakter anak. Sekolah ini melakukan bagiannya untuk mengoptimalkan usia emas anak. Sehingga penerapan metode ini di sekolah berhasil melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, bermoral, cerdas, aktif, kreatif, berani, berprestasi, percaya diri dan tanggung jawab.


Keywords


Management; Interpersonal Communication; Islamic Caracter

Full Text:

PDF

References


Alkornia, S. (2016). Studi deskriptif kompetensi pedagogigik dan profesionalisme guru paud dharma wanita binaan skb situbondo. Journal Of Educational Administrasion And Policy.

Andriyanto, I. (2011). STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.21580/ws.19.1.211

Anggraini, W. N., Purwanto, A., & Nugroho, A. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.29300/IJISEDU.V2I1.2864

Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). HUBUNGAN REINFORCEMENT TERHADAP DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD PEMBINA 1 KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17

Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIPress. Jakarta.

Lestari, U. I., Suryatna, U., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Bogor, U. D. (2018). Perilaku Masyarakat the Influence of Watching Ftv of Kuasa Ilahi Against People ’ S Behavior. Ilmu Komunikasi.

Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8074

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA DI SMAN X KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Sasongko, R. N. (2006). Manajemen Pendidikan pada Sekolah Unggul (Studi Deskriptif Kualitatif pada SMP Unggul di Kota Bengkulu). Laporan Penelitian.

Susilowati, K., Sarwi, S., & Anni, C. T. (2017). Pengembangan Model Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Berbasis Kesejawatan. Educational Management, 6(1), 80–86. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/16469

Syahrum., S. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In KOMUNIKASI PENELITIAN KUANTITATIF Program Studi Jurnalistik & Humas.

Tiswarni, T. (2019). USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.4706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id