Proses Administrasi Tenaga Kependidikan sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam
Abstract
Abstract: The Administrative Process of Education Personnel as Human Resources for Islamic Education. Educational staff as human resources of Islamic education affect the achievement of good quality education, but education personnel receive less appreciation related to the quality of education. There is an assumption from some people that the quality of education is only determined by educators, this needs attention by carrying out a good administrative process for education personnel. The purpose of writing is to make a systematic, factual and accurate description, picture or painting of the facts, characteristics and relationships between phenomena in the administrative process of education personnel. The method used is a literature study with a meta-analysis approach, namely by means of content analysis and combining several types of research that have been done before. The administrative process of education personnel can be carried out through three stages, namely planning, implementation, and evaluation. Each stage of the administrative process has a relationship, especially in the implementation and evaluation, because in the implementation of the administrative process there are rights that are received by educational staff and there are obligations that must be carried out by educational staff. In fulfilling the rights and obligations of education personnel, periodic evaluations are needed which aim to determine the performance of education personnel.
Abstrak: Administrasi Tenaga Kependidikan Sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam. Tenaga kependidikan sebagai sumber daya manusia pendidikan Islam berpengaruh terhadap tercapainya kualitas pendidikan yang baik, tetapi tenaga kependidikan kurang mendapatkan apresiasi terkait dengan kualitas pendidikan. Adanya asumsi dari sebagian masyarakat bahwa kualitas pendidikan hanya ditentukan oleh tenaga pendidik, hal ini perlu mendapat perhatian dengan melakukan proses administrasi tenaga kependidikan yang baik. Tujuan penulisan adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena dalam proses administrasi tenaga kependidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan meta analisis, yaitu dengan cara analisis isi dan penggabungan beberapa jenis penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Proses administrasi tenaga kependidikan dapat dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setiap tahapan proses administrasi memiliki keterkaitan, terutama pada pelaksanaan dan evaluasi, karena dalam pelaksanaan proses administrasi ada hak yang diterima tenaga kependidikan dan ada kewajiban yang harus dilaksanakan oleh tenaga kependidikan. Dalam pemenuhan hak dan kewajiban tenaga kependidikan diperlukan evaluasi secara berkala yang bertujuan untuk mengetahui kinerja tenaga kependidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Siregar, R. T. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Islam Terpadu Daar Al Uluum Asahan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Masang, A. (2021). Hakikat pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1).
Angkotasan, S., & Watianan, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan di Kampus STIA Alazka Ambon. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Sosiologi, 4(2), 42-50.
Ikhwan, A. (2019). Sistem kepemimpinan islami: instrumen inti pengambil keputusan pada lembaga pendidikan islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 111-154.
Marliani, L. (2019). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 17-21.
Purwanto, M. N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung; Remaja Rosdakarya
Winarti, E. (2018). Perencanaan manajemen sumber daya manusia lembaga pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 1-26
Istiqomah, F. U., Aminah, S., & Ustadzia, P. A. (2024). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 1 Jember. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 108-115
Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 7-14
Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi pendidikan Islam di era 4.0. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221-239
Alam, L. (2016). Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam perguruan tinggi umum melalui lembaga dakwah kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101-119
Nasution, S. R. M. (2017). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 127-146
Nasution, S. R. M. (2017). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 127-146
Ashadi, F. (2016). Pengembangan sumberdaya manusia dalam lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 717-729.
Faisal, F., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Sistem Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Berbasis Simdik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 77-85
Tampubolon, L. D. (2018). Dampak Tekanan Ketaatan, Pengetahuan, dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 14(2), 62-70
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Evaluasi Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 1(1).
Retnawati, H., & Mulyatiningsih, E. (2013). Evaluasi program pendidikan. Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.4675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: