Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi COVID-19

Jessika Tamara, Sugiatno Sugiatno, Eka Yanuarti, Idi Warsah, Deri Wanto

Abstract


Abstract: Islamic Education Lecturers’ Learning Strategy By Making Use Of Whatsapp Media During Covid-19 Pandemic
This study aimed to find out a portrayal of learning strategy undertaken by IAIN lecturers during the Covid-19 pandemic towards Islamic Education (PAI) students in semester VI of the academic year 2019/2020 by making use of Whatsapp. This study employed a qualitative approach, and the informants were PAI lecturers and PAI department students in semester VI. The data of this study were collected using observation and interviews, and then analyzed using the approach of Miles et al, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This study concluded that the portrayal of PAI lecturers’ learning strategy by making use of Whatsapp media started from a joint commitment between students and lecturers, one of which must cooperate with each other so that learning was achieved. PAI lecturers used documents attached in PDF or MCWORD format and then sent to students via Whatsapp. When the material needed to be discussed, through WA groups students could provide feedback on the material provided. If the signal was not possible to communicate, the lecturers went to a location with a better signal and a provider with a good signal with the aim that the learning process could be carried out properly even though it was done online in midst of covid-19 pandemic as it is today.

Abstrak: Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp di Masa Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran strategi pembelajaran dosen IAIN Curup di masa pandemic Covid 19 pada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) semester VI tahun akademik 2019/2020 dengan menggunakan media Whatsapp. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sebagai informan adalah dosen PAI dan mahasiswa Prodi PAI semester VI. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara lalu dianalisis menggunakan pendekatan Miles et.al yakni Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulannya bahwa gambaran strategi pembelajaran dosen melalui pemanfaatan media whatsapp oleh dosen prodi PAI, dimulai dari komitmen bersama antara mahasiswa dan dosen salah satunya harus saling bekerja sama agar pembelajaran tercapai. Dosen prodi PAI menggunakan dokumen yang dilampirkan dalam bentuk pdf ataupun word kemudian dikirim kepada mahasiswa via whatsapp, ketika materi tersebut perlu didiskusikan, melalui grup wa mahasiswa dapat memberikan tanggapan atas materi yang diberikan. Jika sinyal tidak memungkinkan untuk berkomunikasi dosen beranjak ke lokasi dengan sinyal yang lebih baik dan provider dengan sinyal yang baik dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik meskipun dilakukan secara online di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.


Keywords


Learning Strategy; Whatsapp Media, Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Afnibar, A., & Fajhriani, D. (2020). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 70–83.

Alim, A. N. (2017). Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(01), 59–70.

Asro, M. K., & Muna, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih di MA Darussalam Krempyang Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(2), 217–228.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah, 1(2), 117–127.

Colorafi, K. J., & Evans, B. (2016). Qualitative descriptive methods in health science research. HERD: Health Environments Research & Design Journal, 9(4), 16–25.

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. N., & Kalesaran, E. R. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah dengan Keluarga. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 1–20.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1(0), Article 0. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasiswa/article/view/194

Fatkhurrokhman, M. (2016). Strategi Belajar Siswa pada Kegiatan Praktik Kerja Industri dalam Memperoleh Kompetensi. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.30870/volt.v1i1.821

Gironés Guillem, P., Burguete, D., Machado, R., Domínguez Santamaría, J. M., & Lillo-Crespo, M. (2018). Qualitative Research Process Applied to Organ Donation.

Gunawan, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Penggunaan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran IPS SD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2).

Hambali, M. (2016). Manajemen pengembangan kompetensi guru PAI. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (J-MPI), 1(1), 75–89.

Harahap, H. S. (2018). Whatsapp Sebagai Media Strategi Komunikasi Ustadzah dalam Menyampaikan Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas “Belajar Islam Seru”). DiMCC Conference Proceeding, 1, 131–150.

Hidayah, N. (2018). Analisis Kesiapan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sebagai Calon Pendidik Profesional. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 117–137.

Hidayat, S., & Lubis, M. S. I. (2019). Pengaruh Aplikasi WhatsApp Terhadap Penyebaran Informasi Kepada Pegawai Dinas Pekerjaa Umum Kecamatan Medan Kota (Studi Kasus di Unit Pelayanan Tugas Pekerjaan Umum Medan Kota). Network Media, 2(2).

Indah, N., & Hiong, L. S. (2020). Perkuliahan Jarak Jauh Prodi Manajemen FEB UWDP di Kala Pandemi. MABIS, 11(1).

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 12–24.

Jamalludin, J. (2016). Manfaat Media Komunikasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. At-Tabligh, 1(1), 14–26.

Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 51–66.

Junianti, P. S. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif dalam Pelajaran Agama Hindu. Sphatika: Jurnal Teologi, 10(2), 174–187.

Krisnawati, E. (2016). Mempertanyakan Privasi Di Era Selebgram: Masih Adakah? Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 179–200.

Leman, D., & Rahman, M. (2020). Metode Merkle Hellman Untuk Enkripsi dan Dekripsi Pesan Whatapp. Riau Journal Of Computer Science, 6(1), 45–49.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Drawing and verifying conclusions. Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Mustamin, A. A. B. (2017). Rekonstruksi Konsep Strategi Dan Perencanaan Dalam Pembelajaran. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(2), 372–387.

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016). Jurnal Professional, 4(1).

Nuraeni, S. (2019). Tantangan dalam Mengurai Benang Kusut Persuteraan Alam. Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin.

Padaga, M. C., Setianingrum, A., & Fatmawati, M. (2018). Penyakit Zoonosa Strategis di Indonesia: Aspek Kesehatan Masyarakat Veteriner. Universitas Brawijaya Press.

padli Nasution, M. I. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 10(1), 1–14.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: Jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Relita, D. T., Marganingsih, A., & Ningsih, U. I. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 4(2), 1-12–12. https://doi.org/10.15408/sd.v4i2.7986

Roulston, K. (2014). Analysing interviews. The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis, 297–312.

Safitri, M. (2020). Strategi Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran. Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 88–103.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Saragih, A., & Dalimunthe, M. (2018). Strategi Gaya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Amaliah Jurnal Pendidikan Kepada Masyarakat, 1(1), 21–24.

Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.

Srinita, N. W. (2017). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟ an dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca dan Menulis Al-Qur‟ an di SDIT Al-Azkar Pamulang.

Sugiman, S. (2019). Makna khataman al-Qur’an via WhatsApp bagi komunitas tentara langit [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Syaparuddin, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Ucu, N. L., Paturusi, S. D., & Sompie, S. R. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1).

Warsah, I. (2017). Kesadaran Multikultural sebagai Ranah Kurikulum Pendidikan. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 268–279. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.2845

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16Widyastuti, N., Widiyaningrum, P., & Lisdiana, L. (2017). Analisis Kompetensi Guru Biologi Berdasarkan Persepsi Siswa SMA di Kota Semarang. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 212–226.

Zakirman, Z., & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38.

Zam, S. Z., & Kusyairy, U. (2016). Pengaruh Strategi Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MA Abnaul Amir Moncobalang. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 17–19. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3280(3), 294572.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id