School Supervisor Performance Evaluation State Madrasah Aliyah In The City Of Bengkulu
Abstract
Abstract: School Supervisor Performance Evaluation State Madrasah Aliyah in The City of Bengkulu
This study aims to determine the performance of supervisors in Bengkulu City State state madrasah aliyah in: (1) conducting programming, (2) implementing supervision programs, (3) evaluating the results of the implementation of supervision, and (4) implementing professional guidance and training for teachers and headmaster. The research was conducted in the city of Bengkulu. This study uses the CIPP evaluation model by Stufflebeam and consists of Context, Input, Process, and Product components. This study uses a qualitative methodology with the support of a quantitative methodology. Data collection was carried out by interview, observation, document study and questionnaire. The results of the evaluation show that: (1) the activity of preparing the supervision program obtained a score of 93.75%, which is included in the very good category. (2) implementing the supervision program achieved a score of 92.05% in the very good category. (3) Evaluating the results of the implementation of the supervision program a score of 89% is in the good category. and (4) carry out professional coaching and training for teachers and school principals who get a score of 85%, including in the good category.
Abstrak: Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bengkulu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pengawas madrasah aliyah negeri Kota Bengkulu dalam: (1) melaksanakan program, (2) melaksanakan program supervisi, (3) mengevaluasi hasil pelaksanaan supervisi, dan (4) melaksanakan bimbingan profesional. dan pelatihan untuk guru dan kepala sekolah. Penelitian dilakukan di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP oleh Stufflebeam dan terdiri dari komponen Konteks, Input, Proses, dan Produk. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan dukungan metodologi kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) kegiatan penyusunan program supervisi memperoleh skor 93,75% yang termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Pelaksana program supervisi memperoleh skor 92,05% dalam kategori sangat baik. (3) Hasil evaluasi pelaksanaan program supervisi skor 89% termasuk dalam kategori baik. serta (4) melaksanakan pembinaan dan pelatihan profesional bagi guru dan kepala sekolah yang memperoleh nilai 85% termasuk dalam kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajasan, N. U. N. (2016). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MEULABOH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah.
Ardiansyah, L., & Dardiri, A. (2019). Manajemen budaya sekolah berbasis pesantren di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i1.22626
Chui Mi, L. N. (2012). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP).
Danim, S. (2003). Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Danim, S. (2011). Pengembangan profesi guru: dari pra-jabatan, induksi ke profesional madani. Kencana Prenada Media Group.
Danim, S. (2012). Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Kartimi, K., & Liliasari, L. (2012). PENGEMBANGAN ALAT UKUR BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP TERMOKIMIA UNTUK SISWA SMA PERINGKAT ATAS DAN MENENGAH. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2008
Katuuk, D. A. (2014). MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM: STRATEGI PENGUATANIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
MacBeath, J. (2003). Self-Evaluation in the Global Classroom. In Self-Evaluation in the Global Classroom. https://doi.org/10.4324/9780203167588
Mukhtar, M. (2013). Pengawasan Pendidikan. Jakarta: BPJM Press.
Musmuliadi. (2012). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.
Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93
Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.
Riyanta, T. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah Melalui Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY.
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal EVALUASI. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77
Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib.
Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. In Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.
Sudjana, N. (2011). Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.
Suharsimi, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Supadi. (2019). Kinerja Guru. In Ijrm.
Supriyanto, -, & Supriyanto, -. (2012). PENGEMBANGAN EVALUASI PETA KONSEP UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1071
Tanjung, M. A., Azmi, F., & Siahaan, S. (2017). HEADMASTER POLICY OF SENIOR ISLAMIC SCHOOL TO INCREAS TEACHER PROFESIONALISM AT STATE SENIOR ISLAMIC SCHOOL 2 MODEL MEDAN. International Journal on Language, Research and Education Studies. https://doi.org/10.30575/2017081210
Tiswarni, T. (2019). USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650
Zulkifli, Z. (2014). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Didaktika. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.505
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: