Evaluasi Strategi Pembelajaran pada Era New Normal di SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau

MUHAMMAD RIDHO NUGROHO, HADIWINARTO HADIWINARTO

Abstract


Abstract: Evaluation of Learning Strategies in the New Normal Era at SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau
Since the Covid-19 pandemic entered Indonesia in March 2020, all learning activities in schools have been stopped, from early childhood education to higher education. This has an impact on the learning process which has stagnated for several months. SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau through the LPPI (Islamic Education Development Institute) created a learning strategy during the pandemic period by continuing to apply health protocols so that the learning process was not stagnant. This study aims to evaluate the effectiveness of learning method strategies during the pandemic period designed by LPPI Raudhatul Jannah Lubuklinggau on student learning outcomes. The evaluation of the CIPP model was used with a qualitative descriptive method, conducting interviews to obtain information using questionnaires to respondents, namely the chairman of the LPPI Raudhatul Jannah. The results showed that the learning strategy in the pandemic period which was implemented in schools could work effectively, this was evident from the results of the mid-semester test of students which showed good average scores and at the time of evaluation students were able to remember and reclaim material that had been given at the time online learning.

Abstract: Evaluasi Strategi Pembelajaran Pada Era New Normal di SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau
Semenjak pandemi covid-19 masuk ke Indonesia bulan maret tahun 2020, seluruh aktivitas pembelajaran disekolah-sekolah dihentikan mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran yang mengalami stagnasi selama beberapa bulan. SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau melalui LPPI (Lembaga Pengembangan Pendidikan Islam) membuat sebuah strategi pembelajaran selama masa pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar proses pembelajaran tidak stagnan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi metode pembelajaran selama masa pandemi yang dirancang oleh LPPI terhadap hasil pembelajaran siswa. Evaluasi model CIPP digunakan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu melakukan wawancara untuk memperoleh informasi menggunakan kuisioner kepada responden yaitu ketua LPPI Raudhatul Jannah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di masa pandemi yang diterapkan di sekolah dapat berjalan efektif, hal ini terbukti dari hasil ujian mid semester yang menunjukkan nilai rata-rata yang baik serta pada saat evaluasi siswa mampu mengingat dan mengulang kembali materi yang pernah diberikan pada saat pembelajaran secara daring.


Keywords


Evaluation; learning strategy; new normal

Full Text:

PDF

References


Alimudin, A. (2015). Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen KINERJA.

Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. (2012). Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (elearning). Al-Ta'dib, 8(1), 117-140. doi:https://doi.org/10.31332/ATDB.V8 I1.396

Katuuk, D. A. (2014). MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM: STRATEGI PENGUATANIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858

Madaus, George F., Michael S. Scriven, dan Daniel L. Stufflebeam. (1983). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Menteri Agama RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Dalam Negeri RI. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/Kb/2020 Nomor 612 Tahun 2020 Nomor Hk.01.08/Menkes/502/2020 Nomor 119/4536/Sj Tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/Kb/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor Hk.03.01/Menkes/363/2020, Nomor 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Pub. L. No. Surat Edaran Nomor 4. Jakarta. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE Menteri Nomor 4 Tahun 2020 cap.pdf

Novi Rosita Rahmawati, Fatimatul Eva Rosida, Farid Imam Kholidin (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education,1 (2), 139-148.

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532.

Newman, L. J. (2007). Inside “The Black Box”: The Use of Parenting Education Curriculum In Home Visiting. University of Albany: Disertation.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal EVALUASI. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Jurnal Ummul Qura, 2(1), 20-35.

Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775

Supriyanto, -, & Supriyanto, -. (2012). PENGEMBANGAN EVALUASI PETA KONSEP UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1071

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Yuangga, D. K., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58

Setyaningrum, Ratna (2018) Implementasi Kebijakan Double Shift Schooling Di Sekolah Negeri Rajawetan 01 Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Bachelor thesis, Universitas Peradaban. http://eprints.peradaban.ac.id/405/

Smith, J. A. (2012). Parent and Parent Educator’s Understanding of The Parents as Teachers Home Visiting Program IN A Small Rural, Mid-West Community. (Disertasi). Faculty of the Graduate School University of Missouri Columbia

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al -Jabir, A., ... Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID- 19). International Journal of Surgery . https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id