Strategi Guru Alquran Hadis Dalam Meningkatkan kemampuan Siswa Menghafal Juz Amma

Khairul Anwar, Ona Yulita, Sukron Amin Sukron, Muhammad Isa Isa

Abstract


Abstract: Al Quran Hadis teachers’ strategy in improving the students’ skill in memorizing Juz Amma.
This research is motivated by education at this time facing and using sophisticated technology. This greatly affects the growth of learners in the learning process, especially in memorizing the juz Amma in the holy Quran. This study aims to analyze: 1) What strategies that teachers use in improving learners' ability to memorize Juz' Amma. 2) what strategies are used by teachers Alquran Hadith In maintaining the memorization of learners. This research is descriptive qualitative, which is to accurately explain the data found in the field that is then analyzed critically and described narratively, by looking for objects as they are originally founded. Data sources are obtained from interviews, field observations, documentation, archives, and other official documents. The results show that the strategies used are Wahdah (reciting the Quran) and Jama' (Repeating Readings). The strategy of the teacher of Alquran hadith in maintaining memorization in Madrasah Ibtidaiyah Muthi'ul Haady Bogo Rejo is through reading the surah that has been deposited when performing prayers, then by connecting the verses done with the teacher first read a verse or several verses and students imitate it. The last strategy to keep memorization is by helping friends in learning by heart.

Abstrak: Strategi Guru Alquran Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menghafal Juz Amma.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan pada saat ini yang berlangsung dengan penggunaan teknologi yang canggih. Hal demikian sangat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya dalam menghafal juz Amma. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Strategi apa yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Juz Amma. 2) strategi apa yang digunakan oleh guru Alquran Hadis dalam menjaga hafalan peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan data-data secara akurat yang ditemukan dilapangan yang selanjutnya di analisis secara kritis dan di deskripsikan secara naratif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi lapangan, dokumentasi, dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan ialah Wahdah yaitu memperbanyak bacaan Alquran dan Jama’ yaitu mengulang bacaan. Strategi guru Alquran hadis dalam menjaga hafalan di Madrsah Ibtidaiyah Muthi’ul Haady Bogo Rejo ialah dengan cara menganjurkan siswa membaca surah yang sudah disetorkan ketika melaksanakan shalat, kemudian dengan cara menyambung ayat yang dilakukan dengan guru terlebih dahulu membacakan satu ayat atau beberapa ayat dan siswa menirukannya. Adapun strategi yang terakhir agar hafalan tetap terjaga yaitu dengan cara membantu teman menghafal.


Keywords


Strategy; Alquran Hadis teacher; Memorizing Juz Amma

Full Text:

PDF

References


Al Khalil, A. D. (2011). Menghafal Alquran Tanpa Guru. Mumtaza.

Budila, A. S. (2011). Panduan Cepat Mengahafal Alquran. Diva Press.

Fadhilah, F., & Rusdin, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Metode Inside Outside Circle. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 32–37. https://doi.org/10.32489/alfikr.v4i1.39

Fadila. (2016). Mengembangkan Motivasi Belajar Melalui Locus Of Control Dan Self Esteem. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.86

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruz Media.

Iwan, B. H., & Hawari. (2018). Handbook Metodologi Studi Islam. Prenada Media group.

Iriswan, (2019). Implementasi Model Muraja‘Ah Sima‘An Intensif Dalam Menjaga Hafalan Alquran Santri | PENDAIS (e-journal.id) VOLUME 1 NO.2 DESEMBER 2019 . p-ISSN : 2685-0737 e-ISSN : 2685-0907.

Jamjami Jamjami, Rahendra Maya, Ade Wahidin Upaya Guru Tahfiz Dalam Meningkatkan Hafalan Alqur’an Peserta Didik (Studi Kelas Viii Takhassus Di Smp It Baitul Ilmi Cianjur Tahun Ajaran 2019/2020) | Jamjami | Prosa Pai : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam (Staialhidayahbogor.Ac.Id). P-ISSN: 2654-5829 E-ISSn: 2654-3753, DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i01.932

KLH. (2001). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pendendalian Pencemaran Air.

Loh Sandi, A. W., & Febrianto, A. (2020). Penerapan Metode Wahdah Sebagai Upaya Meningkatkan Tahfidzul Quran Siswa. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 37. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.37-42

Majid, A. (2013). StrategiPembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Meirani, Ngadri Yusro, Syaiful Bahri, A. (2020). Strategi peningkatan minat menghafal al quran santri di pondok pesantren arrahmah curup. Didaktika: JURNAL PENDIDIKAN, 14(1), 1–17.

Moeloeng, J. L. (2017). Metode Pennelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W. (2020). Tahsin Alquran untuk orang dewasa dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 26. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216

nurul, Q., & Irsyad, M. (2016). Metode Cepat dan Mudah Agar Anak Hafa lAlquran. Semesta Hikmah.

Pengembang, T. M. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Press.

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan (jenis, metode dan prosedur). Kencana.

Satrisno, H. (2016). Pentingnya Motivasi Diri (Selft Motivation) Dalam Membaca Alquran. Pentingnya Motivasi Diri (Selft Motivation) Dalam Membaca Alquran | Satrisno | At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam (Iainbengkulu.Ac.Id), 16(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.822

Tukijo, T., Azhar, M., Iman, M., & Azis, D. K. (2020). Pembelajaran membaca Alquran dengan metode ijtahid fi al-qira’ah. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 969–979. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.705

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Zamani, Z., & Maksum, M. S. (2014). Metode Cepat Menghafal Alquran: Belajar Pada Maestro Alquran Nusantara. Agromedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.3075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id