Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Ahklak
Abstract
Abstract: Cooperative Learning Learning Model Type Guess the Word Against Student Learning Outcomes Subject Aqidah Ahklak
Throughout the moral education process that takes place, there are several problems found in the classroom such as; Students sleep while the teaching and learning process is ongoing, students daydream or drift into their own thinking and teachers teach material many students speak for themselves. Not only that teachers here use a little learning media, but more use lecture methods that tend to be boring. In addition, students here only want to be an audience only without any interaction. This makes students a little master of the material introduced by teachers and has an impact on low student academic achievement. The study aims to see how the impact of cooperative learning methods in influencing students' learning outcomes on class VI MI student character subjects Is Thoriqotul Hasan. Classroom action research is used as a research approach (PTK). Several cycle design models of class action research are used. Action planning, execution of activities, observation/evaluation of actions, and reflection are the four steps of each cycle. This study shows the results that class VI MI student Thoriqotul Hasan can improve their learning outcomes with moral learning that applies cooperative learning type guessing words. Pre-cycle learning outcomes show this, with all students in the class scoring an average of 60 points. The grade point average in cycle 1 was 75, while the grade point average in cycle 2 was 85, indicating a significant increase.
Abstract: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Ahklak
Sepanjang proses pendidikan akidah akhlak yang berlangsung, ada beberapa permasalahan yang ditemukan di kelas seperti; siswa tidur dikala proses belajar mengajar sedang berlangsung, siswa melamun ataupun hanyut dalam pemikirannya sendiri serta guru mengajarkan materi banyak siswa berbicara sendiri. Tidak hanya itu guru disini sedikit memakai media pembelajaran, namun lebih banyak memakai metode ceramah yang cenderung membosankan. Selain itu siswa disini hanya hendak sebagai Audience saja tanpa adanya interaksi. Hal itu membuat siswa sedikit menguasai terhadap materi yang diperkenalkan guru serta berimbas kepada prestasi akademik siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak metode pembelajaran kooperatif tebak kata dalam memengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VI MI Thoriqotul Hasan. Penelitian tindakan kelas digunakan sebagai pendekatan penelitian (PTK). Beberapa siklus desain model penelitian tindakan kelas digunakan. Perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan/evaluasi tindakan, serta refleksi merupakan empat langkah dari setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa siswa kelas VI MI Thoriqotul Hasan dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan pembelajaran akidah akhlak yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe tebak kata. Hasil pembelajaran pra-siklus menunjukkan hal ini, dengan semua siswa di kelas mencetak rata-rata 60 poin. Nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 75, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus 2 adalah 85, menunjukkan peningkatan yang signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F., Roysa, M., & Erik Aditia, I. (2020). Penerapan Model Time Token Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 643–649. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.867
Baharun, H., & Badriyah, N. (2021). Representasi Nilai-Nilai Karakter Sebagai Role Model d alam Film “ Arbain ” (Sebuah Analisis Semiotik). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 436–452. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4842
Ciputra, A., Riyanto, Y., & Suhanadji. (2020). Pengembangan Media Peta Puzzle dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 730–739.
Dakir, Wibowo, A., Zamroni, Misroto, Muqoddam, A., & Bon, A. T. (2021). Efforts to Improve Student Learning Outcomes ; Identification of Learning Models in Madrasah. IEOM Society International.
Darojah, S. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Metode Market Place Activity pada Siswa Kelas XI-MIPA 4 MAN 3 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 249–255. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-13
Deni Normansyah, A. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN PPKn DALAM MATERI MAKNA PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM KEBERAGAMAN SISWA KELAS TINGGI SDN PAHLAWAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 84–102.
Ferianti, F., & Hamzah, A. (2018). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 134–143. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1647
Friantary, H., & Saputra, A. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Vct ( Value Clarification Technique ) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. At-Ta’lim, 19(1), 111–131. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i1.3760
Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN KORELASINYA DENGAN PENINGKATAN AKHLAK AL-KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 104–105.
Husna. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TEBAK KATA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN BIOLOGI PADA SMA. Jurnal Serambi Ilmu, 17(2), 104–110.
Irfangi, M. (2017). Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Kependidikan, 5(1), 87–104. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1255
Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 650–660. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884
Jannah, I. K. (2021). Revitalisasi Pemberdayaan Budaya Karakter Nuansa Religiustik dalam Membentuk Perilaku Pekerti Santri. Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan 5, No. 1 (2021): 17–34, 5(1), 17–34.
Musdalifah, D. (2019). Metode Experiental Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu. Journal of Islamic Education Research, 1(01), 65–82. https://doi.org/10.35719/jier.v1i01.11
Nurjanah, S., Rahma Yahdiyani, N., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366–377.
Priatna, A., & Patmawati, I. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(02), 187–203.
Ramdani, D., & Badriah, L. (2019). PENGARUH INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA CALON GURU PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 397–402.
Rifa’i, A., & Hayati, R. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.249
Rosmayanti, R.-R., & Kosim, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Arab Melalui Cooperative Learning Tipe Tebak Kata. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 31–44. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3523
Ryantika, P., Rati, N. W., & Garminah, N. N. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. E-Journal PGSD, 6(3), 1–10.
Satrisno, H. (2018). PENGARUH KETERAMPILAN DAN POLA KOMUNIKASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 4 KOTA BENGKULU. At-Ta’lim, 17(1), 95–108.
Sufiani. (2017). Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Manajemen Kelas. Jurnal Al-Ta’dib, 10(2), 127–144.
Sukaesih, W., Jamiludin, & Mursidin. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 20 BARUGA KOTA KENDARI. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(1), 56–67.
Suryanti, D. P., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd Negeri Dukuh 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 216–230. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.206
Sutisna, D., & Indraswati, D. (2020). KECAKAPAN MANAJEMEN KELAS GURU SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID 19. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(02), 204–220.
Syamsiyah, N., & Wedyawati, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Pesawat Sederhana Kelas V. Vox Edukasi, 8(1), 30–41.
Wahid, A. H., Baharun, H., Hidayati, W., & Bon, A. T. (2021). Information Technology in the Development of Language Aspects of Early Childhood.
Widat, F., & Efanadari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Murobbi; Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 128–142.
Wulandari, R. W., & Anggis, E. V. (2020). Pembelajaran Kooperatif Dengan Kegiatan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Di Kelas Cooperative Learning By Words Guess To Increase Student Activities in a Classroom. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 95–108.
Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-Nilai Kejujuran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(September), 163–179.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.3071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: