Motivasi Mahasiswa UIN Sunan Ampel dalam Pembelajaran Online di Era Pandemi: Tinjauan Perspektif Hamzah B. Uno
Abstract
Abstract: Motivation of UIN Sunan Ampel Students in Online Learning in the Era of a Pandemic: A Review from Hamzah B. Uno’s Perpsective In the era of the Covid-19 pandemic, the education sector underwent many changes. All learning activities, especially in tertiary institutions, are transferred online. These changes have an impact on student learning motivation. This study aims to identify and describe students' learning motivation in online learning during the Covid-19 pandemic. The method uses descriptive with a quantitative approach. The technique used in sampling was purposive sampling with respondents from Islamic Education Management students at Sunan Ampel State Islamic University Surabaya class of 2018. The data collection technique used a Google Form-based questionnaire. The research subjects consisted of 62 students. Data analysis was performed using percentage statistical formulas. The results of the study concluded that student learning motivation in online learning during a pandemic tended to be high, reaching a response of 33.09% strongly agree; 50.54% agree, and 29.12% are neutral. This finding offers new knowledge related to Hamzah B. Uno's theory of motivation and measurement, where during online learning, motivation with various levels of indicators has placed independence as the most important variable.
Abstrak: Motivasi Mahasiswa UIN Sunan Ampel dalam Pembelajaran Online di Era Pandemi: Tinjauan Perspektif Hamzah B. Uno
Di era pandemi Covid-19 sektor pendidikan mengalami banyak perubahan. Seluruh kegiatan pembelajaran khususnya di perguruan tinggi dialihkan secara daring. Perubahan tersebut memberikan dampak pada motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dan mendeskiripsikan motivasi belajar mahsiswa dalam pembelajaran online selama pandemi Covid-19. Metode menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan responden sebagian mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner berbasis Google Form. Subjek penelitian terdiri dari 62 mahasiswa. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus statistik persentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran online selama pandemi cenderung tinggi, mencapai respon 33,09% sangat setuju; 50,54% setuju, dan 29,12% netral. Temuan ini menawarkan pengetahuan baru terkait teori motivasi dan pengukuran Hamzah B. Uno, di mana selama pembelajaran daring berlangsung, motivasi dengan beragam tingkat indikatornya telah menempatkan kemandirian sebagai variabel paling penting.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, P. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Aswaja Pressindo. http://idr.uin-antasari.ac.id/5014/1/Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Afriani, Y. (2017). Pengaruh Pemberian Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. JOM FISIP, 34. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiD_5Td_tXyAhUP63MBHXinBo4QFnoECAMQAQ&url=https%3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F187867-ID-pengaruh-pemberian-motivasi-terhadap-kin.pdf&usg=AOvVaw2H__
Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794–805.
Amirulloh Syarbini., M.Ag, Sumantri Jamhari., S. A. (2012). Jika Sungguh-sungguh Pasti Berhasil. Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ye2pCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=jika+sungguh-sungguh+pasti+berhasil&ots=8FJF-iX6Xl&sig=Len7AhsLyEbIUMS3Pvnjv85SaKk&redir_esc=y#v=onepage&q=jika
Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33. https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V5I1.579
Banat, A., & . M. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Penjas Menggunakan Media Google Classroom Melalui Hybrid Learning Pada Pembelajaran Profesi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 119. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.20147
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181.
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642
Daniel Hasibuan, M. T., Mendrofa, H. K., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3(2), 387–393. https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65
Egok, A. S. (2016). Kemamapuan Berfikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 7 E, 186–199. https://media.neliti.com/media/publications/121337-ID-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kemandiria.pdf
Elihami, et.al. (2022). The Trend of “Independent Learning Independent Campus. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2, )86-96.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020a). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020b). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175.
Gow, L. &. (1990). Does higher education promote independent learning? Higher Education, 307–322.
Gusti, Sri, D. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi. Yayasan Kita Menulis, 4(3), 57–71.
Hamzah B. Uno. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan - Hamzah B. Uno - Google Buku. PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=v_crEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=indikator+motivasi+hamzah+b+uno&ots=mFY5XHIQ1m&sig=pWFZ7qAWX43OPp2zm5ZvTlaVFdE&redir_esc=y#v=onepage&q=indikator motivasi hamzah b uno&f=false
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Mardhiyana, D. (2017). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika. 5, 1–8.
Martono, H., & Junaidi H Matsum, Mp. H. (n.d.). Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal Dengan Orang Tua Asuh) ARTIKEL Oleh FRANSISKA DWI MAYASARI NIM F2191131009.
Misran, & Yunus, U. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 125–136.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63. https://doi.org/10.14710/JPU.15.1.56-63
Rakhmawati, D. (2018). Teams Games Tournament (Tgt): Improve Motivation of Studying Social Study Elementary School Students. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 17. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.26278
Riyani, Y., & Yani. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).
Salirawati, D. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, Dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1305
Sapruwan, M., & Setyawan2, S. E. (2020). Penilaian Kinerja Dosen Bidang Kompetensi Belajar Mengajar. Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 27(1), 41. https://doi.org/10.35606/jabm.v27i1.552
Sriningsih, H. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Keterampilan Proses Terhadap Antusiasme Belajar Murid inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Taneteriatan Timur Kabupaten Bone. 4.
Sur, W. A. A., HasanahMinhatul, & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika , ISSN 2599-3291 (Cetak), ISSN 2614-3933 (Online), 3(2), 40–54.
Sur, W. A. A., HasanahMinhatul, Mustofa, M. R., Daniel Hasibuan, M. T., Mendrofa, H. K., Silaen, H., Tarihoran, Y., Misran, Yunus, U. I., Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., Schuster, T., Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., Kuswanto, H., Priyastuti, M. T., & Suhadi, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3(2), 49–56. https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65
Thohir, Muhammad, et. al. (2021). From Disruption to Mobilization: IRE Teachers’ Perspectives on Independent Learning Policy. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 359-373.
Wahyuni, S. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4).
Watnaya, agus kusnayat, Muiz, M. hifzul, Sumarni, N., mansyur, agus salim, & Zaqiah, qiqi yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V1I2.1987
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Winarni, E. W. (2019). Peningkatan Sikap Rasa Ingin Tahu dan Peduli Lingkungan dan Kesehatan Menggunakan Model Discovery Learning pada Mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 22–34. https://doi.org/10.33369/DIKDAS.V2I1.8674
Wulan Sari, A. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/572
Z, Z. (2016). Profil Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 8(1), 41–46.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.35308/JBKAN.V4I1.1981
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i2.2843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: