Urgensi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Yeni Patriani, Fadhila Suskha, Idi Warsah

Abstract


Abstract: The Urgency of Evaluation of Learning Arabic for the Islamic Religious Education Study Program at UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
This study aims to evaluate Arabic language learning in the Islamic Religious Education Study Program at UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and to determine the urgency of the evaluation. This research is a descriptive research with a qualitative type. Sources of data from lecturers and students. Data collected by documentation, observation and interviews. Data analysis using data reduction, data presentation, drawing conclusions. The results showed that the evaluation of learning Arabic used in the Islamic Religious Education Study Program at UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu applied more written tests which only included writing skills, not oral tests in this case listening skills (istima'), reading (qiro'). ah), and speak (kalam). The urgency of evaluating Arabic language learning for Arabic lecturers is to determine the level of success of the teaching and learning process in the classroom. For students, the results of the evaluation can be used to determine the level of ability and mastery of the Arabic material that has been taught.

Abstrak: Urgensi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab di Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu serta untuk mengetahui urgensi evaluasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis kualitatif. Sumber data dari dosen dan mahasiswa. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu lebih banyak menerapkan tes tulis yang hanya mencakup keterampilan menulis saja, tidak dengan tes lisan dalam hal ini keterampilan mendengar (istima’), membaca (qiro’ah), dan berbicara (kalam). Urgensi evaluasi pembelajaran bahasa Arab bagi dosen Bahasa Arab adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Bagi mahasiswa hasil evaluasi dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan penguasaan terhadap materi bahasa Arab yang telah diajarkan.


Keywords


Evaluation; Learning; Arabic Languange

Full Text:

PDF

References


Ainin dkk. 2006. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Praktek). Malang: Misykat.

Al-Fauzan, Abdurrahman Ibrahim. 2011. Idla’at li Mu’allimil Lughah al-‘Arabiyah Lighairin Nathiqina Biha. Riyadh: Maktabah al-Malik Fahd.

Al-Fauzan, Abdurrahman Ibrahim. 2011. Idla’at Li Mu’allimil Lughah al ‘Arabiyyah Ligairin Nathiqina Biha. Riyadh: Maktabah al-Malik Fahd

Ba’albaky, Rahy. 1992. Al-Maurid al-Wasith. Kamus Arab Inggris. Beirut: Dar al-‘Ilmi li al-Malayin.

Ibrahim, Husein Sulaiman. 1979. Al-Ushul al-Tarbawiyah fi Bina’ al-Manahij. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Khaliq, Muhammad Abdul. 1996. Ikhtibaratul Lughah. Riyadh: Mathabi’ Jami’ah Malik Sa’ud.

Khauly, Muhammad ‘Aly. 1991. Qamus al-Tarbiyah. Inggris-Arab. Beirut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin.

Moleong, L. J. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Pressindo

Mu’in, Abdul. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.

Shaleh, Abd. Al-‘Aziz. 1969. Al-Tarbiyah al-Haditsah, Madatuha, Mabadi’uha, Tathbiqatuha al-‘Amaliyah. Kairo: Dar al-Ma’arif.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Suradi, Ahmad. 2011. Bahasa Arab dan Pembelajarannya ditinjau dari Berbagai Aspek. Yogyakarta: Pustaka Prisma

Ambiyar, & Muharika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.

Dr. Munir., M.Ag. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Kencana Pramedia Group.

Ernawati, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Pariwisata. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 4(2), 249–262. https://doi.org/doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20

Handriawan, D., & Nurman, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Sanabil.

Muhimmatul, K. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyyah Semarang (Tinjauan Masukan dan Hasil) [Tesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14109/

Munthe, B. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Ramadhani, D. A. (2019). Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab dengan Media Online Google di Perguruan Tinggi. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 85–104. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-miyar

Ridho, U. (2018). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19–44. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id