Strategi Pengembangan Pesantren Bali Bina Insani Di Tengah Masyarakat Multikultural

Ahmad Fauzi, Nurul Khalimah, Putri Khasanah, Alvi Ziyadatul Khoiriyah, Eko Sumadi

Abstract


Abstract: Strategy for Development of the Bali Bina Insani Islamic Boarding School in the Middle of a Multicultural Society
This observe especially goals to explain the heritage of the established order of the Bali Bina Insani Islamic boarding school, as well as to provide an explanation for the efforts and strategies for developing the Bali Bina Insani Islamic boarding school in developing its Islamic education and maintaining its existence in a multicultural society. The studies method used on this study is a qualitative studies method with a case examine approach. Facts series techniques had been performed via interviews, observations, and documentation which were then examined the use of the triangulation approach and analyzed using the concept of Miles & Hubarman inside the form of facts reduction, facts presentation, conclusion drawing, and records verification. The consequences of the examine suggest that the tolerance created on the Bali Bina Insani Islamic boarding school is very strong so that it can become a special strategy in developing education at the Bali Bina Insani Islamic boarding school and is capable of be an effort to hold the existence of Islamic boarding schools that stand within the midst of a multicultural society with the general public being Hindu.

Abstrak: Strategi Pengembangan Pesantren Bali Bina Insani di Tengah Masyarakat Multikultural
Penelitian ini secara spesifik bertujuan menjelaskan latar belakang berdirinya Pesantren Bali Bina Insani dan menjelasakan bagaimana upaya serta strategi pengembangan Pesantren Bali Bina Insani dalam menyebarkan pendidikan Islamnya serta mempertahankan eksistensinya di tengah rakyat multikultural. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tanya jawab, pengamatan di lapangan, serta dokumentasi yang kemudian diuji melalui metode triangulasi dan dianalisis memakai teorinya Miles & Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data, penarikan konklusi, serta pembuktian data. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa toleransi pada Pesantren Bali Bina Insani sangat kuat sehingga bisa menjadi taktik khusus pada pengembangan pendidikan Islam Pesantren Bali Bina Insani serta bisa sebagai upaya mempertahankan keberadaan (eksistensi) pondok pesantren yang berdiri di tengah warga multikultural yang dominan beragama Hindu.


Keywords


boarding school; development strategy; multicultural

Full Text:

PDF

References


Afista, Yeyen, Rifqi Hawari, and Umi Sumbulah. 2021. “Pendidikan Multikultural Dalam Transformasi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Evaluasi 5(1):128–47. doi: 10.32478/evaluasi.v5i1.602.

Aini, Ajibah Quroti. 2018. “Islam Moderat Di Pesantren: Sistem Pendidikan, Tantangan, Dan Prospeknya.” Edukasia Islamika 3(2):218–33. doi: https://doi.org/10.28918/jei.v3i2.1689.

Akbar, Nadzmi, and Muhammad Rifat. 2019. “Pengembangan Karakter Multikultural Santri Pada Pondok Pesantren Salafiyah Di Kalimantan Selatan.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 18(2):28–38. doi: http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v18i2.3372.

Anonim. 2017. “Profile Pesantren Bali Bina Insani.” Pesantrenbali.Com. Retrieved July 10, 2022 (https://pesantrenbali.com/profil-pondok-pesantren-bali-bina-insani-yayasan-la-royba/).

Arifin, Hirtsul. 2021. “INKULTURASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH PERBEDAAN MULTIKULTUR RAS , SUKU , DAN AGAMA : Studi Kasus Di Yayasan Bali Bina Insani Tabanan Bali.” Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora 2(1):81–93. doi: https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2864.

Cahyono, Heri. 2017. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN: Sebagai Strategi Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter.” At-Tajdid 1(1):26–43. doi: http://dx.doi.org/10.24127//att.v1i01.333.

Ellyana. 2019. “Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Berwawasan Multikultural.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 18(2):277–98. doi: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.1877.

Fahmi, Muhammad. 2019. “Pendidikan Multikultural Sebagai Strategi Adaptasi Pesantren Bali Bina Insani Di Daerah Minoritas Muslim Tabanan Bali.” UIN Dunan Ampel Surabaya.

Husein, Saddam. 2020. “PENDIDIKAN ISLAM DI MINORITAS MUSLIM (Suatu Tinjauan Kultur Pada Pondok Pesantren Assalam Kota Manado).” Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(1):74–83. doi: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v5i1.1461.

Insani), Nanda (santri kelas 5. Pesantren Bali Bina. 2022. Sejarah Pesantren Bali Bina Insani.

Jamal. 2022. Strategi Pengembangan Pesantren Bali Bina Insani.

Marsudi, Retno. 2016. “Bali Bina Insani Tolerance Boarding School.” in Presentation Bali Democracy Forum (BDF) IX.

Mastuhu. 1998. “Prinsip Pendidikan Pesantren.” in Manfred Open dan Wifgang Karcher, Dinamika Pesantren: Dampak Pesantren dalam Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat. Jakarta: P3M.

Naulan, Dwi Maulidyana. 2022. Sejarah Dan Profil Pesantren Bali Bina Insani.

Ningsih, Tutuk. 2019. Pendidikan Multikultural: Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Senja.

Rahman, Kholilur. 2016. “Strategi Pengembangan Nilai Toleransi Dan Pluralisme Dalam Pendidikan Pesantren.” Hikmah XII(1):107–40. doi: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v12i1.59.

Sulistyobudi, Noor, Salamun, and Bambang Suta. 2014. Implementasi Pendidikan Multikultural Di SMA Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suryana, Yaya, and A. Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural. Bandung: PUSTAKA SETIA Bandung.

Susanti, Rini Dwi. 2013. “MENGUAK MULTIKULTURALISME DI PESANTREN : Telaah Atas Pengembangan Kurikulum.” Addin 7(1):179–94. doi: https://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.575.

Syafa’at, Abdul Kholiq, Siti Aimah, Lely Ana Ferawati Ekaningsih, and Mahbub. 2014. “Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Dalam Era Globalisasi Di Kabupaten Banyuwangi.” Interferensi: Jurnal Penelitian Sosiak Keagamaan 8(1):245–69. doi: https://doi.org/10.18326/infsl3.v8i1.245-269.

Wekke, Ismail Suardi. 2018. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Minoritas Muslim Bali.” SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Dan Kemanusiaan 11(1):79–96. doi: https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v11i1.1004.

Wulandari, Taat. 2020. Konsep Dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press.

Yunus. 2018. “Prospek Pengembangan Pondok Pesantren Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(2):88–105. doi: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.894




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id