Penerapan Strategi Active Observation and Feedback dalam Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Mambaul Ulum Tejosari
Abstract
Abstract: Implementation of Active Observation and Feedback Strategy in Learning Al-Qur'an and Hadith at MTs Mambaul Ulum Tejosari, Metro Timur.
The application of the active observation and feedback strategy in learning the Qur'an and Hadith has a specific purpose, namely to increase the activeness of students in capturing subject matter with a feedback strategy, for that educators are required to be more creative in developing these strategies. . With certain efforts that have been carefully prepared by educators. The active observation and feedback learning strategy is a learning in which the activities imply all students during the learning process, namely by explaining the material that the teacher has explained to students and then students learn, so that other students Those who have not been allocated to explain this can observe and can also explain the subject matter, so that students directly share feedback on the role players, this feedback or feedback directly Observe comments directly to the player function, because feedback is in the input module which can help role player. In the implementation of learning, of course, there are certain goals that must be achieved, in achieving these goals, certain strategies and methods are needed. Strategy is an idea that has a specific purpose in the formation of an activity, such as a learning strategy. With what was explained earlier, it can be concluded that the active observation and feedback learning strategy is a learning strategy that can be used to achieve the desired goals, especially in the subject matter of the Qur'an Hadith.
Abstract: Penerapan Strategi Active Observation and Feedback dalam Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Mambaul Ulum Tejosari, Metro Timur.
Penerapan strategi active observation and feedback dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist itu memiliki tujuan tertentu, yakni untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam menagkap materi mata pelajaran dengan strategi umpan balik atau feedback, untuk itu pendidik di tuntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan strategi tersebut. Dengan usaha-usaha tertentu yang sudah dipersiapkan oleh pendidik secara matang. strategi pembelajran active observation and feedback ialah suatu pembelajaran yang disitu kegiatannya mengimplikasikan seluruh peserta didik pada saat proses pembelajaran itu berlangsung, yakni dengan cara si peserta didik ini menjelaskan materi yang sudah guru jelaskan kepada peserta didik lalu peserta didik pelajari, dengan begitu peserta didik yang lain yang belum terjatah menjelaskan ini bisa mengamati dan juga bisa menjelaskan materi pelajaran tersebut, sehingga peserta didik langsung membagikan feedback terhadap pemain peran, feedback atau umpan balik ini yang secara langsung Amati komentar langsung ke fungsi pemain, karena umpan balik ada dalam modul input yang dapat membantu pemain peran. Dalam pelaksanaan pembelajaran tentunya memiliki tujuan-tujuan tertentu yang harus di capai, dalam mencapai tujuan itu perlunya strategi dan metode tertentu. Strategi Adalah gagasan yang memiliki tujuan tertentu dalam pembentukan sebuah aktivitas, seperti strategi pembelajaran. Dengan apa yang dijelaskan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran acktive observation and feedback adalah sebuah strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mecapai tujuan yang diinginkan, khususnya pada materi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, T. S. (2020). Urgensi Pendidikan Bagi Manusia Perspektif Al-Qur’an. Al-Mufassir, 2(1).
Aprilia, R. R., & R, W. S. (2020a). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Kelas Vii Mts Maâ€Tmarif Nu 1 Ajibarang Kabupaten Banyumasp. Raushan Fikr, 9(1).
Aprilia, R. R., & R, W. S. (2020b). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Kelas Vii Mts Maâ€Tmarif Nu 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24090/Jimrf.V9i1.4134
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).
Diantoro, M, L., N. ,. Siti, Z. ,. &. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 3(1).
Fitriyani, T., & Saifullah, I. (2020). Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Uniga, 14(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.52434/Jp.V14i2.1003
H, G. (2012). Pendidikan Karakter. Alfabeta.
Hisyam, Z. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif. Ctsd.
I. G. A. K. Wardani. (2013). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1).
Mohk. Iman Firmansyah. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Ta’lim, 17(2).
Nadeem A. Memon, & Zaman, M. (2019). Philosophies Of Islamic Education. Routledge/Taylor & Francis Group.
Rahman, M. S., & Kairupan, E. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Dan Hadis. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V13i2.966
Rasikh, A. (2019). Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Sesela Dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib Kekait Lombok Barat. Jurnal Penelitian Keislaman, 5(1).
Silberman, M. (2009). Active Learning. Insan Madani.
Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai): Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Pai. Yayasan Pena.
Umar, B. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.
Wardani, I. G. A. K. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.33830/Jp.V13i1.357.2012
Zamana, M., & Rahmah, S. (2018). Kreativitas Guru Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Min Rukoh Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: