Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu

Khermarinah Khermarinah, Idi Warsah

Abstract


Abstract: Learning Methods for Islamic Religious Education for Deaf Children at the Dharma Wanita Unity Elementary School in Bengklulu Province
The research aims to find out how deaf students learn in studying PAI learning. The research method used is qualitative. Collecting data in the field then analyzed and drawn conclusions. The aspect in this study is the PAI teacher who teaches at the Dharma Wanita Association of Bengkulu Province. Data collection techniques namely; Observations, Interviews, and Documentation. The data analysis technique used is by extending observations, increasing persistence, triangulating data, using reference materials, and conducting member checks. The analyzed data is used with domain, taxonomy, componential, and cultural theme analysis. The results of the study show that learning PAI has good Al-qu'ran Hadith values and can memorize verses of the Koran well.

Abstract: Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu
Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui cara belajar siswa tuna rungu dalam mempelajari pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Mengumpulkan data-data dilapangan kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Aspek dalam penelitian ini adalah guru PAI yang mengajar di SLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Teknik pengumpulan data yaitu; Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, menggunakan bahan refrensi, dan mengadakan member check. Data yang dianalisis digunakan dengan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PAI memiliki nilai-nilai Al-qu’ran Hadis yang baik dan bisa menghapalkan ayat-ayat al-quran dengan baik.


Keywords


Learning Methods; PAI; Children with Deaf Disabilities

Full Text:

PDF

References


Amin, A. (2017). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 21(2), 157. https://doi.org/10.29300/madania.v21i2.608

Amrin, S. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Flores. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.233

Anak, U., & Dini, U. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini, 38(2), 167–186.

Araniri, N. (2019). Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh, 1(1), 1–11.

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185. https://doi.org/10.25157/wa.v7i2.3676

Bhakti, Y. B. (2017). Meningkatkan hasil belajar fisika menggunakan metode pemberian tugas terstruktur. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 138–147.

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal At-Ta’dib, 8(1), 60–61. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/download/514/453

Diah Rahmawati As’ari. (2010). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab I, 1, 113–120. http://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051

Helmi, J. (2016). Penerapan Konsep Silberman dalam Metode Ceramah pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Al-Ishlah, 8(2), 221–245. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/20/15

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Khoiri, H. (2012). Penerimaan orangtua terhadap anak retardasi mental ditinjau dari kelas sosial. Developmental and Clinical Psychology, 1(1), 21–27.

Ma’rufah, A. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Edukasia, 1(1), 125–136.

Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Mariska, M. (2021). Responsibility Guru Pendidik Agama Islam di Sekolah Luar Biasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 251–258. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/118

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Prawati, S. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN No 1 Pangalasiang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2354-614X), 6.

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradāt. Jurnal Kependidikan, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1240

Rachmawati, E. (2018). Pengaruh Program Bimbingan Orang Tua Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Tunarungu Kelas Tinggi Pada Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 57. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5903

Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Rosyidah, E. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di TPQ Al-Azam Pekanbaru. Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 181–189. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Sinaga, S. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 14. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i1.51

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah Nida Adilah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98–103. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Suntoro, R., & Widoro, H. (2020). Internalisasi Nilai Merdeka Belajar dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Mudarrisuna, 10(2), 143–165.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.

Wuryanti, S. (2018). Kemampuan Verbal Peserta Didik Tunarungu Usia 6-11 Tahun In Indonesia. Jurnal Kongres Bahasa Indonesia, 1–13.

Yusuf Ahmad, M. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SYAHRAINI TAMBAK** NIA CONSTANTIANI***. Jurnal Al-Thariqah, 2(1).

Zaenuri, Z., & Maemonah, M. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1825–1833. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1038




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id