Implementation of Learning of The Akidah Akhlak In The Character of Loving The Country
Abstract
Abstract: Implementation of Learning of The Akidah Akhlak In The Character of Loving The Country.
The purpose of this research is to describe the implementation of Akidah Ahlak learning to form the character of love for the homeland at Madrasah Ibtidaiyah. This type of research is descriptive qualitative, because the primary data are 4th grade students, and secondary data are teachers of morals and the principal of the school. Methods of data collection using the method of observation, interviews, documentation. The results of this study indicate that Public Madrasah Ibtidaiyah 04 Seluma has introduced character education to love the homeland through the study of moral creed. Although there are several obstacles, the teacher provides solutions to minimize these obstacles. So that the implementation of Akidah Akhlak Learning in to form of the Character of Love for the Homeland goes well. The attitude of love for the homeland is reflected in how we defend our homeland, are ready to sacrifice for the nation and state, love customs, culture, language and preserve nature and the environment.
Abstract: Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Akidah Ahlak alam membentuk karakter cinta tanah air pada Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena data primernya adalah siswa kelas IV, dan data sekundernya adalah guru mata pelajaran akidah akhlak dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 04 Seluma telah memperkenalkan pendidikan karakter cinta tanah air melalui kajian akidah akhlak, walaupun terdapat beberapa kendala, namun guru memberikan solusi untuk meminimalisir kendala tersebut. Sehingga Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air berjalan dengan baik. Sikap cinta tanah air tercermin dari bagaimana kita
mempertahankan tanah air kita, siap berkorban demi bangsa dan negara, mencintai adat istiadat, budaya, bahasa dan melestarikan alam dan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimni. (2017). Penerapan Pendekatatan DD&CT dengan model CA dan NHTdapat meningkatkan mutu proses pembelajaran PAI di kelas VIII A SMP Negeri 20 Bengkulu Tahun pelajaran 2016/2017. Annizom.
Abdul Majid, Anang Solihin Wardan, Dian Andayani. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Aji Bagus Priyambodo. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah Berlatar Belakang Islam Di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi.
Alfauzan Amin. (2017). Pengembangan Bahan Ajar PAI Aspek Akhlaq Berbasis Pendekatan Pembelajaran Demokratik dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMPN 12 Kota Bengkulu. MANHAJ: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Alfauzan Amin, S Zulkarnain, Sri Astuti. (2019). Implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup dan budaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 lebong. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE).
Danang Dwi Basuki, Hari Febriansyah. (2020). Pembentukan Karakter Islami melalui Pengembangan Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Najah Bekasi. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman.
Dewi Prasari Suryawati. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa, Mts Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah.
Endang Widi Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Fitria Carli Waseza. (2017). Implementasi Nilai Karakter Jujur Di Sekolah Bunda Paud Kerinci. NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan.
JM Lexy. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lulianah Mahirotul Aisah, Victor Imaduddin Ahmad, Winarto Eka Wahyudi. (2020). implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan. Sawabiq: Jurnal Keislaman.
Muchlas Samani, MS Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Hidayat Ginanjar, Nia Kurniawati. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.
Rulam Ahmadi. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Sofyan Mustoip, Muhammad Japar, Zulela MS. (2018). Implementasi Pendidikan
Karakter.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi peneliti kualitatif. Bandung: pustaka setia.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif
dan R & D). Alfabeta.
Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Research, Jilid 2.
Vivi Irma, Azhae Haq, Adi Sudrajat. (2020). Pemebentukan Karakter Siswa Melalui
Kegiatan Pembekajaran Akidah Akhlak. Jurnal Pendidikan Islam.
Wuri Wuryandani, Bunyamin Maftuh, Dasim Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: