Analysis of The Work Program of The Wahidiyah Childhood Development Agency in Internalizing Spiritual Intelligence

Rizkan Syahbudin, Giyars Giyars

Abstract


Abstract: Analysis of The Work Program of The Wahidiyah Childhood Development Agency in Internalizing Spiritual Intelligence Children are the future asset of the country. This is because they are the driving wheels of the nation's economy and education. So that on the mandate of the Prophet so as not to leave the people who are weak, it is necessary to have an institution that makes programs that prioritize children's spiritual intelligence. This needs to be done so that they will have a good mentality in the future. To find out the programs carried out by an educational institution, this research uses qualitative research methods. The objects studied in this study are efforts to improve children's spiritual intelligence to achieve educational goals, analysis of the work program of the North Bengkulu branch of the Wahidiyah Child Development Board (BPKW) based on theoretical studies related to spiritual intelligence and strategies to increase spiritual intelligence. The results of the research show that this institution has created a systematic spiritual intelligence program. Through well-scheduled religious activities.

Abstrak: Analisis Program Kerja Badan Pembina Kanak-Kanah Wahidiyah (BPKW) Dalam Internalisasi Kecerdasan Spiritual Anak anak merupakan aset masa depan negara. Hal ini disebabkan merekalah yang akan menjadi roda penggerak ekonomi dan pendidikan bangsa. Sehingga atas amanah Rasulullah agar tidak meninggalkan umat yang lemah, maka perlu lembaga yang membuat program yang mengutamakan kecerdasan spritual anak-anak. Hal ini perlu dilakukan agar mereka kelak akan punya mental yang baik. Untuk mengetahui program program yang dilakukan oleh sebuah badan pendidikan maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kecerdasan spiritual anak untuk meraih tujuan pendidikan, analisis program kerja Badan Pembina Kanak-Kanak Wahidiyah (BPKW) cabang Bengkulu Utara berdasarkan kajian-kajian teori berkaitan dengan kecerdasan spiritual dan strategi peningkatan kecerdasan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga ini sudah membuat program kecerdasan spiritual yang tersistematis. Melalui kegiatan-kegiatan keagaamaan yang sudah terjadwal dengan baik.

 


Keywords


Work Program; Childhood Development Agency; Internalizing Spiritual Intelligence

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. H. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.

Abdul Muhayya, A. S. (2001). Tasawuf dan Krisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdullah, M. A. (1996). Studi Agama: Normativitas dan Historisitas. Yogykarta: Pustaka Pelajar.

Adnan. (Januari 2017). Riyadhah Mujahadah Perspektif Kaum Sufi. Syifa al Qulub Vol. 1 No. 2, 122-131.

Agustan, A. G. (2005). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Arga.

Agustian, A. G. (2009). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power. Jakarta: Arga Publishing.

Arifin, M. (2017). Landasan Pendidikan Spiritual Abu al Qasim al Qusyairi. Miqat, 256.

Astuti, R. (2002). Ensiklopedi Tematis Spiritual Islam. Bandung: Mizan.

Awang, I. S. (2017). Startegi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Sintang: Penerbit STKIP Persada Khatulistiwa.

Azzet, A. M. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogyakarta: Kata Hati.

Chusniah, L. H. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Dasar (SD) Islam Tompokersan Lumajang. Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity (p. 205). Malang: Psychologi Forum UMM.

Darajat, Z. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi AKsara.

Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran. Padang: UNP Press.

Djamarah, S. B. (2008). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendhie, M. (n.d.). Pengantar Organisasi. Organisasi Tata Laksana dan Lembaga Kearsipan.

Farichah, T. (2021). Pengaruh SDM Dzauqiyah Terhadap SDM Akliyah. RAKERNAS BPKW (pp. 1-15). Jombang: DPP PSW.

Ghazali, A. H. (1970). Ma'arij al Quds fi Madarij Ma'rifah al Nafs. Kairo: Maktabah al Jundi.

Ghazali, I. a. (t.t). Ihya' Ulumiddin Juz 3. al Haramain.

Handoko, T. H. (2011). Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hawwa, S. (1989). Tarbiyatuna al Ruhiyah. Beirut: Dar 'Ammar.

Hendrawan, S. (2009). Spiritual Management. Bandung: Mizan.

Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Isa, A. Q. (2005). Hakekat Tasawuf. (K. A. Lubis, Trans.) Jakarta: Qisthi Press.

Jalaluddin. (1995). Memposisikan Anak Sholeh Telaah Pendidikan Terhadap Sunnah Rasulullah SAW. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Juarsih, D. d. (2014). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rhineka Cipta.

Kadir, A. (2016, Februari). Visi Spiritual dalam Islam Pengembangan Implementasi Kepribadian Muslim. p. 3.

Mahmudi. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistimologis, Isi dan Materi. Ta'dibuna, 92.

Majid, N. (2000). Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.

Marshall, D. Z. (2001). Spiritual Intelegence: The Ultimate Intelegence. London: Blommsbury.

Ma'ruf, A. M. (Tt). Pengajian Kitab al Hikam dan Kuliah Wahidiyah Jilid 5. Jombang: BTW Pusat.

Maslahah, A. A. (2013). Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Menangani Perilaku Menyimpang. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 4 No. 1, 3.

Maunah, B. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Mudlofar, M. (2019). Strategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual dalam Kependidikan Islam. Tasyri', 79.

Nafis, M. M. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Putra, A. E. (2013). Tasawuf Sebagai Terapi Atas Problem Spiritual Masyarakat Modern. Al-Adyan, 45-56.

Quthb, M. (2004). Manhaj al Tarbiyah al Islamiyah. Kairo: Dar al Syuruq.

Rahmat, J. (2000). Meraih Cinta Ilahi: Pencerahan Sufistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rianto, M. (2006). Bahan Ajar, Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ridwan, B. (2011). Potret Organisasi Keagamaan dan Respon Terhadap DInamika Kehidupan Keberagamaan di Salatiga. Inferensi, 101-120.

Rivauzi, A. (2007). Pendidikan Berbasis Spiritual: Telaah Pemikiran Pendidikan Spiritual Abdur Rauf Singkel dalam Kitab Tambihal Masyi. Padang: PPS Imam Bonjol IAIN Padang.

Rohimin. (2008). Tafsir Tarbawi Kajian Analisis dan Penerapan Ayat-Ayat Pendidikan. Yogyakarta: Nusa Media.

Rohimin. (2017). Pendidikan Spiritual Pada Anak Usia Dini. Nuansa Vo. 10 Nomor 2, 170-178.

Sagala, R. (2018). Pendidikan Spiritual Keagamaan. Yogyakarta: Suka Press.

Sanusi, R. (2006). Kuliah Wahidiyah. Jombang: DPP PSW.

Sapuadi. (2019). Strategi Pembelajaran. Medan: Harapan Cerdas.

Sari, E. (2006). Teori Organisasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Jayabaya University Press.

Shadily, J. M. (1988). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Sidiq, U. (2011). Urgensi Pendidikan pada Anak Usia Dini. Insania, 258.

Suardi, M. (2010). Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Sukidi. (2004). Rahasia SUkses Hidup Bahagia: Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktekdi Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Suprayogo, I. (2003). Telaah Peran Organisasi Keagamaan dalam Pengembangan Pendidikan, Sosial, dan Dakwah. El-Harakah, 1-8.

Supriaji, U. (2019). Konsep Pendidikan Spiritual. Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial , 11.

Suwardani, N. P. (2020). Quo Vadis Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI Press.

Syahidin. (2005). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani dalam Pembelajaran Agama di Sekolah. Tasik Malaya: Ponpes Suryalaya.

Yazdi, M. H. (1994). Ilmu Hudhuri, Terj. Ahsin Muhammad. Bandung: Mizan.

Yuliatun. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama. Thufula, 156.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id