Telaah Pemikiran Abdul Wahhab Khallaf terhadap Sumber Pendidikan Islam
Abstract
Abstract: Abdul Wahhab Khallaf's thought Analysis of the Source of Islamic Education
Educational activities carried out both in the preparation of theoretical concepts and in their operational implementation must have a solid foundation. The source of Islamic education is something that is very concerned in individual and social structuring so that it can apply Islam perfectly. The purpose of Islamic education is to help students grow and develop through the actualization of their potential based on the moral principles of the Qur'an, science and life skills. This article aims to formulate the sources of Islamic education through Abdul Wahhab Khallaf's opinion on the Al-Quran, Al-Sunnah, Al-Ijma', Al-Qiyas. This research uses a type of Library study research (Library Research) which means research by collecting data from various literatures. The literature studied is not limited to books but can also be in the form of documentation materials, e-books, journals and previous research. The emphasis of library research is to find various theories, laws, arguments, principles, opinions, ideas and others that can be used to analyze and solve the problem under study. Thus it can be concluded that Abdul Wahab Khalaf has a lot of contribution in the world of Islamic Education and is a source of Islamic Education.
Abstrak: Telaah Pemikiran Abdul Wahhab Khallaf terhadap Sumber Pendidikan Islam
Aktivitas pendidikan yang dilakukan baik dalam penyusunan konsep teoritis maupun dalam pelaksanaan operasionalnya harus memiliki dasar kokoh. Sumber pendidikan islam merupakan hal yang sangat di perhatikan dalam penataan individual dan sosial sehingga dapat mengaplikasikan islam secara sempurna. Tujuan pendidikan islam ialah membantu anak didik agar tumbuh berkembang melalui aktualisasi potensi diri berdasarkan kaidah-kaidah moral Al-Qur’an, ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Artikel ini bertujuan untuk merumuskan sumber-sumber Pendidikan islam melalui pendapat Abdul Wahhab Khallaf terhadap Al-Quran, Al-Sunnah, Al-Ijma’, Al-Qiyas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi Pustaka (Library Research) yang berarti penelitian dengan cara pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Literatur yang diteliti tidak terbatas pada buku-buku tetapi dapat juga berupa bahan-bahan dokumentasi, e-book, jurnal dan penelitian terdahulu. Penekanan penelitian kepustakaan adalah ingin menemukan berbagai teori, hukum, dalil, prinsip, pendapat, gagasan dan lain-lain yang dapat dipakai untuk menganalisis dan memecahkan masalah yang diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Abdul Wahab Khalaf memiliki kontirbusi yang sangan banyak dalam dunia Pendidikan Islam dan menjadi sumber Pendidikan Islam.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darda, A. (2015). Integrasi Ilmu dan Agama: Perkembangan Konseptual di Indonesia. 1, 40.
Deski, A. (2022). Wahab Khalaf. 7.
Hidayah, H. H. (2023). Pengertian , Sumber, Dan Dasar Pendidikan Islam. Jurnal As-Said, 3(1), 21–33. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/141
Hubbil Khair. (2022). Al-Qur’an dan Hadits Sebagai Dasar Pendidikan Islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 4.
Suprayogo, (I. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosda Karya
Islam, J. P., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2021). Jurnal An-nida ’ Pemikiran Sosiologi Politik Islam Abdul Wahhab Khallaf Arisman Lukmanul Hakim Jurnal An-nida ’ PENDAHULUAN Wacana pemikiran Islam tentang hubungan agama dengan negara mengalami sebuah dinamisasi terutama pasca kebangkrutan modernisasi seb. 45(1), 1–21.
Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2021). Pemikiran Sosiologi Politik Islam Abdul Wahhab Khallaf. 45(1), 1–21.
Muslimin, E. (2019). Qiyas Sebagai Sumber Hukum Islam. Mamba’ul ’Ulum, 15(2), 77–87. https://doi.org/10.54090/mu.25
Mustofa, I. (2021). Landasan pendidikan Islam (telaah kebijakan standar nasional pendidikan). Asosiasi Dosen Tarbiyah, 1(2), 24–33. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2337600&val=22505&title=Landasan Pendidikan Islam
Penestka. (2018). Sumber-Sumber Pendidikan Islam. UIN Alauddin Makasar, 3(1), 133–146.
Rahmatullah. (2018). Journal of qur’ ᾱ n and had ῑ th studies. 7(1), 42–60. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/journal-of-quran-and-hadith/article/view/13389
Ridwan, M., Umar, M. H., & Ghafar, A. (2021). Sumber-Sumber Hukum Islam Dan Implementasinya (Kajian Deskriptif Kualitatif Tentang Al-Qur’an, Sunnah, dan Ijma’). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 28–41.
Rudi, Suryadi, A., Tinggi, S., & Islam Al-Azhary, A. (2022). Al-Qur’an Sebagai Sumber Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(2), 93–104.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Alfabeta.
Sulistiani, S. L. (2018). Perbandingan Sumber Hukum Islam. Tahkim (Jurnal Peradaban Dan Hukum Islam), 1(1), 102–116. https://doi.org/10.29313/tahkim.v1i1.3174
Winda, C., Rizal, A. S., & Afriatin, T. S. (2017). Implementasi manajemen pendidikan islam dalam membina kepribadian islami di sma islam terpadu miftahul khoir dago bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education (Vol. 4, Issue 2).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v22i2.2547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: