Implementasi Program Maghrib Mengaji sebagai Sarana Pembelajaran Al-Quran pada Anak Usia Dini: Studi Deskriptif Kualitatif di TPQ Al Ittihad Kab. Cirebon

Hisny Fajrussalam, Widaningsih Widaningsih, Nurdiansyah Nurdiansyah, Luthfiah Nur Istighna, Cucum Nurjanah, Cheppy Risnandar Angga Widjaya

Abstract


Abstract: Implementation of Maghrib Mengaji Program as a Means of Learning Al-Quran in Early Childhood: A Descriptive Qualitative Study at TPQ Al Ittihad Kab. Cirebon

The existence of the maghrib mengaji program is a Muslim tradition that must be maintained and as an effort to promote Qur'anic learning, especially in early childhood. This study was motivated by the researcher's interest in the implementation of the maghrib mengaji program as a means of learning the Qur'an. The purpose of this study is to describe the implementation of the maghrib mengaji program as a means of learning the Qur'an for early childhood. The method used is descriptive qualitative with the research location located at TPQ Al Ittihad Cirebon Regency. The data collection techniques used were observation and interviews. The results of the study obtained data in the form of the history of the maghrib recitation program, the role of the maghrib recitation program for early childhood, the benefits of the maghrib recitation program for early childhood, implementation and obstacles in organizing the maghrib recitation program.

Abstrak: Implementasi Program Maghrib Mengaji sebagai Sarana Pembelajaran Al-Quran pada Anak Usia Dini: Studi Deskriptif Kualitatif di TPQ Al Ittihad Kab. Cirebon

Keberadaan program maghrib mengaji menjadi tradisi umat islam yang harus dipertahankan keberadaannya dan sebagai upaua mengemalkan pembelajaran Al-Qur'an khususnya pada anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penyelenggaraan program magrib mengaji sebagai sarana pembelajaran Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program maghrib mengaji sebagai sarana pembelajaran Al-Qur'an untuk anak usia dini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian bertempat di TPQ Al Ittihad Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian mendapatkan data berupa sejarah program maghrib mengaji, peran program maghrib mengaji untuk anak usia dini , manfaat program maghrib mengaji untuk anak usia dini,  implementasi serta hambatan dalam penyelenggaraan program maghrib mengaji.

Keywords


maghrib mengaji; early childhood; qur'anic learning

Full Text:

PDF

References


Albugis, E. (2012). Efektivitas penggunaan metode iqra'dalam pembelajaran al-qur'an di taman pendidikan al-qur'an Nurul Jannah arrosikhoh. Skripsi Fak: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anshar, S. (2020). Strategi Wali Nagari Kampung Temgah Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dalam Mensukseskan Program Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji. Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi, 2(2), 069-084.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Ditjen, D. J. (2013). No. 15. Jakarta: Kemenag RI.

Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69.

Hardani, d. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hernawan, D. (2017). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur'an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27-35. doi:https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Kartika, R. &. (2018). Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2), 141-148. doi:https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.185

Kartika, R. (2019). Pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Nagari Lubuk Basung (Disertasi Doktor Fakultas Ilmu Sosial).

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Keemasan, 1(02), 82-89. doi:https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Maharani, S. &. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1288-1298. doi:https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.596

Malwa, R. (2017). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur'an. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137-144. doi: https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758

Martondi, A. (2017). Efektivitas kegiatan baca al-qur’an antara maghrib dan isya di Mesjid Al-Munawwar Kelurahan Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

Nurhayati, T. N. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra (Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Nuryanta, N. (2020). Efektivitas Baca Tulis Al-Qur'an dengan Metode Iqra'di TPA Al-Furqon Dusun Rejosari, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Skripsi Universitas Islam Indonesia.

Putra, P. H. (2021). Implementasi Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji Dalam Upaya Pembinaan Keagamaan Di Desa Banjar Lopak. El-Tarwabi, 14(1), 47-66. doi:https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol14.iss1.art3

Rahman, I. A. (2021). Respon Positif Masyarakat Ahlusunnah Wal Jama'ah Terhadap Pandemi Covid-19 Menurut Maqoshid Syariah. Jurnal Islam Nusantara, 5(1), 77-87.

Sakti, H. M. (2020 Januari). Pentingnya Pendidikan Al-Qur'an Guna Menumbuhkan Akhlak Terpuji pada Anak Usia Dini di Desa Bendunganjati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Dalam Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) (pp. 179-184). Mojokerto: UNIM.

Setiawan, D. R. (2017). Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur'an di Masjid Al-Fattah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(2), 170-184. doi:https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1650

Sugestian, G. S. (2017). Pembinaan Keagamaan Masyarakat Kota Bandung Melalui Program Magrib Mengaji: Studi Kasus Pada Masjid Al-Fithroh Kecamatan Bandung Kulon. TARBAWY: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 191-206. doi:https://doi.org/10.17509/t.v4i2.8563

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Wahyu, F. (2018). Pengembangan Masyarakat Islam : Program Magrib Mengaji Kecamatan Koto Tangah Padang Sumatera Barat. Jurnal Al-Fuad, 1(2), 115-125.

Wismaningtyas, A. T. (2020). Implementasi Program Magrib Mengaji Kota Bandung. Publica :Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 12(1), 47-56. doi:https://doi.org/10.15575/jpan.v12i1.8774




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v22i2.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id