The Implementation of Islamic Education Teaching Methods in Ni'matul Habib's Perspective in the Modern Era

Akbar Aisya Billah, Basuki Basuki

Abstract


Abstract: Implementation of Islamic Education Teaching Methods According to Ni'matul Habib's Perspective in the Modern Era

Teaching methods are the art of teaching so that the material will be conveyed well to students if the right teaching methods are used. In this modern era, Islamic religious knowledge and humans are experiencing very rapid dynamism, where Islamic education will apply throughout the ages. So that by studying the sources of Islamic education in full and with a good understanding, humans can face the challenges of changing times, especially in the world of education. This research aims to describe and analyze the teaching methods of Islamic education according to Ni’matul Habib and its implementation in this modern era by looking at various development phenomena in the world of education. This research uses literature study with the main source being the book Thara'iqu Tadrisi-t-Tarbiyah Al-Islamiyyah by Ni'matul Habib. This research produces a description and application of Islamic education-based teaching methods in the modern era which include: (1) Discussion method (2) Inductive method (3) Deductive method (4) Problem-solving method (5) Cooperative method (6) Storytelling method.

Abstrak: Implementasi Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam menurut Perspektif Ni'matul Habib di Era Modern

Metode pengajaran merupakan seni dalam mengajar, sehingga materi akan tersampaikan dengan baik kepada peserta didik jika menggunakan metode pengajaran yang tepat. Di era modern ini, ilmu agama Islam dan manusia mengalami dinamisme yang sangat cepat, dimana pendidikan Islam akan berlaku di sepanjang zaman. Sehingga dengan mempelajari sumber-sumber pendidikan Islam yang utuh dan dengan pemahaman yang baik, manusia dapat menghadapi tantangan perubahan zaman terutama didalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode pengajaran pendidikan Islam menurut Ni’matul Habib dan implementasinya di era modern dengan melihat berbagai fenomena perkembangan di dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan sumber utama buku Thara’iqu Tadrisi-t-Tarbiyah Al-Islamiyyah karya Ni’matul Habib. Penelitian ini menghasilkan deskripsi dan penerapan metode pengajaran berbasis pendidikan Islam di era modern yang meliputi: (1) Metode diskusi (2) Metode induktif (Inductive method) (3) Metode deduktif (Deductive method) (4) Metode pemecahan masalah (Problem solving) (5) Metode kooperatif (6) Metode bercerita.


Keywords


Teaching method; Islamic education; Ni’matul Habib,; Modern Era

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Alfi, Y. A., & Haryadi, R. P. (2021). Kajian Dan Rekonstruksi Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Menulis Teks Narasi. ASAS : JURNAL SASTRA, 10(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26317

Andi, H. M. S., & Mujawir, W. A. S. (2023). Analisis Materi dan Metode Sintaksis Arab dalam Kitab An-Nahwu Al-Wadhih. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3(2). https://doi.org/10.32332/al-fathin.v3i02.3103

Anjarsari, E. A. (2022). Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di TK. Jurnal El-Audi, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.56223/elaudi.v3i1.44

Arifuddin, A., & Karim, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Islam; Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 13–22. https://doi.org/10.58230/27454312.76

Azizah, I. (2022). Metode Pengajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa (SLB). Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 11(1), 42–47. https://doi.org/10.29406/jpk.v11i1.1953

Dani, F. R. (2022). Pengembangan Kemampuan Fahmu Al Nahwi Melalui Kitab Nahwu Al-Wadikh Di Majelis Ta’lim PP. Al-Qodiri Jember. Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 71–84. https://doi.org/10.53515/lan.v3i2.4627

Fadlul, A. Yul., & Widiya, Y. E. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKS 9 Muhammadiyah Kota Bengkulu. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 164–174. https://doi.org/10.29300/atmipi.v21.i2.9095

Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., & Kamilah, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa? Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(September), 1805–1814. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1805-1814.2022

Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1562–1577. https://doi.org/https://doi.10.31004/cendekia.v5i2.653

Gettalia, P. B. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Melalui Metode Kooperatif Learning Di Fase E SMA Negeri 10 Padang. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(2), 133–139. https://doi.org/10.38035/rrj.v5i2.754

Habib, N. (2019). طرائق تدريس التربية الاسلامية. Al-Daleel Foundation.

Hasbullah, H. (2020). Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–21. https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i1.3770

Hayatunnida, J. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Di MIN 12 Nagan Raya. Madinah: Jurnal Studi Islam, 08(1), 11–21. https://doi.org/10.58518/madinah.v8i1.1330

Imroatul, N., & Amrin, L. F. (2022). Optimalisasi Metode Eklektik dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Kursus Bahasa Arab. TARLING: Journal Of Language Education, 6(2), 227–242. https://doi.org/10.24090/tarling.v6i2.7076

Ira. S., Ulfa. H., Cici, R. P., & Amali, J. H. M. H. (2023). Metode Kisah Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 5468–5473. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14412

Irawana, T. J. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–442. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.367

Jauhari, M. I. (2020). Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 187–210. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.138

Julia, I. D., & Raraga, M. G. (2021). Penerapan Metode Induktif Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Inpres Bere-Bere Kecil Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4421179

Kamza, M., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Khermarinah, K. (2022). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengklulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 21(1), 1. https://doi.org/10.29300/attalim.v21i1.6672

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Lutfiyana, I., Ardianto, R., & Diantoro, F. (2021). Tinjauan Histori Terhadap Permasalahan Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(2), 2548–4419. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i2.535

M. Ilyas, A. armizi. (2020). Metode Mengajar dalam Pendidikan Menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa. Al-Liqo’: Jurnal Pendidikan ISlam, 5(2), 185–196. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.244

Mudrikah, Y. (2021). Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Alam Indonesia. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, I, 528–547. https://doi.org/10.28926/jprp.v1i2.163

Muhammad, L. (2023). Model Manajemen Pendidikan Pesantren Berbasis Karakter. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–23. https://doi.org/10.55210/attalim.v9i1.848

Mulyadi, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Negeri Ngadirojo. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–23. https://doi.org/10.55210/attalim.v9i2.1229

Napitupulu, A. P., & Saragih, F. H. (2022). Analisis Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. JOTE: Journal On Teacher Education, 4, 1683–1690. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.11299

Nasution, M. H. (2020). Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.53-64

Neni Isnaeni, D. H. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jurnal syntax transformation.v1i5.69

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. CV. Budi Utama.

Prawitasari, M., Sawitri, R., & Susanto, H. (2022). Nilai-nilai Karakter dalam Buku Teks Sejarah SMA Kelas XI di SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2287–2291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2761

Putera, Z. F., & Shofiah, N. (2021). Model Kurikulum Kompetensi Berpikir Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094

Puwerman, P. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Point System Bagi Siswa Kelas X Sman 16 Tebo. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 1–23. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i4.633

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Shofia Rohmah, N. N., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127–141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415

Ridwan, A., & Mustofa, T. (2023). Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Plawad 04. ANSIRU PAI, 276–283. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16711

Rofiq, M. H., & Nadliroh, N. A. (2022). Analisis Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Sistem Kredit Semester Di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Istimewa Amanatul Ummah. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–92. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.269

Sofyan, A. . (2013). Metode Penelitian Hukum Islam, Penuntun Praktis untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Mitra Pustaka.

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur : Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pedidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.13829

Sutrisno, A., Ali, S., Rif’at, H., & Ma’afi, A. B. H. Z. (2011). أصول التربية والتعليم. Darussalam Press.

Wiwiek Afifah, D. Z. (2019). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory dan Hermeneutika Dalam Penelitian (R. Damayanti (ed.)). Pt Bumi Aksara.

Yogi, A. P., Mardepi, S, Muhammad, N. Z. P. (2023). Pengaruh Metode Induktif Dan Metode Deduktif Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 545–558. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.11829

Zuliatin, L. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar mapel matematika pada siswa kelas 2 sdn alang-alang caruban 1 tahun pembelajaran 2019/2020. Educational Technology Journal, 1(April), 31–40. https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p31-4




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v22i2.2536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id