MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS SOLUSI UNTUKMENINGKATKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Abstract
Abstract: Solution-Based Education Management Model to Improve Management of School Libraries (Action Research in SMP Negeri 5 Padang Jaya, North Bengkulu Regency). This study aims to improve the management of school libraries through Solution-Based Education Management in Padang Jaya State Junior High School The the 5th North Bengkulu Regency. The method used is action research with three cycles. The main subjects of this study were principals, teachers and staff, Padang Jaya Junior High School the 5th committee, Ministry of National Education, and other relevant institutions. The technique of collecting data uses observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by calculating the mean (weigh mean score) and matched with indicators of success. In general, it can be concluded that a solution-based education management model can improve the management of school libraries in Padang Jaya State Middle School North Bengkulu Regency.
Abstrak: Model Manajemen Pendidikan Berbasis Solusi Untuk Meningkatkan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Penelitian Tindakan Di Smp Negeri 5 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah melalui Manajemen Pendidikan Berbasis Solusi di SMP Negeri 5 Padang jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan tiga siklus. Subjek utama penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan staf, komite SMP Negeri 5 Padang Jaya, Depdiknas, serta lembaga terkait lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan perhitungan rata-rata (weigh mean score) dan dicocokkan dengan indikator keberhasilan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa model manajemen pendidikan berbasis solusi dapat meningkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 5 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Admin, (2009). Seminar Nasional Peran Teknologi Dan Komunikasi Bagi Pengembangan Perpustakaan Sekolah Di Era Global.
Agustriana, N. (2019). PENGARUH METODE EDUTAINMENT DAN IDENTITAS DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK. Al-Fitrah, 1(2), 216–228. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/1517
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketigabelas. Jakarta : Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. (1992). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara,.
Basuki, Sulistyo.(1994). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Cetakan Kedua. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Darmono, (2004). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Cetakan Ke-2. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Darmono, (2007). Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Http://Library.Um.Ac.Id/Images/Gbjps/Art01dar.Pdf12 September 2009
Daryono, (2009). Pengembangan Perpustakaan Umum Dan Perpustakaan Sekolah. Http://Daryono.Staff.Uns.Ac.Id/2009/02/12/Pengembangan-Perpustakaan-Umum-Daerah-Dan-Perpustakaan-Sekolah-Kota-Surakarta/.15 Nopember 2009
Depdikbud. (1981). Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 0103/0/1981 Tentang Poko-Pokok Kebijaksanaan Pembinaan Dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah. Jakarta.
Fattah, Nanang, (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Gulo W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta:Grasindo
Hamalik, Oemar. (1991). Perencanaan Dan Manajemen Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.
Hamdani, Idham. (2009). Perpustakaan Sekolah.
Hidayati, Sri. (2009). Kajian Tentang Pengembangan Perpustakaan Sekolah.
IFLA/UNESCO. (2002). Pedoman Perpustakaan Sekolah
Ihwan, Choirul. (2006). Manajemen Pendidikan Problematika Dan Tantangannya.
Jastiwarnita, (2006). Pemberdayaan Dan Pengembangan Perpustakaan Sekolah. Palembang: Badan Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan.
Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82
Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1762
Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183
Mujiati, (2008). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah. Https://Sdspawyatandaha2kdr.Wordpress.Com/2008/01/25/Peranan-Perpustakaan-Sekolah-Terhadap-Mutu-Pendidikan-Di-Sekolah/ 17 Agustus 2009
Permen No. 24 Tahun 2007. Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Mendiknas
Permen No. 25 Tahun 2008. Sandar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Mendiknas.
Perpustakaan Nasional. (1992). Perpusakaan Sekolah: Petunjuk Untuk Membina, Memakai Dan Memeliharaperpustakaan Di Sekolah. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.
Rahayuningsih. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Randy. (2009). Manfaat Perpustakaan Sekolah. Http://Perpus-Roendy.Blogspot.Com/2009/02/Manfaat-Perpustakaan-Sekolah.Html.12 September 2009.
Riduwan. (2006). Metode Dan Teknik Menyusun Tesis. Cetakan Keempat. Bandung: Afabeta.
Rohanda, (2000). Fungsi Dan Peranan Perpustakaan Sekolah.
Rubrik Pendidikan, 2009. Jurnal Bogor. Http://Jurnalbogor.Com/Category/Pemerintahan/Pendidikan/Page/9/15 Nopember 2009
Saleh, Ahmad. (1999). Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Hidakarya Agung
Sapri, J., Agustriana, N., & Kusumah, R. G. T. (2019). The Application of Dick and Carey Learning Design toward Student’s Independence and Learning Outcome. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 218–222). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.53
Sari, R. P., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN FLASH CARD SUBACA DI PAUD AL-ANISA BENTIRING KOTA BENGKULU. Jurnal Al-Athfaal, 1(2), 36–55.
Sasongko, Rambat Nur. (2005). Monitoring Dan Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah. Bengkulu: Prodi MMP Unib
Sasongko Rambat Nur. (2009). Model Manajemen Pendidikan Berbasis Solusi Untuk Mengatasi Sekolah Miskin. Bengkulu : Prodi MMP Unib
Sasongko Rambat Nur. (2009). Panduan Perkuliahan Manajemen Satuan Pendidikan. Bengkulu : Prodi MMP Unib.
Soelistia Dkk. (1995). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Soeatminah. (1982). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta Perpustakaan IKIP Yogyakarta.
Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparlan, (2008). Manajemen Perpustakaan (Studi Deskriptif Kualitatif Di SMP N Muara Kelingi Kabupatem Musi Rawas). Tesis Tidak Diterbitkan. Bengkulu: Program Pascasarjana Unib.
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan Disekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sutarno. (2003). Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. 2007. Jakarta. Presiden Republik Indonesia.
Widayatsari, Kun. (2008). Model Pembinaan Formal Untuk Meningkatkan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Tesis Tidak Diterbitkan. Bengkulu: Program Pascasarjana Unib.
Wijayanti. (2007). Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Pendukung Proses Belajar Mengajar.
Yulia Dkk. (1994). Pengadaan Bahan Pustaka. Cetakan Kedua. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Yusuf, M Pawit Et Al. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Zahara. Zurni. (2003). Pengantar Perpustakaan Sekolah. Http://Library.Usu.Ac.Id/Download/Fs/Perpus-Zurni2.Pdf12 September 2009
Zuriah, Nurul. (2007). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: