VISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MERESPON GLOBALISASI; Telaah Konsep Pandangan Hidup Islam

QOLBI KHOIRI

Abstract


Pemikiran Islam dalam lintasan sejarah secara, umum terbentuk melalui beberapa periodesasi yang dinamis, mulai dari periode makkah yang dibagi pada dua periode pengembangannya, periode madinah yang memberikan penguatan basis ibadah dan periode pemikiran Islam yang dibangun oleh para ulama-ulama Islam di abad pertengahan hingga abad modern. Tulisan ini mencoba mengurai mengenai pandangan hidup Islam dalam dimensi Visi hingga mengurai bagaimana repson Islam terhadap Globalisasi. Bagi Islam, apapun zamannya dan bagaimanapun situasi global dunia, ia adalah satu-satunya agama yang mampu beradaptasi, dengan tanpa menghilangkan dan mengenyampingkan nilai-nilai dasar Ke-Islaman itu sendiri. Ada beberapa hal sikap Islam yang harus dilakukan dalam rangka menghadapi globalisasi ini, yaitu; Pertama, menampilkan Islam yang lebih ramah dan sejuk, sekaligus menjadi pelipur lara bagi kegerahan hidup manusia modern. Kedua, Islam yang toleran terhadap manusia secara keseluruhan agama apapun yang diaturnya. Ketiga, menampilkan visi Islam yang dinamis, kreatif, dan inovatif sehingga bisa membebaskan umat Islam dari belenggu – belenggu dan penjara taqlid, status quo, menyukai kemapanan, dan alergi terhadap pembaharuan, Keempat, menampilkan Islam yang mampu mengembangkan etos kerja, etos politik, etos ekonomi, etos ilmu pengetahuan, dan etos ilmu pengetahuan, dan etos pembangunan. Kelima, menampilkan revivalitas Islam, dalam bentuk intensifikasi keislaman lebih berorientasi “kedalam” (inward oriented) yakni membangun kesalehan intristik dan esoteris, daripada intensifikasi diarahkan “keluar” (outward oriented), yang lebih bersifat ekstrinsik dan eksoteris, yakni sekedar kesalehan formalitas.

Keywords


Pendidikan Islam, Globalisasi

References


Abdurrahman Assegap, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004

Abu Ammar Yasir Qadhi, An Introduction to science of the Quran, Birmingham, Al-Hidayah Publishing and Distribution, 1999

Ali Asyraf, New Horizon Of Islamic Education, dalam Sori Siregar (terjemah), Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.

Al-Mawdudi, The Process Of Islamic Revolution, Lahore: 1967

Al-Parslan, The Framework For A history of Islamic Philoshopy, Al-Shajarah, (Journal of The International Institut of Islamic Thought and Civilization, ISTAC, 1996), vol 1 No. 1 & 2

De Boer, The History of Philosophy in Islam, Curzon Press: Richmoond, UK

Donald Arstine, Philosophy of Education. New York: Harper and Row, 1976

H. A. Malik Fadjar (ed), Platform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

http://oxforddictionaries.com/definition/english/globalization#globalization__11

Indra Kesuma Nasution. Dunia Islam di Tangan Globalisasi. Jurnal Wawasan, Februari 2006, Volume 11, Nomor 3 FISIP USU.

Martin Wolf, Globalisasi Jalan Menuju Kesejahteraan. Yogyakarta; Freedom Institute, 2007

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2003

Nanang Martono, Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Rajawali Pers, 2012)., Cet.2

Nurchalish Madjid. Islam Doktrin Peradaban. Jakarta: Dian Rakyat, 2008

Sudarman Danim, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Syamsuddin Arif, Prinsip-Prinsip Dasar Epistemologi Islam dalam Jurnal Islamia No. 5 Thn II April-Juni 2005

T. Raka Joni, Memicu Perbaikan Melalui Kurikulum Dalam Kerangka Pikir Desentralisasi dalam Sindunata (ed), Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita. Yogyakarta: Kanisius, 2000

Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas, terj. Bandung: Mizan,2003




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 QOLBI KHOIRI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Thank you, the journal editorial team appreciates your visit to the At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam. Think that working together will help to advance the pace of global knowledge generation and exchange. We are confident that publications in Attalim journal will contribute to the existing knowledge base, and novelty and stimulate further research in the field of islamic education. We greatly appreciate your contributions and look forward to working with you through this journal.

 


License Term:

 

You are free to: Share - copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt - remix, transform, and build upon the material; The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms: Attribution - You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes. ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original. No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.


Mailing Address:

LPPM, Pusat Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia, Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Visit Journal Publishing Office Location: