Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA DDI Ponre Kabupaten Bone

Sultan Hasanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi siswa dan pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam di MA DDI Ponre Kabupaten Bone. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yaitu angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Variabel Kompetensi Guru berada pada kategori tinggi, variabel Kompetensi Guru berada pada kategori sangat tinggi, dan kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar di MA DDI Ponre Kabupaten Bone

References


Ali Muhson. 2009. Diktat Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

A.M. Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:ajawali Pers.

Andaru Werdayanti. 2008. Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.Skripsi. Semarang: UNNES.

Armando Luis Vieira. 2011. Interactive LISREL in Practice: Getting Started witha SIMPLIS Approach. Berlin: Springer.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik danKompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Farida sarimaya. 2009. Sertifikasi Guru : Apa Dan Bagaimana?. Bandung : CV.Yrama widya.

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah. B. Uno. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di BidangPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein Umar. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdyakarya.

Popi sopiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: GhaliaIndonesia.

Rastodio. 2009. kompetensi guru. diambil dari : http://rastodio.com/pendidikan/pengertian-kompetensi-guru. html ,pada tanggal 26 september2013.

Ridaul Inayah, dkk. 2011. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Belajar Siswa, DanFasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam PadaSiswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran2011/2012. Tesis. Surakarta: UNS.

Sagala Syaiful. Sagala. 2004. Kemampuan Professional Guru Dan TenagaKependidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sultan Hasanuddin



 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id