Improving Students’ Speaking Ability Through Air Work Conversation Technique at MTs Ja-Alhaq Of Bengkulu City, Bengkulu, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui Teknik Percakapan Pasangan Kerja pada Siswa Kelas Dua Sekolah Menengah Pertama di Pondok Pesantren Ja-Alhaq Bengkulu pada tahun akademik 2017-2018. Subyek penelitian ini terdiri
dari 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Artinya peneliti berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris Pondok Pesantren Ja-Alhaq Bengkulu sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara siswa. Sebagian besar siswa secara bertahap mendapatkan nilai yang baik pada akhir setiap siklus. Kesimpulannya, Teknik Percakapan Pasangan Kerja dapat memecahkan masalah siswa dan meningkatkan kemampuan berbicara mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brown, H.D., (1994), Teaching by Principles: an Interactive Approach to
Language Pedagogy, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents.
Burns, A., & Joyce, H., (1997), Focus on Speaking, Sydney: NationalCenter
for English Language Teaching and Research
Chamot, A. U., (1993), Student Responses to learning strategy instruction in
the foreign language classroom, Foreign Language Annals 26: 308-321.
Cohen, A. (1998). Developing the Ability to Perform Speech Acts.Studies in Second Language Acquisition, 18 (2), 253–267.
Harmer, J., (2001),How to Teach English, England: Addison Wesley
Longman
Hughes, Arthur, (1990), Testing for Language Teachers, Sydney:
CambridgeUniversity Press
Hughes, Rebecca. 2006. Spoken English, TESOL, and applied Linguistics:
Challenges for Theory and Practice. Great Britain: CPI Antony Rowe
Latief, M Adnan. 2012. Research Methods on Language Learning: An
Introduction. Malang: UM Press
Nunan, D. C., (1989), Designing Tasks for the Communicative Classroom,
Cambridge: CambridgeUniversity Press
Rickheit, Gert and Strohner, Hans. 2008. Handbook of Communication
Competence. Germany
Savignon, S.J., (1983), Communicative Competence: Theory and Classroom PracticeReading, MA: Addison-Wesley.
Thornbury, Scott and Diana Slade. 2007. Conversation: From Description to Pedagogy. New York: Cambridge University Press
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i2.1412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: