Improving Students’ Speaking Ability Through Air Work Conversation Technique at MTs Ja-Alhaq Of Bengkulu City, Bengkulu, Indonesia

Dedi Efrizal

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui Teknik Percakapan Pasangan Kerja pada Siswa Kelas Dua Sekolah Menengah Pertama di Pondok Pesantren Ja-Alhaq Bengkulu pada tahun akademik 2017-2018. Subyek penelitian ini terdiri

dari 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Artinya peneliti berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris Pondok Pesantren Ja-Alhaq Bengkulu sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara siswa. Sebagian besar siswa secara bertahap mendapatkan nilai yang baik pada akhir setiap siklus. Kesimpulannya, Teknik Percakapan Pasangan Kerja dapat memecahkan masalah siswa dan meningkatkan kemampuan berbicara mereka.


Keywords


Students’ Speaking Ability; Pair Work Conversation Technique

Full Text:

PDF

References


Brown, H.D., (1994), Teaching by Principles: an Interactive Approach to

Language Pedagogy, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents.

Burns, A., & Joyce, H., (1997), Focus on Speaking, Sydney: NationalCenter

for English Language Teaching and Research

Chamot, A. U., (1993), Student Responses to learning strategy instruction in

the foreign language classroom, Foreign Language Annals 26: 308-321.

Cohen, A. (1998). Developing the Ability to Perform Speech Acts.Studies in Second Language Acquisition, 18 (2), 253–267.

Harmer, J., (2001),How to Teach English, England: Addison Wesley

Longman

Hughes, Arthur, (1990), Testing for Language Teachers, Sydney:

CambridgeUniversity Press

Hughes, Rebecca. 2006. Spoken English, TESOL, and applied Linguistics:

Challenges for Theory and Practice. Great Britain: CPI Antony Rowe

Latief, M Adnan. 2012. Research Methods on Language Learning: An

Introduction. Malang: UM Press

Nunan, D. C., (1989), Designing Tasks for the Communicative Classroom,

Cambridge: CambridgeUniversity Press

Rickheit, Gert and Strohner, Hans. 2008. Handbook of Communication

Competence. Germany

Savignon, S.J., (1983), Communicative Competence: Theory and Classroom PracticeReading, MA: Addison-Wesley.

Thornbury, Scott and Diana Slade. 2007. Conversation: From Description to Pedagogy. New York: Cambridge University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i2.1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam



 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id