PENGARUH KETERAMPILAN DAN POLA KOMUNIKASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 4 KOTA BENGKULU
Abstract
Salah satu unsur atau komponen penting dalam pendidikan yakni, adanya pendidik atau guru. Dimana Kualitas dan mutu kegiatan belajar dan mengajar ditentukan juga dengan sejauh mana keterampilan dan komunikasi yang dibangun oleh guru. Guru adalah faktor penentu bagi keberhasilan pendidikan di sekolah, karena guru merupakan sentral serta sumber kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan Pertama, untuk mengetahui pengaruh langsung dan positif keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu. Kedua, untuk mengetahui pengaruh langsung dan positif pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu. Ketiga, untuk mengetahui secara bersama- sama pengaruh langsung dan positif keterampilan dan pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Kota Bengkulu?
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif tipe expost facto, dimana penelitian ini hanya menyebarkan angket kepada responden tidak melakukan manipulasi atau melakukan penelitian eksperimen. Adapun instrumen dalam pengumpulan data, yakni angket dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 35 .
Hasil penelitian secara parsial menunjukan adanya pengaruh yang positif dan langsung keterampilan mengajar terhadap hasil belajar siswa, dimana t hitung> t tabel(2.713 >2.042). Kemudian secara parsial pula tidak ada pengaruh yang positif dan langsung pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dimana t hitung< t tabel(1.243 <2.042). Sedangkan secara bersama sama terdapat pengaruh yang positif dan langsung keterampilan dan pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, dimana F hitung > F tabel (14,047 > 3.30).Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Artikel Pendidikan, Pengertian Pendidikan Menurut Ahli (http:///expresisastra.blogspot.com). Diakses tanggal 10 januari 2014, 2013
Aqib, Zainal, Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendekia, 2002
Bahri Djamarah, Syaiful, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002
-----------------------, Guru dan Peserta didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka, 2005
Basyiruddin, Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Pers, 2002
Budiono, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya:Karya Agung, 2005
Chalidjah, Hasan, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya : Al-Ikhlas, 1994
Depag RI. 2005. Al-Jum’anatul ‘Ali Al-Qur’an Dan Terjemahanya. CV Penerbit J-ART : Bandaung.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka cipta, 2013
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2004
Hasibuan, JJ dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar. Cetakan Ketigabelas. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2010
Kunandar, Penilain Autentik. Jakarta : PT Raja Grafindo, 2013
Marno dan Idris, Strategi Dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Mimin, Haryati, Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press, 2009
Mulyana,Deddy.Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Mulyasa, Menjadi Guru Yang Profesional. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya, 2009
Uchjana Effendy, Onong. Ilmu komunikasi, teori dan praktek (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2010
Prihartono, Yoga“ Komunikasi Pembelajaran” didownload pada tanggal 23 mei 2014 dari http://yogoz.wordpress.com.2011
Purwanto,Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajarzzn. Bandung:Remaja Rosdakarya , 2004
Salim, Haitami dan Kurniawan, Syamsul. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Shannon dan Weaper , Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Gramedia, 2004
Uzer Usman, Moh. 2009. Menjadi Guru Profesional. Cetakan Kedua puluh Tiga.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Hengki Satrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Thank you, the journal editorial team appreciates your visit to the At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam. Think that working together will help to advance the pace of global knowledge generation and exchange. We are confident that publications in Attalim journal will contribute to the existing knowledge base, and novelty and stimulate further research in the field of islamic education. We greatly appreciate your contributions and look forward to working with you through this journal.
License Term: At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam by Pusat Publikasi Ilmiah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. You are free to: Share - copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt - remix, transform, and build upon the material; The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms: Attribution - You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes. ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original. No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits. |
LPPM, Pusat Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia





