PENILAIAN SIKAP AFEKTIF SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENILAIAN MATA PELAJARAN ILMU SOSIAL
Abstract
Penilaian pembelajaran pada umumnya hanya difokuskan pada aspek kognitif saja. Pada saat ini sedang digalakkan penilaian berbasis sikap afektif siswa, dalam rangka memenuhi target pemerintah untuk menanamkan pendidikan karakter. Aspek penilaian afektif meliputi 1) Attending atau Receiving, 2) Respond, 3) Valuing 4) Organization, 5) Characterization by evalue or calue complex. Aspek-aspek tersebut dimanifestasikan ke dalam butir-butir instrumen kuesioner. Setelah itu diberikan skor terhadap jawaban-jawaban yang telah dituliskan oleh siswa. Setelah skor diberikan, maka dapat dilakukan interpretasi skor menjadi kategori-kategori yang dapat dijadikan acuan penilaian apakah siswa tersebut telah selesai melakukan target pencapaian pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dari berbagai refrensi penelitian dan textbook. Pembuatan instrumen penilaian ini harus mengacu pada kisi-kisi instrumen yang memenuhi 5 (lima) aspek penilaian afektif
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agus Sri Mulyanto. (2008). Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru
Dan Konsep Diri Guru Dengan Kinerja Guru Kelas V Sekolah Dasar
Negeri Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008/2009.
Tesis tidak dipublikasikan Program Studi Teknologi Pendidikan
Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Ahmad Fatah Yasin. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru
Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Kasus di MIN Malang I).
Jurnal EL-QUDWAH - Volume 1 Nomor 5, edisi April 2011.
Malang
Borg, W.R. & Gall, M.D.(1983). Educational Research. New York: Longman.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 Th. 2003 tentang Sisdiknas
beserta penjelasannya.Jakarta. Depdiknas
DirjenPendidikanTinggi.(2010).
KerangkaAcuanPendidikanKarakterTahunAnggaran 2010. Jakarta:
KementerianPendidikanNasional.
Indrwati & Wanwan Setiawan.(2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif dan
Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung. PPPPTK IPA untuk
Program Bermutu.
Wahyudi. (2010). Standar Kompetensi Professional Guru. Jurnal Pendidikan
Sosiologi dan Humaniora. Volume 1 No 2 Oktober 2010. Pontianak
Widoyoko. (2012). Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta.
Pustaka Pelajar
Rizal, Syamsul, Yusrizal, (2014). Improving Students’ Reading
Comprehension By Using Concept Mapping At Sixth Semester Of
Pgsd Program Of Open University Of Bengkulu. Atta’lim : Media
Informasi Pendidikan Islam,13(1), 45-64/.
https://www.wawasanpendidikan.com/2016/08/Ranah-Afektif-
Pengertian-dan-Aspek-Aspek-serta-Hubungannya-dengan-RanahKognitif-dan-Psikomotorik.html
http://abazariant.blogspot.com/2012/10/definisi-kognitif-afektif-dan-
psikomotor.html
http://hipni.blogspot.com/2011/09/strategi-pembelajaran-afektif.html
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/08/model-
pembelajaran-afektif-sikap/
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/17/penilaian-
pembelajaran-siswa-dalam-ktsp/
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/01/penilaian-hasil-
belajar/
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-ranah-
afektif/
https://media.neliti.com/media/publications/87773-ID-elaborasi-aspek-
afektif-untuk-kegiatan-b.pdf
https://news.detik.com/wawancara/d-3323020/profesor-finlandia-
perhatikan-kualitas-pengajaran-bukan-lamanya-belajar
http://www.teoriuntukguru.com/2017/03/belajar-dari-pendidikan-
finlandia.html
https://santisusanti1995.wordpress.com/2013/12/10/taksonomi-bloom-
ranah-kognitif-afektif-dan-psikomotor-serta-identifikasipermasalahan-pendidikan-di-indonesia/
https://www.kompasiana.com/alifianahr/55283fcdf17e6111318b45a7/sk
ala-likert-sebagai-teknik-evaluasi
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 IRWAN SATRIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Thank you, the journal editorial team appreciates your visit to the At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam. Think that working together will help to advance the pace of global knowledge generation and exchange. We are confident that publications in Attalim journal will contribute to the existing knowledge base, and novelty and stimulate further research in the field of islamic education. We greatly appreciate your contributions and look forward to working with you through this journal.
License Term: At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam by Pusat Publikasi Ilmiah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. You are free to: Share - copy and redistribute the material in any medium or format; Adapt - remix, transform, and build upon the material; The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms. Under the following terms: Attribution - You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use. NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes. ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original. No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits. |
LPPM, Pusat Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia





