The Relationship of The School Chairman’s Duties As A Supervisor With The Teacher’s Understanding In Developing The Learning Plan In Public High School 3 Sekayu

Samsilayurni Samsilayurni, Hadiwinarto Hadiwinarto

Abstract


Abstract: The Relationship of The School Chairman’s Duties As A Supervisor With The Teacher’s Understanding In Developing The Learning Plan In Public High School 3 Sekayu
One of the tasks in teaching is to make learning tools, but there are still teachers in schools who do not understand how to prepare lesson plans and sometimes find it difficult to develop lesson plans components. This study aims to determine the relationship between the principal's duties as supervisors and the understanding of teachers in the preparation of lesson plans at SMA Negeri 3 Sekayu. The population in this study were 30 teachers, so that all of them were used as research samples. The quantitative descriptive method is applied using a questionnaire instrument. Based on the results of hypothesis testing, it shows that there is a significant relationship between the duties of the principal as a supervisor and the understanding of the teacher in preparing RPP SMA Negeri 3 Sekayu. With the correlation value of person or rcount, namely 0.656> r table, namely 0.361 with a significant level of 5%. So it can be concluded that there is a relationship between the principal's duties as supervisors and the teacher's understanding in preparing RPP at SMA Negeri 3 Sekayu. Suggestions to school principals and teachers to continue to improve understanding in lesson planning (RPP).

Abstract: Hubungan Tugas Ketua Sekolah Sebagai Pengawas Dengan Pemahaman Guru Dalam Menyusun Rencana Pembelajaran Di SMA Negeri 3 Sekayu
Salah satu tugas dalam mengajar adalah membuat perangkat pembelajaran, tetapi masih ada guru di sekolah yang belum memahami cara menyusun RPP dan terkadang merasa kesulitan untuk mengembangkan komponen RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tugas kepala sekolah sebagai pengawas dengan pemahaman guru dalam penyusunan RPP di SMA Negeri 3 Sekayu. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 guru, sehingga semuanya dijadikan sampel penelitian. Metode Deskriptif Kuantitatif diterapkan dengan menggunakan instrumen angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tugas kepala sekolah sebagai pengawas dengan pemahaman guru dalam menyusun RPP SMA Negeri 3 Sekayu. Dengan nilai korelasi person atau rhitung yaitu 0,656> rtabel yaitu 0,361 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tugas kepala sekolah sebagai pengawas dengan pemahaman guru dalam penyusunan RPP di SMA Negeri 3 Sekayu. Saran kepada kepala sekolah dan guru agar terus meningkatkan pemahaman dalam penyusunan rencana pelajaran (RPP).


Keywords


Headmaster; Supervisor; Lesson plan

Full Text:

PDF

References


Ajasan, N. U. N. (2016). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 MEULABOH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah.

Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. CV. Yrama Widya.

Aqib, Z., & Rohmanto, E. (2007). Membangun profesionalisme guru dan pengawas sekolah. Bandung: Yrama Widya, 62, 63–64.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN, FASILITAS PEMBELAJARAN, DAN MUTU SEKOLAH. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Chui Mi, L. N. (2012). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP).

Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 49–56.

Fathurrahman, F. (2018). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH. JURNAL REFORMA. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i1.38

Febriyanti, F. (2017). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Patra Mandiri Plaju Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 58–75.

Karwati, W. (n.d.). SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SDN SANTAKA KECAMATAN CIMANGGUNG DALAM MELAKSANAKAN STANDAR PROSES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Pedagogik Pendidikan Dasar, 6(1), 41–97.

Kuncoro, H., Suntoro, I., & Kandar, S. (2015). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN, 3(1).

Kusumastuti, A., & Octoria, D. (2016). Faktor-Faktor Penghambat Guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi Di Smk Negeri 3 Surakarta. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(1).

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.

Neuman, W. L. (2013). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.33369/JIP.3.1.54-65

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Journal EVALUASI. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Sukarya, E. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI PENDAMPINGAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 611–617.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id