Eksistensi Ma’had Al-Jami’ah Dalam Penguatan Moderasi Beragama Pada Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Abstract: The Existence of Ma’had al-Jami’ah in Strengthening Religious Moderation in the Era Industrial Revolution 4.0
The industrial revolution gave rise to digitalization, offering freedom of expression, triggering exclusive religious doctrinal content to develop and target students, on the other hand, the input of new students has various educational backgrounds, especially knowledge of Islamic sciences. Ma'had al-jami'ah is present as a form of institutionalizing the transmission of the Islamic boarding school's scientific tradition and also strengthens the paradigm of Islamic scientific building. For this reason, the purpose of this study is to reveal the movement of Ma'had al-Jami'ah in strengthening religious moderation in the era of the industrial revolution 4.0. This study uses a qualitative method with an analytical descriptive approach, which provides an overview of the object under study, then focuses on the problem and then processed and analyzed to draw conclusions. The results of the study show that (1) the joint commitment of all academics to synergize in mainstreaming religious moderation through the ma'had al-jami'ah program, (2) Integration of the Ma'had al-Jamiah program with Islamic scientific study programs as a support for qualification achievement. graduates with studies on deradicalization of religious understanding through programs to strengthen religious moderation, 3) Ma'had al-Jami'ah connects with other science tools in a multidimensional era in teaching the study of Islamic sciences in the form of study conten or moderate digital-based narratives.
Abstrak: Eksistensi Ma’had al-Jami’ah dalam Penguatan Moderasi Beragama di Era Revolusi Industri 4.0
Revolusi industri memunculkan digitalisasi menawarkan kebebasan berekspresi memicu konten doktrinisasi keagamaan ekslusif berkembang dan menyasar kepada kalangan mahasiswa, disisi yang lain input mahasiswa baru memiliki beragam latarbelakang pendidikan khususnya pengetahuan ilmu-ilmu keislaman. Ma’had al-jami’ah hadir sebagai bentuk pelembagaan transmisi tradisi keilmuan pesantren dan juga menguatkan paradigma bangunan keilmuan keislaman. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengungkap gerak Ma’had al-Jami’ah dalam penguatan moderasi beragama di era revolusi industry 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik yakni memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti selanjutya memusatkan permasalahan dan kemudian diolah dianalisis untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu (1) Komitmen bersama semua civitas akademik untuk bersinergi mangarusutamakan moderasi beragama melalui program ma’had al-jami’ah, (2) Integrasi program Ma’had al-Jamiah dengan mata kuliah keprodian keilmuan keislaman sebagai penunjang capaian kualifikasi lulusan dengan muatan kajian deradikalisasi pemahaman keagaman melalui program penguatan moderasi beragama, 3) Ma’had al-Jami’ah mengkoneksikan dengan perangkat ilmu lainya di era multidimensi dalam pengajaran kajian ilmu-ilmu keislaman berbentuk konten kajian atau narasi moderat berbasis digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. (2014). Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi: Formulasi Karakteristik, Popularitas, dan Materi di Jalan Dakwah. Addin, 8(2), 319–344. https://doi.org/10.21043/addin.v8i2.600
Akbar,W. BIN Ungkap 39 Persen Mahasiswa Terpapar Radikalisme.cniindonesia.com dikutip 29/4/2018 dari: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180429023027-20-294442/bin-ungkap-39-persen-mahasiswa-terpapar-radikalisme
Arif. BNPT: Mahasiswa Rentan Terpapar Radikalisme. Merdeka.com dikutip 1/11/2019 dari: https://www.merdeka.com/peristiwa/bnpt-mahasiswa-rentan-terpapar-radikalisme.html
Arifin, J. (2017). TEOLOGI KEBINEKAAN DALAM PEMIKIRAN M. AMIN ABDULLAH. Tesis UIN SUKA.
Buku Panduan Ma’had al-Jami’ah Angkatan XVII Tahun 2019 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (2019).
Diu, A. (2018). Pemikiran M. Amin Abdullah tentang Pendidikan Islam dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 1–15.
Ekawati, Suparta, M., & Sirin, K. (2018). Moderasi Kurikulum Perguruan Tinggi Islam dalam Deradikalisasi Agama di Indonesia. Istiqro’, 16(1), 139–178. http://istiqro.kemenag.go.id/index.php/istiqro/article/view/97/82
Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital. ICRHD: Journal of Internantional Conference, 195–202.
Gunadha,R.,& Yasir, M. Survei Setara: UI, UGM, IPB, dan 7 PTN Lainya Terpapar Paham Radikalisme. Suara.com dikutip 31/5/2019 dari: https://www.merdeka.com/peristiwa/bnpt-mahasiswa-rentan-terpapar-radikalisme.html
Hafid, A., Yazid, M. A., & Arifin, J. (2019). Buku Panduan Ma’had al-Jami’ah dan Pedoman Pelaksanaan Mitra Kerja Pendidikan Pesantren Mitra IAIN Pekalongan.
Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182
Huda, M., Hidayat, M. M., Makmun, Mufid, M., Abadi, K., Yazid, M. A., Fauzi, R., Arifin, J., & Priyanto, A. (2020). Buku Panduan Ma’had al-Jami’ah IAIN Pekalongan.
Imron, A., & Slamet, M. (2010). Kepemimpinan Kyai dalam Perubahana Manajemen Pondok Pesantren: Kasus PP Tebuireng Jombang. Yogyakarta, Adatya Media.
Iqbal, M. (2020). Pendidikan Terbelah: Telaah Posisi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Moch. Iqbal 1 1. At-Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 287–302. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i2.3576
Islam, D. J. P. (2011). Kementerian Agama RI. Intruksi Penyelenggaraan Pesantren Kampus, 12(3), 4–6.
Jumaeda, S. (2017). Ma’had al-Jamiah di Institut Agama Islam Negeri Ambon. Al-Iltizam, 2(1), 1–11.
Kemenag. (2014). Peraturan menteri agama republic Indonesia nomor 13 tahun 2014 tentang pendidikan keagamaan Islam.pdf (pp. 1–23).
Kemenag. (2019). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Issue 9).
Khamdan, M. (2016). Penanganan Potensi Radikalisme. Journal.Stainkudus.Ac.Id, 10(1), 207–232. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/1135
Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2416
Masyitoh, D., MNustika, R. D., Alfaza, A. S., A.F., H., & Hasyim, U. A. F. A. (2020). Amin Abdullah dan Paradigma Integrasi Interkoneksi. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 108–116. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Mufid, F. (2016). Radikalisme Islam dalam Perspektif Epistemologi. Addin, 10(1), 61–82.
Nasih, A. M., Sultoni, A., & Kholidah, L. N. (2020). Kajian Konten Media Sosial untuk Penguatan Literasi Dakwah Islam Moderat Guru dan Santri di Pesantren. Jurnal KARINOV, 3(3), 174–180.
Priyatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensipendidikan Islamdi Era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 1–19.
Purwaningrum, S. (2019). SPIRITUALISASI HUMAN BEING DALAM PENDIDIKAN ISLAM. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 3(2).
Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Edukasi, 17(2), 294708.
Rokhmad, A. (2012). Radikalisme Islam Dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 79. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.185
Saufi, M. (2018). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4052 Tahun 2018. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Jami’ah, 2(17), 227–249.
Sefriyono, S. (2020). Jihad Digital: Pembingkaian Narasi Kontra Radikalisasi NU Online di Dunia Maya. Fikrah, 8(1), 19. https://doi.org/10.21043/fikrah.v8i1.7214
Suardi. (2018). Implementasi Program Ma’ Had Dalam Meningkatkan Wawasan Keislamaan Mahasiswa (Studi Penelitian pada Rusunawa UIN ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi.
Subana, M. (2001). dkk. 2001. dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Wibowo, A., & Dakwah, F. (2019). Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Strategi Pesan. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 85–103. https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/edu/article/view/971
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.3067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: