Implementasi Pendekatan Penilaian Acuan Normatif (PAN) Dan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP) Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI Sma Gema 45 Surabaya)

Dewi Nur Annisa Aliyan, Fifin Dayanti

Abstract


Abstract: Implementation of the Normative Reference Assessment Approach (PAN) and Benchmark Reference Assessment Approach (PAP) in Evaluating Student Learning Outcomes (Case Study of Class XI Students of SMA Gema 4 Surabaya).
Assessment is a very important part of the evaluation process. Evaluation is one of the learning component sub-systems that participate in providing quality assurance for the continuity of learning in the following stages. There are two assessment approaches in evaluating learning outcomes, namely norm-based assessment (PAN) and benchmark-based assessment (PAP). The object of this research is class XI students of SMA Gema 45 Surabaya, more specifically PAI subjects. The method used in this research is a qualitative case study. The results obtained are that in assessing learning outcomes, teachers at SMA Gema 45 Surabaya do not yet know about norm-based assessment (PAN) and benchmark-based assessment (PAP), so the two assessment approaches have not been applied.

Abstrak: Implementasi Pendekatan Penilaian Acuan Normatif (PAN) dan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI SMA Gema 4 Surabaya)
Penilaian merupakan salah satu hal yang terpenting dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Sedangkan evaluasi yakni bagian dari sub-sistem komponen belajar yang dapat memberikan jaminan kualitas atau mutu pada kelangsungan pembelajaran pada tahap selanjutnya. Di dalam penilaian, terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan dalam mengevaluasi hasil belajar, yakni penilaian yang berpatokan pada norma (PAN) dan penilaian beracuan pada patokan (PAP). Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Gema 45 Surabaya lebih khusus pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang diperoleh yakni bahwa dalam penilain hasil belajar, guru di SMA Gema 45 Surabaya belum mengetahui mengenai penilaian beracuan norma (PAN) dan penilaian beracuan patokan (PAP), sehingga pendekatan kedua penilaian tersebut belum diterapkan


Keywords


Implementation; PAN; PAP

Full Text:

PDF

References


Abduh, M. (2014). Evaluasi pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(1).

Abi Hamid, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Adi, N. (2010). Pelaksanaan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 321–327.

Alfath, K. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–28.

Amelia, R. N., & Setiawati, F. A. (2016). APLIKASI MODEL PENSKORAN EQUAL WEIGHTING DAN DIFFERENTIAL WEIGHTING UNTUK MENGESTIMASI SKOR KIMIA SISWA. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 4(1), 80–89.

Anjani, D., & Hamdani, A. R. (2018). Penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 243–278.

Hikamudin, E., & Hairun, Y. (2021). Analisis Disparitas Skor Tampak dan Estimasi Skor Murni dengan Pengkategorian Acuan Normatif pada Tes Hasil Belajar Siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1).

Magdalena, I., Mulyani, F., Faridah, D. N., Fitriyani, N., & Delvia, A. H. (2020). Analisis Sistem Penilaian Kurikulum 2013 di SDN Bencongan 01. EDISI, 2(3), 333–341.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Nurlatifah, S. W. (2020). MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di SD Negeri Cintaasih). FKIP UNPAS.

Rindiantika, Y. (2020). Guru Dalam Perspektif Kinerja: Kajian Teori. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 60–70.

Rizki, H. T. N., Frentika, D., & Wijaya, A. (2018). Exploring students’ adaptive reasoning skills and van Hiele levels of geometric thinking: a case study in geometry. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12148.

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103.

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan teknik evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1).

Sriyanto, A. (2019). Teknik Pengolahan Hasil Asesmen Penentuan Standar Asesmen, Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Acuan Norma (PAN). Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 5(2), 224–240.

Sumanik, N. B., Parlindungan, J. Y., Andari, G., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Sebagai Evaluasi Hasil Belajar disertai Asessment Online. Musamus Journal of Science Education, 4(1), 14–21.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013). Pengaruh model pembelajaran quantum terhadap kecerdasan sosio-emosional dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD di Banyuning. Ganesha University of Education.

Tarmini, W., Safi’i, I., Witdianti, Y., & Larassaty, S. (2020). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui webinar evaluasi hasil belajar bagi guru-guru MTs Al-Ma’arif 1 Aimas. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 53–62.

Widiyono, A. (2021). Penerapan ZD SOft Screen Recorder terhadap Hasil Belajar Materi PAP & PAN di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 269–280

Wiyasa, I. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Zahara, N. Z. N. (2018). Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Web Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X Man Model Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i2.2839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by:

 
        

 
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia
 
Email: talim@mail.uinfasbengkulu.ac.id