Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi
Abstract
Abstract: Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi
Cara seseorang belajar adalah perpaduan unik dari kemampuannya untuk menyerap, mengatur, dan menganalisis pengetahuan. Setiap anak memiliki beberapa gaya belajar yang unik untuk menggapai tujuan pembelajaran. Kemampuan instruktur untuk mengenali tren gaya belajar akan membantu kemajuan proses belajar mengajar pada gaya belajar visual, auditorial, dan kinestik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengkaji gaya belajar siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar pada pelajaran Agama Islam. Metode kuantitatif digunakan dengan metode korelasional dan alat pengumpulan data berupa observasi dan angket. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling, dengan 383 siswa menanggapi. Korelasi bivariat pearson adalah pendekatan analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X (gaya belajar siswa) cukup baik dan variabel Y (hasil belajar PAI) sangat baik, sedangkan uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar agama Islam. pendidikan di SMPN 3 Air Gegas dengan koefisien 0,320 dan nilai signifikansi 0,004 antara kedua variabel, menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Abstract: The Relationship of Student Learning Styles on Learning Outcomes of Islamic Religious Education During the Pandemic
The way a person learns is a unique blend of his ability to absorb, organize, and analyze knowledge. Every child has several learning styles that he uses to achieve learning goals. The instructor's ability to recognize trends in learning styles will help advance the teaching and learning process. This study aims to describe and examine student learning styles in relation to learning outcomes in Islamic religious lessons. This research is a quantitative research using correlational methods and data collection tools in the form of observations and questionnaires. The sample size was determined using a non-probability sampling technique, with 383 students responding. Pearson bivariate correlation is a data analysis approach used to test hypotheses. The results showed that variable X (student learning style) was quite good and variable Y (PAI learning outcomes) was very good, while the correlation test showed that there was a significant relationship between student learning styles and Islamic religious learning outcomes. education at SMPN 3 Air Gegas with a coefficient of 0.320 and a significance value of 0.004 between the two variables, indicating that Ha is accepted and H0 is rejected.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol.1 No.1.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik (p. hlm. 202). Rineka Cipta.
As’ari, R. (2018). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan dan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya. Jurnal Goeeco, hlm. 9-18.
Bire, A. L. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik, Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Vol.44 No., hlm.173.
Bugin, B. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya) (p. hlm. 132). Kencana Praneda Media Group.
DJasari. (2013). Pengaruh Sikap Risiko Sharing dan Knowladge Self-Efficary Terhadap Informal Knowladge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY. Jurnal Nominal, Vol.2 No.2, hlm. 200.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi 7, p. hlm. 52). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian; Skripsi, Tesis, Disertasi dan Ilmiah, (p. hlm. 38). Prenadamedia Group.
Nurhidayanti. (2019). Perbandngan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Yang Memiliki Gaya Belajar Berbeda Dengan Menggunkan STAD Di Kelas VII SMPN-1 Kota Besi Kabupaten Kota Waringin Timur”. Institut Agama Islam Negeri Pangkalan Raya.
Ghozali, M., & Yuselia, Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar … 121
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, Vol.9 No.3, hlm. 25.
Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SMP Negeri 1 Pugur Lampung Tengah.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, (p. 308). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi, Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Edukasi: Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Vol. 16 No, hlm 168.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Jurnal Mosharafa : Pendidikan Matematika, Vol.5 No.3, hlm. 14.
Syah, D. (2007). Pengantar Statistik Penelitian (p. hlm.13). Gaung Persada press.
Wo, E. (2018). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar PAI Kelas V MIS Al- Munawwarah Terang Kab. Manggarai Barat Flores.
Zulkifli, M. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, Vol.6 No., hlm. 87-97.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i1.3068
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: