Pengaruh Strategi Blended Learning Terhadap Efektivitas PTM Terbatas Pada Pembelajaran PAI
Abstract
Abstract: The Effect of Blended Learning Strategies on the Effectiveness of Face-to-Face Learning Is Limited to Islamic Religious Education Subjects
This study aims to determine the influence of blended learning strategies on the effectiveness of limited PTM at PAI learning in SMAN 1 Garut. The applied method is a quantitative method, with inferential descriptive analysis techniques. There were 177 respondents selected using probability sampling techniques. The analytical techniques used are descriptive analysis techniques, validity tests, realability tests and cholera tests. The results showed that blended learning strategies had a positive effect on the effectiveness of limited PTM where Tcount 11,616 > Ttable 1,974. While the value of the coefficient of determination is 34% which indicates the large contribution of influence. And the remaining 66% were influenced by other variables that were not studied. Thus, the results obtained show that there is an influence of blended learning strategies on the effectiveness of face-to-face learning limited to PAI learning.
Abstrak: Pengaruh Strategi Blended Learning Terhadap Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran PAI
Penelitian ini berorientasikan pada besaran pengaruh nilai signifikasi dari strategi blended learning terhadap efektivitas PTM terbatas pada pembelajaran PAI yang bertempatan di SMAN 1 Garut. Metode yang diterapkan adalah metode kuantitatif, dengan teknik analisis deskriptif inferensial. Terdapat sebanyak 177 responden dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis yang diterapkan adalah teknik analisis deskriptif, uji validitas, uji realiabilitas dan uji kolerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi blended learning berpengaruh positif terhadap efektivitas PTM terbatas dimana Thitung 11,616 > Ttabel 1,974. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 34% yang menunjukkan besar kontribusi pengaruhnya, dan sisanya 66% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh strategi blended learning terhadap keefektivitasan PTM terbatas pada pembelajaran PAI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, J. (2020, March 4). Should Schools Close When Coronavirus Cases are Still Rare? Quarz. https://www.google.com/amp/s/qz.com
Aryati, A., & Azizah, N. (2020). Analisis Kajian Penelitian Tentang Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran PAI Pada Masa Pandemi COVID-19. 19(2), 401–415. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i2.3933
Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Cluver, L., Lachman, J. M., Sherr, L., Wessels, I., Krug, E., Rakotomalala, S., Blight, S., Hillis, S., Bachman, G., Green, O., Butchart, A., Tomlinson, M., Ward, C. L., Doubt, J., & McDonald, K. (2020). Parenting in a time of COVID-19. In The Lancet (Vol. 395, Issue 10231, p. e64). Lancet Publishing Group. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30736-4
Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Rodakarya.
Fatonah, N., Muhamad, N., Fadilah, N. M., & , M. (2022). Learning Islamic Religious Education and Character at Elementary School Levels During the Pandemic. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 218–228. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.2098
Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. 2(2), 121–145.
Hidayah, A. A. F., Al-Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial; Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 21(2), 53–56. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33319/sos.v21i2.61
Kemendikbud. (2020). KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. http://aksi.puspendik.kemdi
Masripah. (2020). SWOT E- Learning Berbasis Al Quran Pada Masa Pandemi Covid-19. 12(2), 328–336. https://doi.org/http://dx.doi.otg/10.52434/jp.v14i2.1000
Menteri, S. 4. (2021). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri dalam Negeri RI No 03/KB/2021; No 384 Tahun 2021; No HK.01.08/Menkes/4242/2021; N0 440-717 Tahun 2021 tentang aturan pelaksanaan pembelajaraan selama covid-19
Mija, H., Murniati, B., Palma Jadur, K., & Martalia Jehudin Program Studi Pendidikan Ekonomi, K. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Sukawati The Effectiveness Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic At SMA Negeri 1 Sukawati.
Mohammad Nasrullah, Y., Fauzan Wakila, Y., Tri Lestari Surachman, Y., Miksalmina, Y., & Moch Dhiyauddin, F. (2022). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Program Kuliah Kerja Nyata Di Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Pengabdian Masyarakat M Nasrullah dkk (Vol. 01).
Mubarok, R. (2022). DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Vol. 1, Issue 1). https://journal.yp3a.org/index.php/DIAJAR
Mulyani, & Fadriati. (2022). Analisis Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 3(1), 14–20. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9136
Munawaroh, N., & Ijudin. (2018). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM PADA ANAK USIA DINI (Penelitian di TK Persis Rancabogo Tarogong Kidul Kabupaten Garut). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v12i1.818
Mustafa, S., Mustikaningsih, H., & Imayanti, R. (2021). DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH ATAS Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA.
Nasution, N., Nizwardi Jalinus, & Syahril. (2019). BUKU MODEL BLENDED LEARNING.
Nata, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Prenadamedia Group.
Pengelola Web Kemdikbud. (2020, March 24). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-Terbitkan-Se-Tentang-Pelaksanaan-Pendidikan-Dalam-Masa-Darurat-covid19.
Pratiwi, W. D. (2021). DINAMIKA LEARNING LOSS: GURU DAN ORANG TUA. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.
Rohmawati, A., Rawamangun Muka, J., & Timur, J. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. 9(1), 15–32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta,cv.
Suprahatiningrum, J. (2015). Strategi Pembelajaran teori dan aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Surachim, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda. Alfabeta.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Publishing: Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia. Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan), 10(2), 80–90.
Undang-Undang Perguruan Tinggi Nomer 12 Tahun 2012, tentang pendidikan jarak jauh. (n.d.).
Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30–44. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v20i2.2845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: