Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned)
Abstract
Abstract: Effectiveness of Improving Islamic Religious Education Learning Outcomes through KWL (Know-Want To Know-Learned) Strategy
The teacher uses a learning pattern called the learning strategy to achieve learning objectives. The reason for this examination os to figure out how compelling the KWL learning system is to further develop understudy learning results in PAI subjects. Classroom action research was used with Twenty-two fourth graders from SDN 20 Bengkulu City served as the study's participants. This study's data were collected through observation, tests, and documentation methods. Moreover, the information investigation strategy utilized is rate. Student learning outcomes in the pre-cyle were 53.63 with classical completeness of 36.36%. Based on the findings of the research that was carried out. In cycle I, understudy learning results expanded with a typical score of 68.63 with 68.81% old style fulfillment. Bedides, in cycle II, understudy learning results expanded again with a typical sore of 79.09 and 90.9% old style culmination.
Abstract: Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned).
Untuk memperoleh hasil dari suatu pembelajaran, diperlukan penerapan pola-pola tertentu yang dituangkan dalam sebuah strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mencari tahu seberapa efektifnya strategi pembelajaran KWL dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menerapkan metode PTK atau penelitian tindakan kelas, subjek penelitiannya ialah siswa kelas IV SDN 20 Kota Bengkulu dengan jumlah 22 siswa. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Setelah melakukan rangkaian penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil belajar siswa pada pra siklus diperoleh 53,63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36,36%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 68,63 dengan ketuntasan klasikal 68,81%. Selanjutnya pada siklus ke II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan kembali dengan nilai rata-rata 79,09 dan ketuntasan klasikal 90,9%.”
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Nasihin. (2015). PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMAN 1 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. El-Hikmah.
Akhiruddin, K. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jurnal TARBIYA.
Alannasir, W. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANNURUKI. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Alidawati, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berupa Rumah Adat Tentang Keragaman Budaya Di Indonesia Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Kota Mukomuko. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 78–84. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/1686/1440
Damayanti, D. R., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian two-Tier Multiple Choice Question Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Tema Mata Sebagai Alat Optik. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 252–261. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22984
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Eriza Nur Hidayanti, D. (2016). Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom Dalam Bentuk Moving Class Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 11–26. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2039
Kurniawati, K. (2018). Peranan Motivasi Berprestasi, Budaya Keluarga dan Perilaku Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar PAI. DAYAH: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.2963
Kuswanto, E. (2015). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. MUDARRISA: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.764
Lenggono, W. (2019). Peran Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Penggunaanya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 157. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1612
Masniwati, H. B. (2018). Upaya Meningkatkan Aktifits dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 45 Mataram Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 22–30. https://doi.org/2442-9511
Mawardi, I. (2013). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN KARAKTERISTIKNYA. Jurnal Ilmu Tarbiyah.
Mustonah, S. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA CILEGON BANTEN. TANZHIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 41–48.
Ogle, D. M. (1989). The know, want to know, learn strategy. Children’s Comprehension of Text: Research into Practice, 205–223.
Parisi Dosen, S., Ketua, D., Pengembangan, L., & Asing, B. (2017). Peran Guru PAI dalam Upaya Deradikalisasi Siswa. Safina; Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Rahayu, R., Guru, P., Dasar, S., & Abstrak, I. A. (2016). PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SD MELALUI PENILAIAN PRODUK PADA PEMBELAJARAN MIND MAPPING. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(1). https://doi.org/10.24176/JKG.V2I1.562
Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Sa’i, A., & Sulistiyo, R. (2015). Peranan Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.
Sari, I. K., & Yunianta, T. N. H. (2017). EFFORTS TO IMPROVE MATH LEARNING RESULT OF FOURTH GRADE STUDENTS THROUGH CONTEXTUAL MODEL TEACHING AND LEARNING WITH CUISENAIRE RODS MEDIA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 143. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p143-152
Soleh, D. H. P., Abidin, Z., & Ariati, J. (2011). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunanetra Sekolah Dasar Slb Negeri 1 Pemalang. Jurnal Psikologi, 10(2), 115–125.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v22i1.2737
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Indexed by: