Penguatan Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Bagi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4 Kabupaten Sorong
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulgani, R. (1964). Nasionalisme Asia. Jakarta: Yayasan Pancaka.
Afwan, B.A.(2015). Potensi Kearifan Lokal untuk Perdamaian di Tanah Papua. Yogyakarta: CRCS.
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah Yogyakarta: Ombak.
Creswell. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fimansyah, W, & Kumalasari, Dyah. (2015). “Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme melalui Pembelajaran Sejarah di SMA Kebangsaan Yogyakarta. Istoria”. Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Vol. 10. No. 2.
Kartodirdjo, S.1999). Multidimensi Pembangunan bangsa etos nasionalisme Negara kesatuan. Yogyakarta: kanisius.
Lestari, S., Saraswati, U., & Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 205-215.
Martaniah, S.M. (1990). Konsep dan Alat Ukur Kualitas Berbangsa dan Bernegara. Laporan Penelitian. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Mavroudi, E., Holt, L. (2015). (Re)constructing Nationalisms in Schools in the Context of Diverse Globalized Societies. In: Matejskova, T., Antonsich, M. (eds) Governing through Diversity. Global Diversities. Palgrave Macmillan, London.https://doi.org/10.1007/978-1-137-43825-6_10
Meteray, B. (2012). Nasionalisme Ganda Orang Papua. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya offset.
Rindha W, dkk. (2017). Tema:6 (Rekayasa Sosial dan Pengembangan Pendesaan) Kerentanan Radikalisme Agama Di Kalangan Anak Muda. Purwokerto: Prosiding Seminar Nasional dan Call For Pappers, Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII.
Romualdi, K.B. (2020). Peserta Didik Perlu Belajar Sejarah. Dalam K.B. Romualdi, Notula Aksata (Hal.84). Malang: Madza Media.
Saprillah. (2019). “Siswa Papua Dan nasionalisme yang baik – baik saja?”. Jurnal MIMIKRI: Volume 5 Nomor 2Tahun 2019. https://blamakassar.e-journal.id/mimikri/article/view/283
Soedjatmoko. (1984). Dimensi manusia dalam pembangunan: pilihan karangan. Jakarta: Lembaga penelitian, pendidikan, dan penerangan Ekonomi dan Sosial.
Tran, T. B. L., Ho, T. N., Mackenzie, S. V., & Le, L. K. (2017). Developing assessment criteria of a lesson for creativity to promote teaching for creativity. Thinking skills and creativity, 25, 10-26.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i2.4080
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia