Pembelajaran Pendidikan Multikulturalisme Berbasis Sejarah Lokal Cirebon-Indramayu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atja. (1972). Tjarita Pirwaka Tjaruban Nagari (Sedjarah Mulajadi Tjirebon), Jakarta: Ikatan Karyawan Museuum
Defining “Multicultualism”, dalam http://www.ifla.or/publication/defining multiculturalism
Fernando, M.R. (1982). Peasant and Plantation Economic: The Social Impact of The European Plantation in Cirebon Residency from Cultivation System to The End of the Twentieth Century. Ph.D. Thesis Monash University.
Hardjasaputra, A Sobana dan Tawalinuddin Haris (ed.). 2011. Cirebon dalam Lima Zaman (Abad ke-15 Hingga Pertengahan Abad ke-20). Badung: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.
Kuntowijoyo. (1998). Pokok-Pokok Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Bentang
Ma’mun, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi IPS SMA NU Juntinyuat Indramayu Melalui Penerapan Metode Assure. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora. Vol 7 (1), 28-39. DOI: https://doi.org/10.37842/sinau.v7i1.57
Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Steven J. Stein, and Book Howard E. (2003). Ledakan EQ: 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, terj. Trinanda Rainy Januarsari dan Yudhi Murtanto, Bandun: Kaifa.
Subagya. (2010). Paradigma Pedagogi Reflektif. Mendampingi Peserta Didik Menjadi Cerdas dan Berkarakter. Yogyakarta: Kanisius.
Sudjana, N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Supardi. (2014). Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Pondasi dan Aplikasi Volume 2, Nomor 1 Tahun 2014
Suparlan, P. (2002). “Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural,” Makalah. Disampaikan pada Simposium Internasional Bali ke-3, Jurnal Antropologi Indonesia, Denpasar Bali, 16-21 Juli 2002.
Suparno. (2015). Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Veth, P. J. (1882). Java, Geographisch, Ethnologisch, Historisch (Vol. 3). Erven F. Bohn.
Wahana, P. (2016). Mengenal Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dalam Pendidikan untuk Membangun mnuai yang Cerdas dan Humanis. Dalam http://journaluny.ac.id.
Zuhdi, S., dkk. (1991). Cirebon sebagai Bandar Jalur Sutera: Kumpuloan Makalah hasil Diskusi Ilmiah. Jakarta: Proyek Inventarisasi Sejarah Nasional: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v6i1.3995
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Publishing Office Location:
Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia