Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berupa Rumah Adat Tentang Keragaman Budaya Di Indonesia Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Kota Mukomuko

Alidawati Alidawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) di Kelas V SDN 03 Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko. Tujuan penelitian ini adalah agar hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan media gambar berupa rumah adat pada pelajaran IPS tentang keragaman suku budaya di Indonesia. Berdasarkan penelitian, hasil belajar siswa yang sebelumnya tidak memenuhi standar minimal, setelah  menggunakan media gambar berupa rumah adat mengalami peningkatan. Mulai dari dari prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II. Jumlah siswa seluruhnya di SDN 03 Kota Mukomuko sebanyak 200 orang, yang terdiri dari 8 Rombongan Belajar. Diantaranya kelas V yang dijadikan sampel penelitian yang jumlahnya  28 siswa

Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Media Gambar; Rumah Adat; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amri, A., & Tharihk, A. J. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103–112. Retrieved from http://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1283/1095

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., … Wittrock, M. C. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, abridged edition. New York: Longman.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutauruk, D. S., Maulina, I., & Manik, Y. M. (2018). HASIL BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) DI SMA NEGERI 5 MEDAN. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.32502/DIKBIO.V2I1.1295

Iriyani, D. (2008). Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar. Didaktika, 2(2), 1–10.

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7–24. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Jarolimek, J. (1977). Social Studies in Elementary Education (5th ed.). New York: Mc. Millan Co. Inc.

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Julaila. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 51–62. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP BETWEEN SELF EFFICACY AND HEALTHY LIVING ‎CONCIOUSNESS TOWARD SCIENCE LEARNING OUTCOME‎. EDUSAINS, 9(2). https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Minarti, I. B., Susilowati, S. M. E., & Indriyanti, D. R. (2012). Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 7. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Purwanto, N. (2000). Psikologi pendidikan remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Di SDN 05 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63–70. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Sumantri, M. N. (2000). Menggagas Pembaharuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Dndexed by:

 

Creative Commons License
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) is Published by Pusat Publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Journal Publishing Office Location:

Pusat publikasi Ilmiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

LPPM Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Address: Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211, Bengkulu, Sumatra Indonesia