SWOT Analysis of Puzzle 3D Modeling-Based Learning on Neural System Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arinastiqmah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Tiga Dimensi Terhadap Pemahaman Konseptual Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Simbiosis Siswa Kelas V Mi Hidayatul Athfal. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Asruddin, Rahman, A., & Rambe, J. K. (2020). Media Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester Ganjil. INTECH, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1112
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan Ips. Joyful Learning Journal, 8(2), 113–118.
Fitria, N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE 3 DIMENSI SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK CITRA INSANI RAWAJITU TIMUR TULANG BAWANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Hafzah, N., Amalia, K. P., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958
Harasim, L. (2017). Learning Theory and Online Tecnologies (2nd Editio). New York: Routledge.
Hasanah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3 Dimensi Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok B RA Baitul Islah Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu.
Husna, N., Sari, S. A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 66–71.
Kadarusman, L., Rahmat, A., & Priyandoko, D. (2020). The relationship of students’ thinking level and the ability to develop proposition network representation of human nervous system in modeling based learning (MBL). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 361–370. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24214
Kadarusman, Lusia. (2020). PEMBELAJARAN SISTEM SARAF MANUSIA MENGGUNAKAN MODELING BASED LEARNING (MbL) UNTUK MENINGKATKAN LEVEL BERPIKIR DAN REPRESENTASI JEJARING PROPOSISI SISWA SMA. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.
Khoiro, S., Rakhmawan, A., Ahied, M., Wahyuni, E. A., & Hartiningsih, T. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR PUZZLE 3 DIMENSI ( MP3D ) PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP. Jurnal Natural Science Educational Research 7, 7(1), 20–29.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning Second Edition. New York: Cambridge University Press.
Mirna, Ma’awiyah, A., & Fauziana. (2022). Pengaruh Media Puzzle Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 6 Aceh Utara. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 76–84. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.694
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Permata, K. K., W.S, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499
Priasih, R., & Wiyani, N. A. (2022). Analisis Swot Terhadap Implementasi Pembelajaran Terpadu Pada Mi Muhammadiyah 1 Slinga Purbalingga. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan …, 12, 12–26. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/1598%0Ahttp://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/download/1598/746
Saputri, L. A., Muldayanti, N. D., & Setiadi, A. E. (2016). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADASUBMATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI IPA SMANEGERI 1SELIMBAU. Jurnal Biologi Education, 3(2), 53–62.
Sarina, & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Miniatur Rumah Adat pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku di Kelas IV SD IT Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(4), 272–288.
Septiana, R., Listiyono, & Ismail. (2020). Analisis Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri ( UKBM ) pada Pembelajaran Biologi Pendidikan Biologi , Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Bioeduca : Journal of Biology Education, 2(1), 57–66. Retrieved from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/article/view/5988/2703
Wijayanti, R. N., & Isnawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Interaktif Pada Materi Sistem Saraf Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2), 298–310. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v7i2.5371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education This is published by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with the permission below Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







