Pengaruh Strategi Interactive Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Amiruddin. Pembelajaran Akidah Akhlak Pembelajaran Akidah Akhlak 3. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2023.
Akdon, Ridwan. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistik. Jakarta: Alfabeta, 2009.
Akrim. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa). Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021.
Al-Ghazali. Ihya‟ Ulumuddin, Juz 3. (Qahirah: Isa Al-Bab Al-Halabi, tt), n.d.
Ananda, D.P., Afiati, E & Nurmala, M.D. “Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Fokus Konseling, 2022, 8(2), 42-43.
Arifin, Latif Yusuf, Hery Noer Aly, and Ahmad Suradi. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kualitas Spiritual Dan Intelektual Siswa Mts Muhammadiyah Ngestiboga Ii Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (Al Bathsu) Vol. 09, N, no. ISSN: P 2527-6875 | E 2684-9569 (2024). https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/viewFile/5600/4145.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendektan Praktek-Praktek. Jakarta: RinekaCipta, 1998.
Ayisah, Dayun Riadi, and Loresa Mayasari. “STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK INKLUSI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 CURUP SELATAN.” Al-Bahtsu Vol. 4, No (2019).
Budiarti, Lina. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Di Sekolah Dasar ( Study Pada Siswa Kelas III SDN Sawotratap I), Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi.” Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya, n.d.
Budikuncoroningsih, S. “Pengaruh Teman Sebaya Dan Persepsi Pola Asuhorang Tua Terhadap Agresivitas Siswa Di Sekolah Dasar Gugus Sugarda.” JSSH(Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 2017, 1(2), 85–92.
Daradjat, Zakiyah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Darsono. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Gajah Madah, 2010.
Diniaty, A. “Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa.” Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 2017, 3(1), 95-97.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Fauhah, Homroul. “Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa” 9 (2021): 321–34.
Gunawan, Ce. Mahir Menguasai SPSS ( Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25). Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.
Komarudin, Ilham, Andri Kurniawan, Ramlan Mahmud, M. Sahib Saleh, Fitria Khasanah, Rissa Megavitry, Dwi Putri Hartiningsari, Dina Merris Maya Sari, Ratnawati. Strategi Pembelajaran. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.
Kurniawan, Albert. Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah Dengan IBM SPSS. Surabaya: Cv. Jakad Publishing Surabaya, 2019.
Kusumastuti, Adhi, Ahmad mustamil Khoiron, and Taofan Ali Achmadi. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Lestari, T dan Dewi, S.A. “Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2021, 4(4), 760-761.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
———. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Mansyur, Miswar Tumpu, Antarissubhi, Anhar Dana Putra, A. Muhammad Syafar, Sri Gusty, Yoana, Merrisa Monoarfa, dan Masdiana. Teknologi Pendidikan (Era Industri 4.0). Makassar: CV. Tohar Media, 2022.
Martini, Martini. “Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Model PBL Pada Siswa Kelas VII Di MTS Negeri 6 Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2021/2022.” Journal on Education 4, no. 2 (2022): 825–36. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.495.
Munasiroh, L M. “Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XII Di MA Ma’arif Klego TA 2020/2021,” 2021, 2. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17473.
Nababan, Frans Daniel, Anggun Tiur Ida Sinaga, and Herlina Hotmadinar Sianipar. “Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Taman Dewasa (Smp) Taman Siswa Pematangsiantar T.A 2024/2025.” Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU) 1, no. 6 (2025): 19–26.
Nana, Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset, 2002.
Nasution, Dr. wahyudin nur. Penaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local. Vol. 1, 2018.
Nufus, Hayati, Program Studi, Pendidikan Agama, Pascasarjana Universitas, Islam Negeri, Kiai Haji, and Achmad Siddiq. “Pengaruh Penggunaan Metode Drill Dan Strategi Interaktif Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember,” 2023. http://digilib.uinkhas.ac.id/29060/%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/29060/1/Hayati Nufus NIM 213206030022.pdf.
Nurhayati, Abdul Hadis dan. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.
Nurlaili, Qolbi Khoiri, Sandra Hidayat, and Yenni Pusvita Dewi. “Analisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Persfektif Akidah Akhlak.” Journal of Education Research, 2024. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1829/979.
Nurlaili, Qolbi Khoiri, Albetrik Meizontara, and Hafidzah Nurhasanah. “STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG KREATIF DAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 09, no. ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 (2024).
Parapat, Asmidar. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (Panduan Bagi Orangtua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD). Jawa Barat, 2020.
Pratiwi, N.K. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang.” Jurnal Pujangga, 2015, 1(2), 91-92.
Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2008.
Purba, Friska Juliana, Hani Subakti, Donald Loffie Muntu, Janner Simarmata, Lastiar Roselyna Sitompul Akbar Avicenna, Joko Krismanto Harianja, and and Sandra Arhesa Dina Chamidah, Muhammad Hasan. Strategi-Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2022.
Putri, Santhy Rahmawati, Sri Wahyuni, and Pudjo Suharso. “Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017.” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11, no. 2 (2018): 108. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6455.
Riadi, Edi. Statistika Penelitian: Analisis Manual Dan IMB SPSS. Yogyakarta: Andi Offest, 2016.
Riduwan. Metode Observasi Dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Rubini, Rubini. “Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta.” Humanika 21, no. 1 (2021): 83–98. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.32303.
Rusydi Ananda, Fitri Hayati. Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: Pusdikra MJ, 2020.
Sanjaya. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2010.
Sari, W.N., Murtono & Ismaya, E.A. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo.” Jurnal Inovasi Penelitian, 2021, 1(11), 2255-2257.
Sartika, Rini. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MIN SEI MATI Medan.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/8016/1/TESIS RINI SARTIKA.pdf.
Setiani, F., Wiguna, A & Setiawan, W. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Anak.” Jurnal Pedagogie, 2017, 5(2), 113–14.
Setiawati, Dewi Teti, Siti Halimah, and Yusnaili Budiyanti. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai.” Research and Development Journal Of Education, 2023. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/21144/6354.
Simbolon, Naeklan. “Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2013): 14–19.
Sirait, Erlando Doni. “PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI” 6, no. 1 (2016): 35–43.
Siti Nurhasanah, Agus Jayadi, Rika Sa’diyah, Syafrimen. “Strategi Pembelajaran.” edited by Aisena Raini Shope. Jakarta Timur: Edu Pustaka, 2019.
Slameto. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten, 2011.
———. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method. Cet. III. Depok: PT RafaGrafindo Persada, 2019.
———. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mix Method. Depok: PT RafaGrafindo Persada, 2017.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
———. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.
Suhirman, and Agus Wefi. “Talking Stick Model : Sebuah Pengaruh Dalam Melihat Hasil Belajar Siswa.” At-Ta’lim Vol. 20, N, no. e-ISSN: 2621-1955 | p-ISSN: 1693-2161 (2021). https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/2846/2397.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Supeno, Eddy Setyanto, Kokok Dj Purwanto, dan Uup Gufron. “Penerapan Pembelajaran Interaktif Tenaga Pendidik Di SMP Daar El Nuur Pesantren Yayasan Al-Salam, Pandeglang, Propinsi Banten.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 8 (2022).
Supriyono. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar, 2018, 2(1), 44-46.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Cet. XXVII. Jakarta: rajawali pers, 2016.
Suvriadi Panggabean, Ana Widyastuti, Wika Karina Damayanti, Muhammad Nurtanto, Hani Subakti, Nur kholifah, Dina Chamidah, Lia Kristina Sianipar, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Friska Juliana Purba, dan H Cecep. Konsep & Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Suyono. Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015.
Suyono, and Hariyanto. Belajar Dan Pembelajaran. Cet.I. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
———. Psikologi Belajar. Jakarta: rajawali pers, 2009.
———. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2013.
Tiara, Shindy, Nurdin Hidayat, and Yulia Siska. “Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Penawar Jaya Tulang Bawang.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 4, no. 1 (2022): 55–64. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i1.780.
Trihenradi, Cornelius. Step by Step IMB SPSS 21 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi, 2013.
Tsamarul Hizbi, Badrul Wajdi, Fartina, Siti Mardiah. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa” 7, no. 2 (2023): 265–71. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/index.
Wati, A.K. dan Muhsin. “Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar.” Economic Education Analysis Journal, 2019, 8(2), 800-802.
Widana, I Wayan, and Putu Lia Muliani. Uji Persyaratan Analisis. Jawa Timur: Lumajang : Klik Media, 2020.
Yolviansyah, Fauziah, Suryanti, Endah Febri Setiya Rini, Sri Wahyuni, and Maria Marisa Matondang. “HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA N 3 MUARO JAMBI.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2021): 16–25. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/view/7883/pdf.
Yunahar, Ilyas. “Kuliah Akhlak.” Yogyakarta: LPPI, 2011.
Zaki Al Fuad, and Zuraini. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang.” Jurnal Tunas Bangsa 3, no. 2 (2016): 54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i2.8205
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v10i2.8205.g5566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mona Nopitasari, Suhirman Suhirman, Nurlaili Nurlaili

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.




