Kehadiran Dan Kemuliaan Bani Umayyah : Analisis Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Sejarah Peradaban Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ABROR, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174
Al-idarah, J., Hamami, A. R., Fitriyadi, M., Islam, P., Umayyah, D., & Al-idarah, J. (2024). SEJARAH KEMAJUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. 3(1), 11–16.
Amin, A. (2024). Perbandingan Sistem, Strategi dan Berbeda Manufaktur yang Dikembangkan PTKI dengan Multikultural. Al-bahtsu, 09(01), 146–155.
Budaya, A., Masa, P., Fransisca, M., Rusli, R., Sani, A., & Fauji, S. (2024). AKULTURASI BUDAYA PADA MASA UMAYYAH DAN ABBASIYYAH : ANALISIS KARYA DUDUNG ABDURRAHMAN. 8(2), 112–128.
Chodijah, S., Salsabila, N. M., & Firnandya, T. (2024). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Sejarah dan Dinamika Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Daulah Bani Umayyah : Transformasi , Inovasi , dan Warisan Pendidikan. 7(3), 327–337. https://doi.org/10.21154/dialogia.v20i1.3533.2
Devi, N. W. C., & Jatra, I. M. (2022). Komparasi Sejarah Pendidikan Agama Islam Era Bani Umayyah. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. https://doi.org/10.15642/jkpi.15642/jkpi.2024.14.2.207-217
Faizin, I., & Chasanah, C. L. (2024). Peran Mawali dalam perkembangan keilmuan islam pada era Bani Umayyah. 10(2), 225–232.
Firdausi, N. I. (2020). Pemikiran Filosofis Pendidikan Multikultural Azyumardi Dan Abuddin Nata. In Kaos GL Dergisi (Vol. 8, Nomor 75).
Gibran, Z. A., Mahfudzah, K., & Ashari, M. Y. (2024). Indonesian Journal of National Education. IJNE : Indonesian Journal of National Education, 1(1), 33–41.
Hakim, L., & Haris, A. (2024). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) MULTIKULTURAL. 7(1), 117–136.
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123.
Hilmin, Dwi Noviani, & Eka Yanuarti. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.53649/symfonia.v3i1.34
Huda, M. N. (2021). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Pada Masa Daulah Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 1(2), 135–148. https://doi.org/10.30998/je.v1i1.466
Islamy, A. (2022). Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 48–61. https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no1.87
Kajian, P., Ilmu, I., Kiiies, S., Nasrul, N., Saude, S., & Erniati, E. (2024). Hubungan Antara Keberagaman Sosialkultural dengan Perkembangan Pendidikan Islam. 0, 80–84.
Luthfi, W. H., Dewi, E., & Hulawa, D. E. (2023). Perkembangan Pendidikan pada Masa Bani Umayyah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 249–255.
Ma`arif, M. A. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 136–152. https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1413
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Maulidan, A. C., Rhamadan, F. S., Rahma, D., Indonesia, U. P., Sufyan, A., Saw, M., & Dia, M. (2024). Sejarah Peradaban Bani Umayyah dan Pengaruhnya Terhadap Penyebaran Islam di Nusantara Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan sejarah Dinasti Bani Umayyah , dimulai dengan masa Syam dituturkan dalam banyak hadits SWT , Syria memang memiliki peson. 11(September), 159–180.
Melia Frastuti. (2020). Reformasi Sistem Administrasi Pemerintahan, Penakhlukkan Di Darat Dan Dilautan Pada Era Bani Umayyah. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 6(2), 119–127. https://doi.org/10.37567/shar-e.v6i2.227
Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820
Multikulturalisme, M., Peradaban, D., Febi, I., Al-Hikami, J., & Ardiansyah, D. (2023). Moderasi Beragama Dalam Kerajaan Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1, 325–332.
Munjiat, S. M., Rifa’i, A., Jamali, J., & Fatimah, S. (2023). Progressivism of Multicultural Islamic Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 572–582. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.509
OK, A. H., Al-Farabi, M., & Firmansyah, F. (2023). Internalization of Multicultural Islamic Education Values In High School Students. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 221–228. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i3.265
Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 45–55. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.69
Pratiwi, E. P., & Sariyatun, S. (2022). Behaviorisme Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Multikultural Budaya Lokal Di Klaten: Yaqowiyu Dan Sadranan. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 144. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p144-150
Puspitasari, Y. M. (2020). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA UMAYYAH Yussi Mutia Puspitasari. 152–161.
Qalbina, F. A. (2024). Integritas Akademik dalam Era Digital : Tantangan dan Strategi Pencegahan Pelanggaran Etika Akademik dalam Menghasilkan Karya Ilmiah. Researchgate, March, 0–3. https://doi.org/10.36835/MODELING.V10I3.1668
Rahmawati, Z. D., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Berbasis Outcome Based Education (Obe). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 218–236. https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6895
Rofiqoh, I., & Zulhawati, Z. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis Dan Campuran. Pustaka Pelajar, 1, 10–27.
Saidin, & Jailani, M. S. (2023). Memahami Etika Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.51
Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037
Santi, N., Hafsah, H., & OK, A. H. (2022). Implementasi penanaman nilai-nilai multikultural berbasis karakter islami dalam pembelajaran PAI di SMP IT Ad-Durrah Medan Marelan. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 518. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8348
Suadiyatno, T., Sumarsono, D., Muliani, M., Arrafii, M. A., & Bagis, A. K. (2020). Pelatihan Strategi Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional dan Internasional bagi Guru di SMKN 1 Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 139. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.2936
Sugiarti, I. (2022). Pendidikan Nilai Moderasi Beragama Dan Implikasinya Terhadap Etika Sosial. Tesis, 9, 356–363.
Ummah, M. S. (2020). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Perspektif Filsafat Perennial. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Widayati, R. W., & Junandi, S. (2020). Membuat abstrak peluang Pustakawan dalam meningkatkan profesionalitas untuk memenuhi kebutuhan informasi Pemustaka. Media Informasi, 29(1), 116–127. https://doi.org/10.22146/mi.v29i1.4013
Yudistira, E., Begouvic, M. E. H., & Tamrin, H. (2023). Sistem Pemerintahan Dalam Masa Bani Umayyah. Sol Justicia, 5(2), 176–181. https://doi.org/10.54816/sj.v5i2.573
Yusnadi, Y., & Fakhrurrazi, F. (2020). Pendidikan Islam Pada Masa Daulah Bani Umayyah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 163. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.383
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i1.5752
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v8i1.5752.g4367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Renal Sipangidoan Siregar, Sefti Triani, Ririn Rizki Apdasuli, Alimni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.




