Kompetensi Guru dalam Penggunaan E-Learning pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 1 Bengkulu Utara

Fuad Ridho, Riswanto Riswanto, Mindani Mindani

Abstract


The aim of carrying out this research is to determine the competency of 1st year class of Al-Qur'an Hadith teachers at MAN 1 North Bengkulu. To find out how to utilize and use e-learning by teachers in Al-Qur'an Hadith lessons in class the researcher in the thesis is qualitative. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. And the author's data analysis technique uses qualitative descriptive analysis. The results of the research show that the MAN 1 North Bengkulu school has used e-learning in teaching Al-Qur'an Hadith in 1st year class. The results of the research show that the use of e-learning at MAN 1 North Bengkulu has been running. Teachers have sufficient competence in using e-learning and the output is that students are increasingly enthusiastic in learning activities.

Keywords


Teacher Competence; Use of E-Learning; Learning Al-Qur'an Hadih;

Full Text:

PDF

References


Ali Mustadi Astuti dan Yanuarita Widi. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V”. Jurnal Prima Edukasia. 2.2

Alma Buchori. 2010. “Pembelajaran Study Sosial”. Bandung: Alfabeta

Aziz Hamka Abdul. 2012. “Karakter Guru Profesional”. Jakarta: Al-Mawardi Prima

Bahri Saepul dan Elfa Yuliana. “Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan E-Learning Pada Masa Pandemi Di SDN Kembang Kerang Aikmel.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2.2

Daryanto. 2012. “Belajar Dan Mengajar”. Bandung: Yama Widya

Evanita E. L. 2023. “Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas Dalam Mendukung Impementasi Kurikulum”. (Universitas Negeri Semarang: Jurusan Biologi)

Elga Zenia. 2023. “Pengaruh Penggunaan E-Learning Dalam Pembiasaan Literasi Digital Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN” .(Universitas Lampung : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Empy dalam Sulistiawati dkk. “Inovasi Pembelajaran E-Learning Dalam Menghadapi New Normal Di SMK Negeri 1 Lawang Wetan.” Jurnal PKM Ilmu Kependidikan. 4.1

Gramedia, Al Qur’an QS Al Mujadilah/58:11

Haris Devika Diyanti dkk.” Penerapan Media Berbasis Website Canva Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Di UPT SDN 03 Binamu.” INTEC Journal: Information Technology Education Journal. 3.1

Harahap Adek Nilasari. “Analisis Pembelajaran E-Learning Dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6.1

Hendarsono dalam Syanto. 2005. “Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan.” Jakarta: Prenada Media

Khairiah Fisna dkk. “Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Untuk Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5.1

Kunandar. 2007. “Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. “Jakarta: Grafindo Persada,

Lexi J. Moleong. 2005. “Metode Penelitian Kualitatif.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurcahyono Novi Andri. “Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka.” Journal of Contemporery Issue In Elementary Education (JCIEE). 1.1

Nurihsan dan Sudianto. 2005. “Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Bandung”. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2007. “Strategi Belajar Mengajar – Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami”. cet. ke-2. Bandung: Refika Aditama

Riswanto. 2023. “Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap E-Learning Dengan Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lampung” (Universitas Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Riyad Ahmad Rifky dkk. “Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyakat. 4.3

Rohimah dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Melalui E-Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2.2

Rohmah dalam Mustakim Sagita dan Khairunnisa. “Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0.” Jurnal Sosial Humaniora. 2.2

Saragih A. Hasan. Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 5.1

Sukardi dkk. “Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo Untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Tentang Media Pembelajaran Online.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.1

Sugiyono.2012. “Metode Penelitian Pendidikan.” Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2005. “Manajemen Penelitian.” Jakarta: Rineka Cipta

Wahono Romi Saatria. 2008. “Meluruskan Salah kaprah Tentang E-Learning.” 23 Januari 2008, https://romisatriawahono.net/2008/01/23/meluruskan-salah-kaprah-tentang-e-learning/

Wina Sanjaya. 2013. “Penelitian Pendidikan.” Jakarta:Kencana

Zakiyah Daradja. 1995. “Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah”. Cet Ke-2 Jakarta: Ruhama




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i1.5726

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i1.5726.g4370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fuad Ridho, Riswanto Riswanto, Mindani Mindani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed By :

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Disclaimer: Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam articles published by Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu have been previewed and authenticated by the Authors before publication. The Journal, Editor and the editorial board are not entitled or liable to either justify or responsible for inaccurate and misleading data if any. It is the sole responsibility of the Author concerned. Read our Plagiarism Policy and use of this site signifies your agreement to the Terms of Use.